10 Highlights Rambut Terbaik untuk Pemilik Rambut Hitam

highlights rambut
Foto: www.unsplash.com

Highlights merupakan teknik pewarnaan rambut tanpa mewarnai seluruh bagian rambut, sehingga dapat membuat ilusi rambut menjadi lebih berkilau, berdimensi, dan lebih tebal. Teknik ini dapat menjadi pilihan bagi kamu yang ingin pertama kali mewarna rambut. Selain itu, highlights rambut juga tidak memerlukan perawatan yang rumit.

Jika kamu tertarik untuk menambahkan highlights pada rambut alamimu, maka kamu berada di laman yang tepat. Baca sampai habis untuk mengetahui cara melakukan highlights rambut di rumah. 

Bagaimana Memilih Warna Highlights pada Rambut?

highlights rambut
Foto: www.unsplash.com

Untuk mendapatkan highlight yang sempurna, kamu dapat memilih warna dengan dua tingkat lebih terang dari warna asli rambutmu. Selain itu, kamu juga bisa memilih dua warna highlight yang berbeda. Kamu bisa mencoba beberapa variasi dari rambut pirang seperti sun-kissed blonde atau ash blonde.

Jika kamu memiliki undertone hangat, kamu bisa memilih highlights dengan warna yang hangat, sedangkan untuk pemilik undertone dingin maka kamu dapat memilih warna pirang dengan rona abu-abu. Jika kamu tidak ingin tampil mencolok, kamu dapat memilih warna-warna yang aman seperti cokelat. Jangan lupa untuk mempertimbangkan warna kulit yang kamu miliki. Untuk hasil terbaik, hindari memilih highlight yang tidak terlalu dekat dengan warna kulit, karena hal ini akan membuat tampilan kepalamu menjadi kontras. 

Bagaimana Cara Melakukan Highlights Rambut?

highlights rambut
Foto: www.unsplash.com

Jika selama pandemi ini, kamu masih takut untuk pergi ke salon dan memutuskan untuk melakukan pewarnaan rambutmu sendiri di rumah, maka kamu perlu melakukan beberapa hal, yakni:

1. Siapkan peralatan dan pilih warna

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah memilih warna yang akan digunakan dalam teknik highlight. Kamu dapat memilih pewarna rambut yang diberi label keterangan, seperti ‘highlight blonde’, karena hal ini akan memudahkanmu mengetahui hasil akhir dari warna rambutmu.

Peralatan selanjutnya adalah kertas foil untuk membantu mencerahkan warna rambutmu dengan cepat. Selain itu, kamu dapat menggunakan kuas yang dikhususkan untuk pewarnaan rambut, karena bulu sikat pada kuas akan membantumu untuk mewarnai rambut dengan rata. 

2. Pastikan rambutmu tetap kering

Ketika akan melakukan pewarnaan rambut, maka kamu perlu memastikan bahwa rambutmu berada dalam kondisi ideal, yakni rambut yang kering dan tidak dicuci selama kurang lebih satu hari. Selain itu, jangan lupa untuk menyiapkan sarung tangan dan handuk yang dapat menutupi bahumu sehingga pewarna rambut tidak menyisakan noda di pakaianmu.

3. Warnai dengan tepat

Untuk memudahkanmu dalam menerapkan teknik highlights, maka kamu dapat memisahkan beberapa bagian rambut sehingga kamu dapat mengetahui dengan jelas bagian mana yang akan diberikan highlight. Kamu dapat mulai mewarnai rambut dengan memberi jarak dari akar rambutmu. 

Pada rambut kering, kamu dapat memegang rambut secara lurus dan mengoleskan pewarna rambut secara merata. Kemudian untuk bagian tengah dan bawah rambut, kamu dapat melakukan pewarnaan secara bertahap dan lebih tipis. Setelah itu gunakan aluminium foil pada rambut yang telah diwarnai, hal ini untuk membantu mengeluarkan warna rambut dengan cepat. 

4. Jaga kelembapan rambut

Setelah mendapatkan warna yang sesuai dengan keinginanmu, maka kamu dapat membilas setiap bagian rambut hingga bersih. Jangan lupa untuk menggunakan sampo yang dirancang khusus untuk rambut berwarna, serta gunakan kondisioner untuk menjaga kelembapan rambutmu. Karena ketika kamu melakukan pewarnaan pada rambut maka kutikula rambut akan terbuka dan dapat menghilangkan kelembapan rambut. 

Teknik Highlights pada Rambut

Foto: www.freepik.com

Terdapat beberapa teknik highlights rambut yang dapat kamu coba di rumah, yakni:

1. Foiling

Foiling merupakan teknik pengaplikasian warna pada batang rambut dengan menggunakan kertas aluminium foil. Kamu perlu membagi beberapa bagian rambut dan mengaplikasikan pewarna rambut dan menutupnya dengan kertas foil untuk menjaga kelembapan dari rambut. Ini juga sekaligus mempermudah untuk melihat sejauh mana cat pewarna telah meresap pada rambut.

