13 Rekomendasi Bacaan Healing Self Yang Wajib Kamu Baca

healing self
Foto: Istimewa

Sudah sejauh mana kamu mencintai diri sendiri? Mungkin ini akan terlihat sepele, namun mencintai diri sendiri ternyata memiliki dampak yang cukup baik untuk kehidupanmu dan orang sekitar. Apalagi jika selama ini selalu dibayang-bayangi masa lalu. Berikut 13 rekomendasi buku healing self terbaik yang dapat membantumu untuk menyembuhkan diri sendiri.

Aku Bukannya Menyerah, Hanya Sedang Lelah | Geulbaewoo

healing self
Foto: www.goodreads.com

Di dalam bukunya, penulis menceritakan tentang pengalamannya saat ia merasa lelah dengan apa yang dikerjakan. Orang-orang di sekelilingnya pun akhirnya menyarankan agar ia berhenti untuk memiliki mimpi yang tinggi.

Namun Geulbaewoo justru menggunakan rasa ingin menyerahnya untuk mencoba menemukan hal lain yang disukainya. Penulis berharap buku ini mampu memberikan energi bagi pembaca yang memiliki masalah yang serupa dengannya.

You Can Heal Your Life | Louise Hay

Foto: www.goodreads.com

Louise Hay sengaja menyampaikan sebuah pesan tentang cinta dan dukungan yang tidak akan menghakimi para pembaca. Ia sangat ingin membantu orang lain untuk berubah tanpa menyalahkan kehidupan mereka di masa lalu.

Bagi Louise, mencintai diri sendiri merupakan kunci dan proses yang ia yakini agar individu dapat merasa bebas secara mental dan sehat secara fisik.

Love Yourself Like Your Life Depends On It | Kamal Ravikant

healing self
Foto: www.goodreads.com

Setiap orang memiliki sebuah kebenaran yang mereka butuhkan untuk tetap hidup. Bagi penulis, kebenaran merupakan komitmen, yang bisa diaplikasikan setiap harinya seperti mengulangi ucapan “Saya mencintai diri saya sendiri”. Sebab, ketika kamu sudah mencintai diri sendiri, maka hidup akan mencintaimu kembali.

Di dalam buku healing self ini, penulis juga membagikan pengalamannya yang berhasil menemukan keajaiban. Hal itu ia dapatkan ketika ia berhasil mencintai dirinya sendiri. 

1 cm Diving | Taesoo & Munjeong

Foto: www.goodreads.com

Buku bersampul kuning ini merupakan sebuah proyek yang dibuat oleh Taesoo dan Munjeong untuk mengajakmu menemukan arti bahagia. Tak perlu repot-repot, bagi Taesoo dan Munjeong, kebahagiaan ini tidak perlu besar dan bahkan bisa datang dari hal kecil yang sepele.

Kamu tidak perlu menyelam ke laut terdalam untuk menemukan rasa bahagia. Mungkin cukup mencelupkan wajahmu sedalam satu sentimeter di bak mandi, maka kebahagiaan itu akan muncul.

What’s So Wrong About Your Life | Ardhi Mohamad

healing self
Foto: www.goodreads.com

Rekomendasi buku healing self selanjutnya adalah sekumpulan pengetahuan, pemikiran, serta pengalaman penulis terkait pandangannya tentang cinta. Secara sadar atau tidak, terkadang kita berpikir bahwa cinta merupakan jawaban dari insecurity. Kita juga berpikir melupakan masa lalu merupakan pilihan yang tepat.

Meski semua pemikiran itu akan memberikan hasil akhir kekecewaan, namun kita sering kali mengulangi kesalahan-kesalahan tersebut. Untuk itu, Ardhi Mohamad menciptakan buku ini agar menyadarkan kita untuk mengakui, memperbaiki, dan menjalani hidup dengan lebih baik.

The Gifts of Imperfection | Brene Brown

Foto: www.goodreads.com

Salah satu cara healing self yang bisa kamu coba adalah dengan membaca buku yang satu ini. Sebab hasil karya dari Brene Brown ini membantu kita untuk mengatasi perasaan yang kurang menyenangkan. Menurutnya, kita perlu menyadari apa yang sedang kita rasakan, kemudian menerimanya.

Jangan sampai menolak hal tersebut, karena ketika kita menolak perasaan negatif maka secara tidak langsung perasaan positif pun juga akan ikut terabaikan. Menurut penulis, mencintai dan menerima diri sendiri merupakan tindak keberanian yang paling tinggi.

The Mindful Path to Self-Compassion | Christopher Germer

healing self
Foto: www.goodreads.com

Dibanding berusaha untuk melupakan perasaan cemas, sedih, marah, atau kesepian yang tengah dialami, sebaiknya kita menerima hal tersebut. Buku healing self ini dapat membantumu yang ingin menghindari rasa sakit.

