Ini 4 Vitamin Dan Sederet Nutrisi Yang Penting Untuk Kesehatan Kuku

ini daftar vitamin yang baik untuk kesehatan kuku
Foto: www.freepik.com

Vitamin kuku — apa saja yang termasuk di dalamnya?

Untuk mendapatkan kuku yang sehat sekaligus cantik untuk dipandang, maka ada berbagai vitamin kuku yang perlu tercukupi asupannya.

Tidak main-main, kekurangan nutrisi dalam kuku ternyata dapat membuatnya menjadi mudah patah, rapuh, atau berjamur. Berikut empat vitamin kuku dan sederet nutrisi lainnya yang harus kamu penuhi kadarnya dalam tubuh.

Biotin

ini daftar vitamin yang baik untuk kesehatan kuku
Foto: www.canva.com

Biotin atau yang terkenal dengan sebutan vitamin B7 ternyata memiliki peranan penting untuk mendorong pertumbuhan sel yang sehat.

Selain itu juga untuk membantu metabolisme asam amino pembentuk protein yang penting untuk pertumbuhan kuku.

Menurut sebuah penelitian, makanan dan suplemen yang kaya akan biotin dapat membantu memperkuat kuku yang rapuh.

Dalam studi yang dilakukan pada 35 orang dengan kuku rapuh, sebesar 63% peserta mengalami penurunan gejala setelah mengonsumsi 2,5 mg biotin per hari selama enam minggu hingga tujuh bulan.

Untuk memenuhi asupan vitamin kuku yang satu ini, kamu bisa mengonsumsi beberapa sumber makanan, seperti hati, kuning telur, produk susu, ragi, salmon, alpukat, ubi jalar, kacang-kacangan, biji-bijian, serta kembang kol.

Vitamin B lainnya

Vitamin B lainnya
Foto: www.canva.com

Selain biotin, ada juga vitamin B lainnya yang memiliki peran penting untuk kesehatan kuku, yakni vitamin B12 dan B9.

Vitamin B12 ternyata berperan dalam penyerapan zat besi serta perkembangan sel darah merah. Baik zat besi dan B12, kedua nutrisi ini diperlukan untuk menjaga kuku agar tetap kuat dan sehat.

Begitu juga dengan vitamin B9 atau folat. Nutrisi yang satu ini penting untuk pertumbuhan dan kesehatan kuku, dengan berkontribusi pada pembentukan sel darah merah serta perkembangan sel-sel baru.

Ketika tubuh kekurangan vitamin B12 dan vitamin B9, hal ini dapat membuat kuku menjadi rapuh, serta timbulnya bercak-bercak biru kehitaman atau kecokelatan.

Untuk mencegah defisiensi, maka orang dewasa membutuhkan 2,4 mcg vitamin B12 dan 400 mcg folat per harinya. Kadar ini akan meningkat pada wanita hamil.

Beruntungnya, folat dapat ditemukan dalam sayuran hijau tua, buah jeruk, kacang-kacangan, kacang polong, lentil, biji-bijian, dan alpukat.

Sedangkan vitamin B12 biasanya akan kamu dapatkan dari makanan hewani, seperti daging, unggas, ikan, telur, dan susu.

Zat Besi

Zat Besi
Foto: www.canva.com

Pada dasarnya, zat besi memiliki peran untuk menyusun pusat sel darah merah yang membawa oksigen ke organ-organ dan setiap sel dalam tubuh, termasuk kuku. Tanpa zat besi, nantinya oksigen tidak akan tersalurkan dengan baik.

Penting untuk diingat, oksigen sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kuku. Sebab jika mengalami kekurangan zat besi atau anemia, hal ini dapat menyebabkan munculnya tonjolan vertikal di kuku atau kuku akan berubah bentuk menjadi cekung.

Asupan rekomendasi zat besi yang dianjurkan untuk pria adalah delapan mg per hari, sedangkan untuk wanita sebanyak 18 mg per hari.

Kabar baiknya, tubuh dapat secara maksimal menyerap zat besi yang ditemukan dalam makanan hewani, sperti daging sapi, ayam, ikan, dan telur.

Akan tetapi makanan yang kaya akan vitamin C jika dikonsumsi bersamaan dengan makanan nabati juga dapat terserap dengan sempurna.

Magnesium

ini daftar vitamin yang baik untuk kesehatan kuku
Foto: www.canva.com

Magnesium merupakan mineral yang terlibat dalam berbagai fungsi tubuh, termasuk sintesis protein yang diperlukan untuk pertumbuhan kuku. Ketika tubuh kekurangan magnesium, mungin akan muncul tonjolan vertikal di kuku.