2. Balayage

Balayage merupakan teknik menggunakan kuas dengan menyapu. Teknik sapuan ini akan sedikit berbeda dengan teknik ombre. Untuk melakukan teknik ini biasanya kamu perlu membagi rambutmu menjadi beberapa bagian besar dan mengaplikasikan pewarna dengan sapuan yang lebih natural, tidak tebal seperti saat melakukan ombre.

3. Foilyage 

Foilyage merupakan teknik gabungan antara foiling dan balayage. Biasanya teknik ini digunakan untuk rambut yang gelap dan ingin mendapatkan hasil yang natural. Sehingga kertas foil akan menjaga kelembapan rambut dan membuat highlight pada rambutmu akan terlihat natural.

Inspirasi Highlights pada Rambut Hitam

Berikut 10 inspirasi highlights untuk rambut hitam:

1. Rambut Hitam dengan Highlights Pirang

highlights rambut
Foto: www.pinterest.com

Kulit wajahmu akan terlihat lebih cerah dengan menambahkan highlight pirang pada rambut hitammu. Warna blonde atau pirang memang merupakan warna yang sempurna untuk kamu yang ingin bereksperimen dengan warna terang tanpa mewarnai seluruh bagian rambut.

2. Rambut Hitam dengan Highlights Caramel

highlights rambut
Foto: www.pinterest.com

Highlights caramel dapat membuat rambutmu lebih berdimensi dan terlihat berkilau. Rambut hitam jika dipadukan dengan warna caramel akan membuat kontras yang cantik. Kamu dapat memberikan highlights dimulai dari bagian tengah rambut untuk menciptakan kesan ombre yang natural.

3. Rambut Hitam dengan Highlights Honey Blonde

Foto: www.pinterest.com

Highlight honey blonde dapat membuat kulit wajahmu terlihat lebih cerah dan akan lebih sempurna jika rambutmu ditata dengan sedikit bergelombang. Transisi yang mulus dari warna gelap ke warna terang ini akan membuat penampilanmu lebih ceria. 

4. Rambut Hitam dengan Highlights Burgundy

Foto: www.pinterest.com

Pemilik kulit berwarna gelap dapat memilih warna burgundy sebagai highlight yang dipadukan dengan warna alami rambutmu. Highlight dengan warna anggur ini dapat memberikan kehangatan dan membuat penampilan rambutmu terkesan lembut.

5. Rambut Hitam dengan Highlights Cokelat

highlights rambut
Foto: www.pinterest.com

Highlight dengan warna cokelat akan membuat rambutmu terlihat berdimensi. Jika highlight cokelat ini dipadukan dengan rambut hitammu, maka bayangan yang dihasilkan akan terlihat natural seperti terkena sinar matahari.

6. Rambut Hitam dengan Highlights Merah

highlights rambut
Foto: www.pinterest.com

Meski akan menjadi pusat perhatian, namun memiliih highlight dengan warna merah akan membuat penampilanmu terlihat edgy dan seksi. Kamu dapat mewarnai kembali warna merah setelah beberapa minggu, supaya highlight merah ini tetap menyala pada rambutmu.

7. Rambut Hitam dengan Highlight Ash Grey

highlights rambut
Foto: www.pinterest.com

Ash grey ini merupakan warna terbaik untuk dijadikan highlight pada rambut hitam, karena warna ini akan membuat rambutmu terkesan hidup. Selain itu, rona abu-abu dalam warna ini akan memberikan kesan chic sekaligus edgy.

8. Rambut Hitam dengan Highlights Ungu

highlights rambut
Foto: www.pinterest.com

Corak ungu dapat menciptakan dimensi dan membuat rambutmu terlihat lebih bervolume, untuk itu sangat cocok bagi pemilik rambut tipis. Warna ungu dapat menjadi pilihanmu dalam memilih highlight rambut ketika ingin terkesan anggun sekaligus elegan. 

9. Rambut Hitam dengan Highlights Biru

highlights rambut
Foto: www.pinterest.com

Highlight biru akan memberikan kesan glamor terlebih ketika terkena cahaya baik yang berasal dari lampu atau sinar matahari. Kombinasi warna ini akan membuat penampilan rambutmu lebih halus dan lembut.

10. Rambut Hitam dengan Highlights Chesnut

Foto: www.pinterest.com

Warna ini akan sangat pas untuk pemilik kulit berwarna zaitun atau lebih gelap dan cocok untuk seluruh tekstur rambut. Kamu dapat memberikan highlight dimulai dari bagian puncak kepala hingga ke ujung rambut karena warna ini akan membuat rambutmu terkesan lebih hidup.

Selanjutnya: 10 Sampo Terbaik untuk Rambut Berwarna.