Mood Turun? Film Perjuangan Ini akan Menginspirasi dan Membuatmu Lebih Semangat

film perjuangan
Foto: Istimewa
Last updated:

Terkadang hidup melemparkan terlalu banyak lemon, dan kita hanya memiliki sedikit persediaan gula untuk membuatnya manis. Oleh karena itu, sepertinya kita membutuhkan cara lain untuk membuat hidup tidak terlalu asam, alias menemukan sumber inspirasi dan semangat. Sebagian menemukannya di TikTok, podcast, dan buku. Cara lain? Film. Uh-uh, film perjuangan yang membuat kita merasa lebih baik. Seperti apa film yang mampu mengangkat semangatmu yang sudah menipis? Berikut 15 film perjuangan yang akan membuatmu terinspirasi dan (sedikit) positif dan optimis.

The Diving Bell and the Butterfly

Foto: www.imdb.com

Dibuat berdasarkan buku memoir Jean-Dominique Bauby (1997) dengan judul yang sama, film ini menggambarkan kehidupan Bauby setelah terkena serang stroke yang membuatnya mengidap locked-in syndrome. Yakni, sebuah kondisi langka yang menyebabkan pasien mengalami kelumpuhan fisik nyaris total, tapi secara mental masih normal. 

Saking bagusnya, film ini memenangkan banyak penghargaan di Cannes Film Festival, Golden Globes, BAFTA, dan César Awards dan empat nominasi Oscar. Sejumlah kritikus film menobatkan film ini sebagai salah satu film terbaik pada dekade itu, dan masuk dalam daftar BBC’s 100 Greatest Films of the 21st Century.

The Intouchables (2011)

Foto: www.imdb.com

Hubungan pertemanan yang tidak bisa terjalin antara seorang lumpuh super kaya dengan caretaker-nya. Saat menonton film Prancis ini kamu percaya (lagi) bahwa ada banyak hal baik di dunia ini. Dan hebatnya lagi, film ini berdasarkan kisah nyata. Jadi, memang masih  banyak hal baik di dunia ini.

On The Basis Of Sex (2019)

Foto: www.imdb.com

Pada 1956, Ruth Bader Ginsburg adalah seorang mahasiswa tingkat pertama. Dan ketika suaminya Martin (mahasiswa tahun kedua), didiagnosa dengan kanker testis, Ginsburg menghadiri kelasnya dan kelas-kelas suaminya. Dan ketika lulus sebagai mahasiswa dengan nilai terbaik, dia mengalami kesulitan mendapatkan pekerjaan. Kenapa? Karena dia seorang perempuan.

Yep, ini adalah film yang dibuat berdasarkan hidup Ruth Bader Ginsburg, salah satu Hakim Agung Amerika Serikat, yang sudah berusia 87 tahun dan masih aktif. Wajib ditonton. 

The Shawshank Redemption (1994)

Foto: www.imdb.com

Butuh kata-kata mutiara yang membuatmu sedikit lebih bersemangat menghadapi hidup? Dengarkan setiap kata yang diucapkan Morgan Freeman (Red) di dalam film perjuangan ini.

Film ini tidak hanya tentang kehidupan penjara, tapi juga tentang tetap memiliki harapan, menikmati hidup, persahabatan dan mewujudkan mimpi.

The Greatest Showman (2017)

film perjuangan
Foto: www.imdb.com

Jika selama ini kamu hanya mendengar tentang betapa bagusnya film ini, sekarang adalah saat yang tepat untuk membuktikannya. Dibintangi Hugh Jackman, Michelle Williams, Zendaya, Zac Efron, Jacqueline Honulik, film ini menceritakan tentang P.T. Barnum (Jackman) dan perjuangannya membangun sirkusnya di New York awal 1800an. 

Ada banyak adegan mengharukan dan menginspirasi di film ini, tapi yang pasti adalah ketika lagu “This is Me” dikumandangkan. Semua, mana suaranya?

The Theory of Everything (2014)

film perjuangan
Foto: www.imdb.com

Berkat film ini, Eddie Redmayne mencuri perhatian dunia dan mendapatkan penghargaan Oscar. Film biopik ini menggambarkan bagaimana Stephen Hawking berjuang agar penemuan-penemuannya diketahui oleh dunia, meski didera oleh penyakit motor neuron.

127 Hours (2010)

Foto: www.imdb.com

Apa yang kamu lakukan jika harus memilih antara memotong tanganmu dan kematian? Dalam waktu 127 jam, Aron Ralson harus mengambil keputusan yang menentukan hidupnya. Cerita survival ini tidak hanya menginspirasi, tapi juga belajar bersyukur atas sesuatu yang sering kita lupakan: hidup.

