6 Ide Produk Untuk Jualan Online Yang Banyak Dicari Pelanggan

jualan online
Foto: www.rawpixel.com

Setelah menjamurnya marketplace, beberapa orang pun memutuskan untuk jualan online. Banyak pedagang yang sebelumnya mengandalkan toko fisik, kemudian beralih dengan menggunakan berbagai platform untuk memasarkan produknya.

Meski terlihat mudah, tetapi terdapat beberapa hal yang perlu kamu persiapkan.

Keuntungan Jualan Online

Foto: www.freepik.com

Ini beberapa keuntungan berjualan secara daring dibandingkan dengan membuka toko secara fisik.

Biaya lebih murah

Siapa pun yang mengelola toko fisik mengetahui biaya yang telah dihabiskan untuk menyewa atau membeli toko. Namun ketika kamu mendirikan toko di internet, maka tidak perlu khawatir untuk membayar biaya sewa atau tagihan listrik.

Kamu juga tidak perlu mempekerjakan pegawai yang banyak. Oleh karena itu membuka toko online dapat menghemat biaya.

Mungkin kamu perlu mengeluarkan uang untuk membuat situs atau membayar biaya admin yang dikenakan oleh e-commerce. Tetapi biasanya akan jauh lebih murah dibandingkan dengan biaya toko fisik.

Bebas menentukan lokasi

Ketika kamu menjual produk secara daring, maka tidak perlu terjebak di lokasi tertentu. Bahkan dengan menggunakan marketplace atau e-commerce, kamu bisa menjual produk hingga ke ujung dunia.

Dengan akses ke internet, maka produkmu bisa mudah mendapatkan pelanggan yang berasal dari berbagai daerah.

Mendapatkan lebih banyak pelanggan

Tidak akan ada hambatan untuk berbelanja secara online. Oleh karena itu, hal tersebut dapat menjangkau lebih banyak pelanggan dari berbagai belahan dunia.

Meski mungkin saja akan mengeluarkan biaya lebih untuk mengirimkan produk tersebut.

Memudahkanmu dalam berjualan

Berkat internet, kita bisa dengan mudah melacak penjualan produk. Selain itu, bisa juga menentukan platform mana yang berjalan dengan baik untuk penjualan.

Kamu juga bisa menambah dan menghapus produk yang bisa dilihat oleh pelanggan.

Tidak ada jam buka toko

Selama internet aktif 24/7, maka kamu bisa membuka bisnis secara terus menerus. Bahkan meski kamu sedang tertidur, pelanggan tetap bisa memesan produk yang tertera pada toko.

Hal tersebut bisa memperluas penjualanmu dan meningkatkan keuntungan.

Margin yang lebih baik

Tanpa semua biaya tambahan yang terkait dengan toko fisik, jualan online dapat menghasilkan keuntungan yang lebih besar. Ketika kamu melakukan penjualan secara daring, margin akan terus meningkat karena biasa operasional bisnis lebih rendah.

Lacak penjualan dan pengiriman

Berkat kemudahan penjualan daring, ini bisa membantumu untuk menganalisis hasil penjualan, menentukan harga produk, dan meningkatkan hubungan dengan pelanggan.

Selain itu, jualan online juga bisa dengan mudah membantumu untuk melacak pengiriman barang yang tiba ke pelanggan.

Tips Jualan Online

Foto: www.freepik.com

Sebelum menjual produk secara online, kamu perlu menyusun rencana penjualan. Jika kamu telah menentukan jenis produk yang akan dijual, berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk menjual barang secara daring.

Tentukan nama bisnis

Memilih nama bisnis hampir sama pentingnya dengan memilih produk yang akan dijual. Karena pastinya kebanyakan orang ingin calon pelanggan bisa menemukan produknya dengan mudah.

Oleh karena itu, pikirkan baik-baik nama dari bisnis yang akan kamu tekuni ini.

Pilih lokasi

Tak hanya pada toko fisik, jualan online juga perlu menentukan lokasi penjualan. Kamu bisa menggunakan marketplace atau e-commerce.