Oleh karena itu, ada baiknya tubuh mencukupi asupan magnesium sebanyak 400-420 mg per hari untuk pria dan 310-320 mg per hari untuk wanita.

Ini bisa dipenuhi dengan mengonsumsi gandum utuh, sayuran hijau tua, almond, kacang tanah, dan kacang hitam.

Protein

Protein
Foto: www.canva.com

Sesungguhnya, kuku terbuat dari protein stuktural berserat yang dikenal dengan istilah keratin. Hal inilah yang membuat kuku menjadi kuat dan melindunginya terhadap kerusakan.

Mengonsumsi cukup protein menjadi sangat penting untuk meningkatkan produksi keratin, sehingga membuat kuku menjadi kuat dan sehat. Sebab jika tubuh kekurangan protein, maka kuku pun akan menjadi lebih lemah.

Ada baiknya untuk mengonsumsi protein sebanyak 0,36 gram per pon, atau 0,8 gram per kilogram berat badan per hari. Ini sama dengan sekitar 55 gram protein per hari untuk orang dengan berat badan 68 kilogram.

Terdapat banyak protein yang bisa kamu peroleh dari makanan hewani, mulai dari daging, unggas, ikan, telur, dan susu. Serta makanan nabati seperti kedelai, kacang polong, kacang lentil, dan biji-bijian lainnya.

Asam Lemak Omega-3

Asam Lemak Omega 3
Foto: www.freepik.com

Selain vitamin kuku dan mineral, ternyata asam lemak omega-3 juga membantu membuat kuku menjadi lebih lembap dan berkilau.

Asam lemak yang satu ini dapat mengurangi peradangan di dasar kuku, yang memelihara sekaligus meningkatkan kesehatan sel-sel kuku.

Kekurangan asam lemak omega-3 ini dapat menyebabkan kuku menjadi kering dan rapuh. Karenanya, konsumsilah nutrisi ini sebanyak 1,6 gram dan 1.1 gram per hari untuk pria dan wanita.

Ada banyak sumber asam lemak omega-3 yang bisa kamu konsumsi, seperti salmon, trout, mackerel, tuna, dan sarden.

Vitamin C

ini daftar vitamin yang baik untuk kesehatan kuku
Foto: www.canva.com

Seperti yang telah kita ketahui, vitamin C memiliki peran penting untuk produksi kolagen. Protein ini akan memberi bentuk, kekuatan, dan integritas ke banyak jaringan, serta bahan untuk pembangun kuku, rambut, dan gigi.

Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan kuku menjadi rapuh serta memperlambat pertumbuhan kuku.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, maka ada baiknya untuk mengonsumsi vitamin C sebanyak 90 mg per hari  pada pria dan sebanyak 75 mg per hari pada wanita.

Karena tidak bisa diproduksi oleh tubuh, maka kamu bisa mengonsumsi berbagai sumber vitamin C. Mulai dari buah jeruk, stroberi, kiwi, paprika, sayuran hijau, serta tomat.

Zinc

Zinc
Foto: www.canva.com

Zinc juga berperan dalam pertumbuhan dan pembelahan sel. Hal ini terkait dengan kuku yang terdiri dari jenis sel yang tumbuh dan membelah dengan cepat.

Karena produksi yang cepat, maka pasokan zinc yang stabil dapat mendorong pertumbuhan kuku yang sehat.

Saat tubuh kekurangan asupan seng, hal ini dapat menyebabkan degenerasi lempeng kuku dan menyebabkan munculnya bintik-bintik putih pada kuku.

Rekomendasi asupan seng yang harus terpenuhi oleh tubuh adalah sebesar 11 mg dan delapan mg per hari untuk pria dan wanita.

Protein hewani seperti daging sapi, unggas, ikan, dan telur, menjadi sumber makanan yang kaya akan zinc. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkannya dari kedelai, buncis, kacang hitam, dan biji-bijian lainnya.

Kesimpulan

ini daftar vitamin yang baik untuk kesehatan kuku
Foto: www.freepik.com

Untuk mendapatkan kuku yang sehat dan kuat, kamu perlu mencukupi asupan vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya yang berkontribusi pada pertumbuhan serta pemeliharaan kuku.

Beruntungnya, ada banyak sumber makanan yang bisa kamu konsumsi dengan mudah, mulai dari buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, protein, serta asam lemak omega-3.