7 Ide Staycation Mewah dan Seru di Rumah untuk Mengurangi Rasa Bosan

Foto: www.rawpixel.com

Secara definisi, social distancing, physical distancing dan PSBB berarti tidak ada liburan dan nongkrong bareng teman. Membosankan, ya? Bagaimana caranya membuat kesenangan ke dalam rumah? Perkenalkan, resep lama: staycation. Ada banyak alasan kenapa kita suka staycation, salah satunya kamu bisa berlibur tanpa harus meninggalkan rumah. Dan tetap bisa dilakukan saat berpuasa. Berikut, LIMONE kumpulkan beberapa ide staycation di rumah—tanpa membutuhkan usaha keras dan drama.

Sulap Kamar Tidur Menjadi Kamar Hotel

ide staycation
Foto: www.istockphoto.com

Sebenarnya, tidak banyak perbedaan antara kamarmu dan sebuah kamar hotel. Hanya dengan melakukan beberapa perubahan, sebuah kamar biasa bisa bertranformasi menjadi ruangan suite. Pertama-tama mulai dengan membersihkan kamar dan mengganti seprai dan sarung bantal agar ruangan terlihat lebih segar. Lalu, tambahkan lilin aromaterapi, bunga segar, camilan cantik di samping tempat tidur, agar staycay mood semakin meningkat.

Jadwalkan Spa Day

ide staycation
Foto: www.gettyimages.com

A.K.A. staycation spa. Seperti di atas, mulai dengan membersihkan dan membereskan kamar mandi. Lalu, siapkan handuk, bubble bath, sheet mask, lilin aromaterapi, dan body oil. Jangan lupa siapkan essential oils: lavender ampuh membuat rileks di malam hari dan kayu putih membuat kamar mandi sewangi spa. Ingin pengalaman spa day di rumah seperti di hotel berbintang lima? Minta anggota keluarga atau teman rumah untuk memijat. Ah, rileksnya!

Gelar Film Festival Pribadi

ide staycation
Foto: www.gettyimages.com

Berhubung bioskop tutup, Cannes Film Festival ditunda dan undangan yang kamu dapat tidak berlaku, coba adakan film festival pribadi dari kenyamanan sofamu. Pilih film yang selama ini hanya berada di daftar “wish list” dan tidak disempat ditonton atau film seri seperti Lord of the RingsHarry Potter, atau Star Wars. Oh, oh, pastikan ada popcorn. Dan hal terindah dan terbaik: kamu tidak perlu mengganti daster atau piama.

Nikmati Menu Mahal

ide staycation
Foto: www.istockphoto.com

Entah masak sendiri atau memesan makanan dari luar, salah satu ide staycation di rumah adalah memanjakan diri dengan menu istimewa dan membuat air liurmu berjatuhan bahkan ketika hanya memikirkannya. Jika kamu memutuskan untuk memesan makan dari luar, ini adalah kesempatan untuk mendukung resto-resto lokal yang sedang berjuang untuk tetap eksis di masa pandemik ini.

Belanja Bahan Makanan Mewah

Foto: www.gettyimages.com

Berhubung mustahil untuk makan di luar, maka ide staycation yang kamu bisa lakukan adalah belanja bahan-bahan (sedikit) mewah. Misalnya, steak, salmon—pastinya lengkap dengan minyak zaitun dan bumbu-bumbu masak yang melengkapi menu mahal favoritmu. Lalu, masak di rumah sesuai dengan resep bocoran yang diberikan oleh chef favoritmu.

Lakukan Me Time

ide staycation
Foto: www.unsplash.com

Di periode menakutkan dan mengkhawatirkan seperti sekarang ini, kita wajib menjaga kesehatan mental. Jadi, jika yang kamu perlukan adalah me time dari waktu ke waktu, silakan membaca buku kesayangan, film yang selalu membuatmu tertawa sampai sakit perut (rekomendasi: coba tonton Absurd Planet di Netflix). 

Jadwalkan Yoga Retreat

Foto: www.unsplash.com

Ada banyak banget pilihan kelas yoga di internet (berkat social distancing sudah sebulan lebih, kamu sudah pasti tahu). Jadi, mengapa tidak menjadikan ruang tamu sebagai lokasi yoga retreat? Siapkan matras yoga, kelas online pilihanmu, dan segelas air lemon lengkap dengan irisan timun segar. Jika kamu belum pernah melakukan yoga sebelumnya, coba pose-pose sederhana yang tetap akan membuamu nyaman dan aman.

Selanjutnya: Rekomendasi binge watch di Netflix yang wajib kamu tonton saat staycation.