Apakah Wanita Berusia 40 Tahun ke Atas Masih Menginginkan Seks? Studi Ini Menjawabnya

Foto: www.gettyimages.com

Konon katanya orang yang sudah bertambah umur sudah tidak memliki hasrat seksual. Ini cuma mitos. Sebuah studi dari North American Menopause Society (NAMS) membuktikan bahwa perempuan yang berada pada masa paruh baya atau bahkan setelahnya tetap menginginkan seks. Oh, yeah.

Hasil penelitian, yang dipresentasikan di 2020 Virtual Annual Meeting NAMS, menemukan bahwa seperempat perempuan masih tertarik dengan seks saat berada sepanjang periode paruh baya. Dan hampir setengahnya (45%) tetap tertarik pada seks di masa awal paruh baya.

Menariknya lagi, tidak hanya penemuan ini yang menarik. Studi ini juga menghancurkan mitos yang mengatakan bahwa perempuan tidak menginginkan seks karena alasan seperti vagina kering atau penurunan libido. Dua hal ini adalah gejala-gejala umum menopause.

Setelah mempelajari lebih dari 3.200 perempuan, ini penemuan utama studi ini:

  • Sekitar 45% perempuan mengatakan seks penting di awal masa paruh baya dan menjadi kurang lebih penting semakin dengan bertambahnya waktu.
  • Untuk 27% perempuan, seks tetap sangat penting sepanjang masa paruh baya.
  • Untuk 28% perempuan, seks tidak begitu penting salam masa paruh baya.

“Bertentangan dengan literatur sebelumnya yang melaporkan bahwa kepentingan seks berkurang saat perempuan berada di masa paruh baya, kami menemukan bahwa, sebanyak seperempat perempuan tetap menganggap seks penting,” kata Holly Thomas, M.D., M.S., dalam sebuah rilisan pers. Bahkan, banyak perempuan yang melihat seks sebagai sesuatu yang penting cenderung mengalami kepuasan seksual yang tinggi.

“Studi-studi seperti ini memberikan pengetahuan penting untuk tenaga kesehatan yang bisa jadi menganggap keinginan seksual perempuan berkurang sebagai sesuatu yang alami saat bertambah tua,” kata Stephanie Faubion, M.D., MBA, direktur NAMS. “Sering kali ada kondisi lain yang bisa diobati yang menyebabkan interes perempuan terhadap seks berkurang, yakni vagina kering atau depresi.”

Intinya, menemukan penyebab mengapa hasrat seksual berkurang bisa membantu perempuan untuk memiliki kehidupan seks yang lebih baik, berapapun usianya.

Selanjutnya: Apakah merasa nyeri pada vagina setelah berhubungan? ini penyebabnya, kata seorang ahli.

podcast button