Bahkan kamu juga bisa menjualnya melalui media sosial. Wadah ini dapat membantumu untuk memasarkan produk dengan mudah.

Pilih pembayaran yang akan diterima

Sesungguhnya, menerima pembayaran di toko online bisa dilakukan dengan mudah atau bahkan dapat berjalan dengan rumit. Kamu bisa menentukannya sesuai dengan kebutuhan.

 Tentukan pengiriman

Jangan lupa untuk menentukan opsi pengiriman. Jika kamu menjualnya melalui marketplace atau e-commerce, biasanya mereka telah bekerja sama dengan beberapa ekspedisi. Sehingga kamu hanya tinggal memilih ekspedisi mana yang akan diaktifkan.

Selain itu, kamu juga bisa mendaftarkan toko untuk mengikuti program pengiriman gratis. Ini bisa memudahkanmu untuk menarik minat pelanggan.

Sebar luaskan bisnis online

Jangan lupa untuk menyebarkan informasi terkait jualan online yang tengah kamu rintis. Cobalah untuk memberikan informasi tersebut kepada teman secara langsung atau membagikannya melalui media sosial.

Ide Produk Untuk Jualan Secara Online

jualan online
Foto: www.freepik.com

Berikut beberapa ide yang bisa kamu tiru untuk jualan online.

Pakaian

Ketika kamu memutuskan untuk menjual pakaian secara daring, maka ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Sebab pakaian merupakan bahan yang tahan lama, sehingga akan aman dan meminimalisir risiko rusak karena pengiriman.

Beberapa produk yang bisa kamu jual di antaranya adalah kemeja, celana panjang, jilbab, blazer, baju tidur, hingga pakaian dalam.

Alat kesehatan

Selama pandemi COVID-19, kita diwajibkan untuk menjaga kesehatan dan memastikan telah mengikuti protokol kesehatan. Karena hal tersebut, penjualan alat-alat kesehatan pun hingga saat ini banyak dicari oleh pelanggan.

Oleh karena itu, kamu bisa menjual masker sekali pakai atau hand sanitiser.

Makanan dan minuman

Punya hobi memasak atau membuat kue? Tidak ada salahnya untuk mencoba menjual beberapa produk makanan atau minuman.

Kamu bisa menentukan opsi pengiriman yang sesuai, supaya nantinya produk tersebut bisa aman sampai ke tangan pelanggan. Selain camilan, kamu juga bisa memasarkan makanan instan seperti frozen food serta sembako.

Alat tulis

Karena saat ini beberapa sekolah telah menetapkan untuk pertemuan tatap muka, maka kebutuhan alat tulis dan perlengkapan sekolah pun mulai meningkat. Ini bisa menjadi salah satu ide jualan online yang kamu tiru.

Berjualan alat tulis seperti pena, pensil, buku, lem, dan lainnya ini menjadi opsi terbaik mengingat bahwa barang-barang tersebut dapat bertahan lama.

Peralatan dapur

Tak jarang, pelanggan banyak yang mencari peralatan dapur di marketplace dan e-commerce. Oleh karena itu, kamu bisa mulai menjual beberapa peralatan yang banyak dicari seperti blender, penggorengan, bahkan pisau.

Hiasan dinding

Jika kamu memiliki hobi untuk menghias dinding, maka cobalah untuk menjual beberapa barang yang dapat menambah dekorasi rumah. Seperti bingkai, lukisan, atau jam dinding yang unik.

Selain itu, bisa juga dengan menjual rak gantung atau hiasan dinding lainnya.

Kesimpulan

jualan online
Foto: www.freepik.com

Jualan online merupakan salah satu cara terbaik jika kamu tidak ingin repot untuk membuka toko secara fisik. Karena, ini akan menjadi kegiatan yang mudah dan menghemat pengeluaranmu.

Selain itu, teknik berjualan ini juga dapat  memudahkanmu untuk mendapatkan banyak pelanggan.