Menurut Christopher Germer, kekuatan terbesar untuk menyembuhkan rasa sakit ini adalah terletak pada diri sendiri. Dengan membaca buku ini, maka kamu akan mendapatkan strategi-strategi menarik dan kreatif untuk hidup dengan bahagia.

Choosing Me Before We: Every Woman’s Guide to Life and Love | Christine Arylo

Foto: www.goodreads.com

Bagi Christine, buku ini memang dirancang untuk membimbing wanita agar menciptakan hubungan yang diinginkan. Lewat pengalamannya yang hampir menikah dengan pria yang salah, Christine membagikan pengalaman berharganya dalam mencari sebuah hubungan, mengevaluasi hubungan, dan move on dari pasangan.

Saat membaca buku healing self ini, maka kita juga dapat mengeksplorasi dan menciptakan apa yang benar-benar diinginkan dalam sebuah hubungan.

Beautiful You: A Daily Guide to Radical Self-Acceptance | Rosie Molinary

healing self
Foto: www.goodreads.com

Dalam karyanya, Molinary menggabungkan teknik praktis ke dalam rencana 365 hari yang bisa membuat wanita untuk mendapatkan citra diri yang sehat, mengelola kepercayaan diri, serta mensejahterakan emosional dan fisik mereka.

Tujuannya sangat mulia, ia hanya ingin para wanita memiliki pandangan hidup yang sehat dan belajar untuk mencintai diri sendiri.

Beautiful You memang sengaja dibuat dengan sederhana, jujur, dan mudah dipahami, agar bisa menyentuh hati setiap perempuan yang kehilangan rasa percaya diri dan jati dirinya.

Madly in Love with Me | Christine Arylo

Foto: www.goodreads.com

Hampir dari kita semua tahu bahwa mencintai diri sendiri merupakan pemikiran yang sangat bagus. Namun,mungkin beberapa orang tidak mengetahui artinya, karena berpikir bahwa cinta ini terlalu luas.

Akan tetapi Christine Arylo dapat mengubah pandangan tersebut sehingga kamu mampu mencintai, menghargai, dan merawat diri sendiri. Menurut Christine, ada cara praktis dan menyenangkan untuk healing self. Hal ini bisa kamu temukan ketika membaca sampai habis rekomendasi buku yang satu ini.

Love Yourself, Heal Your Life | Louise Hay

healing self
Foto: www.goodreads.com

Buku ini merupakan sebuah perjalanan yang secara tidak langsung bisa membuatmu menerapkan teknik mencintai diri sendiri dan berpikir positif.

Tak hanya itu, Louise juga mengajak pembaca untuk mengatasi permasalahan terkait ketakutan, fobia, seks, harga diri, uang dan kemakmuran, persahabatan, perilaku adiktif, pekerjaan, serta keintiman.

Menurut penulis yang satu ini, ketika kamu telah mencintai diri sendiri, maka selanjutnya bisa menciptakan kehidupan yang sesuai dengan keinginanmu.

You Do You: Discovering Life Through Experiments & Self Awereness | Fellexandro Ruby

Foto: www.ebooks.gramedia.com

Ketika kebanyakan orang merasa resah terhadap permasalahan yang tengah dialami, maka penulis juga mengakui bahwa ia juga mengalami hal tersebut. Di lima bab utama dalam buku ini, Ruby mencoba membantu pembaca untuk menemukan dirinya sendiri.

Kemudian, penulis mulai mengajak pembaca untuk tidak mengurangi nilai yang telah dimiliki masing-masing individu. Menariknya, bacaan healing self ini juga dilengkapi dengan berbagai grafik yang dihadirkan dalam berbagai warna. Sehingga membuat pembaca merasa tidak bosan saat menikmati karya terbaik dari Fellexandro Ruby.

I Heart Me | David Hamilton

Foto: www.amazon.com

Berapa banyak cinta yang telah kamu miliki untuk diri sendiri? Mungkin sebagian orang akan bingung untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Saat David Hamilton menyadari bahwa masih kurangnya cinta terhadap diri sendiri, ia mulai meneliti tentang kimia otak, ilmu saraf, dan psikoterapi. Sehingga akhirnya tersadar bahwa cinta terhadap diri sendiri juga sama pentingnya dengan kesehatan tubuh dan mental.

Akhirnya, David merancang 27 latihan yang dapat membantumu untuk terhubung secara kuat dengan diri sendiri, mencapai rasa kebahagiaan yang lebih besar, dan berani memuat koneksi yang lebih kuat dengan orang lain.