Schindler’s List (1993)

film perjuangan
Foto: www.imdb.com

Mungkin dibutuhkan kekuatan lebih untuk menonton film perjuangan ini, di saat hidupmu berada di titik nadir. Namun, patut dicoba. Oskar Schindler, seorang pengusaha, berjuang mati-matian menyelamatkan sebanyak mungkin orang Yahudi saat Perang Dunia II.

Film ini membuat kita berpikir bahwa rasa kemanusiaan masih tetap ada, bahkan pada saat dunia dipenuhi dengan kekacauan.

Spirited Away (2001)

Foto: www.imdb.com

Jika akhir-akhir ini kamu merasa hidupmu monoton, mungkin kamu perlu menonton film ini. Plotnya “aneh”: Chihiro dan kedua orangtuanya mengunjungi sebuah pasar. Kedua orangtuanya berubah menjadi babi ketika menikmati makanan di sana. Dan Chihiro harus berjuang menyelamatkan orangtuanya.

Meski terus didera berbagai ujian, Chihiro tetap tidak tidak patah semangat. Klasik. Harus ditonton sebelum mati.

Forrest Gump (1994)

film perjuangan
Foto: www.imdb.com

Besar dengan didikan ibu yang sangat suportif dan di lingkungan yang kecil, Forrest tidak pernah menganggap dirinya sebagai seseorang yang kurang beruntung. Dia selalu berusaha membuat orang di sekitarnya senang dengan caranya, tapi kebingungan saat menghadapi Jenny, gadis yang disukainya sejak kecil.

Apa yang terjadi pada Forrest dan Jenny? Kamu yang sudah menonton film ini berkali-kali, pasti sudah hapal plot dan dialognya (“Run Forrest, run!”) Namun yang pasti, film ini mengangkat tema cinta, dan membuat kita belajar bersyukur atas hal-hal kecil yang ada di dalam hidup kita.

The Pursuit of Happyness (2006)

Foto: www.imdb.com

Perjuangan Chris (Will Smith) untuk memberikan masa depan bagi anaknya akan membuat kamu tersentuh (dan mungkin tersedu-sedan). Diusir dari rumah dan mengalami kesulitan finansial, ayah dan anak ini mengalami berbagai banyak cobaan. Mesk begitu, ada saja yang hal kecil yang membuat mereka bahagia.

A Beautiful Mind (2001)

film perjuangan
Foto: www.imdb.com

Dibuat berdasarkan cerita hidup John Nash, pemenang Nobel Ekonomi, yang mengalami paranoid schizophrenia dan mengalami berbagai episode delusi. Kondisinya ini mempengaruhi kehidupan pribadi, keluarga dan kariernya. Tidak hanya mengeksplor tentang kerja keras, film ini juga memperlihatkan betapa pikiran manusia sangat vulnerable

Life of Pi (2012)

film perjuangan
Foto: www.imdb.com

Menjadi satu-satunya manusia yang berhasil selamat dari kecelakaan, Pi harus berusaha bertahan hidup selama 227 hari di tengah Laut Pasifik. Ditemani seekor harimau Bengal, hyena, dan orangutan, selama terkatung-katung di laut, Pi mengeksplor berbagai pertanyaan tentang hidup.

Oh, tidak hanya cerita yang indah, secara visual pun film ini sangat memanjakan mata. Cocok ditonton untuk kamu yang merindukan laut.

Erin Brokovitch (2000)

film perjuangan
Foto: www.imdb.com

Jika kamu ingin menonton sosok perempuan “biasa” yang bisa melakukan segalanya, mainkan film ini. Dibuat berdasarkan kenyataan, seorang ibu tunggal menjadi asisten legal dan dengan keteguhan hati, berhasil memenangkan kasus yang melibatkan sebuah perusahaan yang mengotori persediaan air publik dengan polusi.

Slumdog Millionaire (2009)

film perjuangan
Foto: www.imdb.com

Film perjuangan ini mengisahkan cerita hidup Jamal Malik (Dev Patel) dari daerah kumuh Juhu, Mumbai. Sebagai seorang kontestan Who Wants to Be a Millionaire versi India, Jamal membuat satu jagat India terkejut karena berhasil menjawab setiap pertanyaan dengan benar. Itulah yang menyebabkannya berakhir di kantor polisi dengan tuduhan melakukan kecurangan.

Saat di kantor polisi, Jamal menceritakan kisah hidupnya, dan membocorkan bagaimana dia bisa menjawab setiap pertanyaan dengan benar. Jai ho!

Selanjutnya: Ini daftar film action terbaik dengan jagoan perempuan.