FYI: Bahkan Joging Santai Sekali Seminggu Bisa Bikin Sehat

joging santai
Foto: www.shutterstock.com

Seberapa jauh dan seberapa sering kamu lari dari kenyataan hari ini? Sebuah penelitian terbaru menyimpulkan bahwa joging santai sekali seminggu bisa meningkatkan kesehatanmu.

Penelitian Ini Mendapatkan Kesimpulan Setelah…

Para ilmuwan dari berbagai dunia menganalisa 14 studi yang mengaitkan lari dengan faktor penyebab mati muda. Belasan studi tersebut menelisik 232.129 partisipan selama lima sampai 35 tahun. Dan hampir 26 ribu responden meninggal selama masa studi tersebut.

Hasilnya, disimpulkan bahwa mereka yang hanya lari sekali seminggu dan tidak lebih dari 50 menit dan tidak terlalu cepat (joging santai) bisa mengurangi kemungkinan mati dini sampai 27%. Angka ini didapat jika dibandingkan dengan mereka yang tidak lari sama sekali.

Lalu apakah ada bedanya lari cepat, sering dengan lari pelan dan jarang? Seperti yang dilansir oleh Times, para ilmuwan ini mengatakan: “Tidak ada bukti bahwa umur akan bertambah jika lari lebih sering.”

Setiap Orang Disarankan untuk Aktif dan Berolahraga

Penelitian yang diterbitkan di British Journal of Sports Medicine ini juga menemukan bahwa lari (sesering apa pun) memberikan efek positif pada setiap orang terutama perempuan. Lari bisa mengurangi risiko kanker sampai dengan 23% dan kematian akibat kardiovaskular sampai 30%.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan orang dewasa (iya, kamu dan saya) untuk melakukan minimal 150 menit olahraga dengan intensitas sedang atau 75 menit dengan intensitas hebat—setiap minggu.

Sementara seorang ahli mengatakan kepada Times bahwa olahraga sesedikit apa pun baik untuk kesehatan dibanding tidak melakukannya. “Setiap mil kamu lari—entah itu maraton atau hanya lari di sekitar rumah—membantu menjaga kesehatan jantungmu.”

Tuh ‘kan, ayo lari lagi minggu ini! Dan jika kamu lebih tertarik melakukan yoga, penting banget untuk baca ini.