13 Film Horor Terbaik Indonesia Yang Akan Membuatmu Susah Tidur

film horor terbaik indonesia
Foto: Istimewa

Berbicara tentang film horor, tontonan ini menjadi genre yang paling digemari oleh banyak orang. Selain jalan ceritanya yang menegangkan, tak jarang genre ini juga akan membuatmu merinding karena sosok-sosok mahluk dunia lain yang muncul. Berikut 13 rekomendasi film horor terbaik Indonesia yang akan membuatmu deg-degan dan susah tidur.

Pengabdi Setan (2017)

film horor terbaik indonesia
Foto: www.imdb.com

Film yang disutradarai oleh Joko Anwar ini merupakan remake dari Pengabdi Setan yang rilis pada tahun 80-an.

Bercerita tentang Rini (Tara Basro) yang harus merelakan masa depannya untuk membiayai pengobatan sang ibu, Mawarna (Ayu Laksmi). Namun sayang, ibu harus terjatuh di lantai yang menyebabkannya meninggal dunia.

Kematian ibu ternyata menjadi awal mula dari kejadian aneh yang menimpa keluarga Rini, di mana mulai mendapatkan berbagai teror. Salah satunya yakni hadir sosok penampakan yang mirip dengan ibu.

Berkat jalan ceritanya yang menarik dan menegangkan, film horor terbaik Indonesia ini berhasil mendapatkan tujuh penghargaan di ajang Festival Film Indonesia 2017.

Jelangkung (2001)

Foto: www.imdb.com

“Datang tak dijemput, pulang tak diantar”, mungkin kamu sudah tidak asing lagi mendengar kalimat yang dianggap dapat mendatangkan arwah dari alam baka. Karena merasa penasaran dengan ritual kuno tersebut, akhirnya Soni (Harry Pantja) menyiapkan sebuah boneka yang terbuat dari batok kelapa dan tongkat kayu serta merapalkan mantra.

Sayangnya, setelah boneka tersebut tidak memunculkan reaksi apa pun. Akhirnya, Soni marah dan meninggalkan boneka yang masih tertancap di tanah. Dan horor pun dimulai.

Ratu Ilmu Hitam (1981)

film horor terbaik indonesia
Foto: www.imdb.com

Dirilis pada tahun 1981 silam, film ini mengisahkan tentang Kohar (Alan Nuari) yang tengah merayakan pesta pernikahannya. Namun acara tersebut mendadak berubah menjadi kacau dan mencekam.

Seorang dukun pun mengatakan bahwa peristtiwa itu memang sengaja diganggu oleh seseorang. Kohar pun langsung mencurigai Murni (Suzzanna), mantan pacarnya.

Karena merasa geram, akhirnya Kohar segera mengunjungi kediaman Murni, dan membakar rumahnya. Tak berhenti sampai disitu, Murni juga diperlakukan dengan sadis hingga dilempar ke jurang.

Rumah Dara (2009)

Foto: www.imdb.com

Sekumpulan anak muda tengah melakukan perjalanan bersama, di antaranya adalah Ladya (Julie Estelle), Adjie (Ario Bayu), dan Astrid (Sigi Wimala).

Di tengah perjalanan, mereka bertemu dengan seorang gadis yang bernama Maya (Imelda Therinne) yang mengaku bahwa baru mengalami perampokan, dan meminta mereka untuk mengantarnya pulang kerumah.

Setiba di rumah Maya, mereka bertemu dengan sang ibu, Dara (Shareefa Danish) yang sangat misterius. Seperti tuan rumah kebanyakan, Dara pun menawarkan agar mereka beristirahat sejenak di rumahnya.

Pintu Terlarang (2009)

film horor terbaik indonesia
Foto: www.imdb.com

Diadaptasi dari novel karya Sekar Ayu Asmara dengan judul yang sama, film horor terbaik Indonesia ini mengisahkan tentang Gambir (Fachri Albar) yang memiliki kehidupan sangat sempurna.

Tak hanya itu, ia juga memiliki istri yang cantik bernama Talyda (Marsha Timothy). Namun dalam kesuksesannya, pria ini memiliki rahasia yang disembunyikan dengan rapat.

Film karya Joko Anwar ini benar-benar akan membuatmu merasa penasaran, apalagi dengan penggambara visual yang sangat menarik. Dijamin kamu akan menikmati tontonan ini hingga akhir film.

Danur: I Can See Ghosts (2017)

Foto: www.imdb.com

Diangkat dari kisah nyata, Danur: I Can See Ghost menjadi salah satu film horor terbaik yang sangat laris.

Film ini fokus pada kehidupan seorang anak bernama Risa (Prilly Latuconsina) yang bisa melihat hantu. Pada hari ulang tahunnya yang kedelapan, ia berharap untuk memiliki seorang teman agar tidak kesepian.

Secara tidak sadar, sang ibu (Kinaryosih) mendapati anaknya yang tengah bermain dan tertawa sendiri. Hingga akhirnya ia mengetahui bahwa selama ini Risa berkomunikasi dengan hantu.

The Doll 2 (2017)

film horor terbaik indonesia
Foto: www.imdb.com

Maira (Luna Maya) dan Aldo (Herjunot Ali) baru saja kehilangan putri mereka, setelah mengalami kecelakaan mobil. Saat itu, sang putri tengah memeluk Sabrina, boneka kesayangannya.

Suatu hari, sahabat dari Maira yakni Elsa (Maria Sabta) berkunjung ke rumah dan menawarkan untuk berkomunikasi dengan arwah Kayla.

Mereka pun akhirnya menggunakan boneka Sabrina sebagai perantara. Sayangnya, ritual tersebut tidak membuahkan hasil. Namun sejak kejadian tersebut, mulai timbul keanehan yang terjadi di rumah Maira. 

Mata Batin (2017)

Foto: www.imdb.com

Alia (Jessica Mila) memutuskan untuk meninggalkan Bangkok dan kembali ke Jakarta untuk menemani sang adik, Abel (Bianca Hello).

Anehnya, Abel sering kali bersikap aneh dan mengatakan bahwa dirinya dapat melihat ‘mereka yang telah lama mati’ karena menganggap bahwa mata batinnya telah terbuka.

Karena merasa sang kakak tidak mempercayainya, akhirnya Abel mengajak Alia untuk bertemu Bu Windu (Citra Prima), seorang paranormal. Ia ingin membuktikan pada Alia terkait hal-hal yang selama ini dialaminya.

Akhirnya, Alia pun meminta kepada Bu Windu untuk membukakan mata batinnya.

Suzzanna: Bernapas Dalam Kubur (2018)

film horor terbaik indonesia
Foto: www.imdb.com

Berbicara tentang film horor terbaik Indonesia, rasanya kurang lengkap jika kita tidak membicarakan tentang Suzzanna. Sebab, aktris legendaris ini memang menjadi sosok yang lekat dengan film hantu.

Sony Soraya dan Anggi Umbara mencoba untuk membangkitkan kembali karisma dari ratu horor Indonesia ini melalui film Suzzanna: Bernapas Dalam Kubur.

Diceritakan bahwa Suzzanna (Luna Maya) dan Satria (Herjunot Ali) telah menikah selama 7 tahun. Suatu ketika, Satria berniat untuk pergi dinas dan meninggalkan istrinya sendirian di rumah.

Kejadian itu pun akhirnya dimanfaatkan oleh seorang perampok yang menyimpan dendam. Mereka pun merampok rumah Satria dan membunuh sekaligus mengubur Suzzanna yang tengah hamil.

Sebelum Iblis Menjemput (2018)

Foto: www.imdb.com

Alfie (Chelsea Islan) adalah seroang perempuan yang dihantui masa lalunya yang kelam. Sebab ibunya telah meninggal secara misterius dan sang ayah (Ray Sahetapy) meninggalkan dirinya sendirian.

Tak lama kemudian, sang ayah pun tewas secara tidak wajar. Karena geram, akhirnya ia mengunjungi kediaman Laksmi, (Karina Suwandi) yang merupakan istri kedua dari sang ayah.

Perempuan Tanah Jahanam (2019)

film horor terbaik indonesia
Foto: www.imdb.com

Disutradarai oleh Joko Anwar, film ini bercerita tentang Maya (Tara Basro) dan Dini (Marissa Anita) yang bekerja sebagai kasir gerbang tol.

Saat sedang bertugas, Maya bercerita kepada Dini tentang seorang pengemudi misterius yang setiap malam selalu melintasi gerbang tol dan menatap Maya dengan tajam.

Di tengah percakapan, tak disangka pengemudi tersebut kembali datang dan mengamati Maya. Setelah itu, sang pengemudi ternyata berhenti di tepi jalan untuk mendatangi Maya dan mengajukan beberapa pertanyaan.

Setelahnya, pria tersebut kembali ke mobil untuk mengambil golok dan berusaha untuk menyerang Maya.

Bangsal 13 (2004)

Foto: www.imdb.com

Suatu hari, Mina (Luna Maya) dan Natasha (Endhita Wibisona) tidak sengaja menabrak seorang gadis. Mereka pun akhirnya pergi ke rumah sakit, namun sayangnya suasana rumah sakit sangat penuh.

Akhirnya para suster dan petugas memutuskan untuk membuka kembali Bangsal nomor 13 yang telah dikunci selama 20 tahun.

Seorang suster bernama Frida (Lia Candrasari) mengingatkan kepada ketiganya untuk tidak membuka pintu kecil yang menempel di lantai. Namun karena rasa penasaran yang tinggi, Natasha pun memberanikan diri untuk membukanya.

Asih (2018)

film horor terbaik indonesia
Foto: www.imdb.com

Puspita (Citra Kirana) dan Andi (Darius Sinathrya) merupakan pasangan muda yang sedang menanti kehadiran anak mereka. Saat memasuki bulan kedelapan, Puspita harus melahirkan buah hati mereka.

Meski terasa janggal namun akhirnya sang bidan, Sekar (Djenar Maesa Ayu) berpesan agar Puspita waspada selama 40 hari ke depan.

Tak lama setelah kejadian itu, Sekar mendengar kabar bahwa seorang gadis bernama Asih (Shareefa Daanish) tewas setelah membunuh anaknya sendiri. Tidak disangka, Puspita pun menerima teror dari Asih.

Sayangnya, Andi tidak mempercayai perkataan istrinya. Hingga akhirnya ia menemukan Asih tengah memakan ari-ari anaknya yang telah terkubur di belakang rumah.