Dijamin Ampuh: Trik agar Tetap Produktif Bekerja dari Rumah

bekerja dari rumah
Foto: www.gettyimages.com

Apakah kamu salah satu orang yang direkomendasikan oleh kantor untuk bekerja dari rumah karena COVID-19 yang menginfeksi banyak orang belakangan ini? Ah, bekerja dari rumah (atau istilah di WhatsApp grup, “WFH“—work from home) memang menyenangkan tapi juga godaan yang dihadapi sekuat buah apel bagi Adam. Kasur, televisi, sofa, Netflix adalah manifestasi apel versi modern. Jadi, bagaimana cara agar tidak terjatuh dalam godaan, melainkan tetap efektif saat bekerja dari rumah? Berikut tips jitu yang sudah LIMONE buktikan sendiri keampuhannya. Dijamin 100% efektif—hanya saja memang dibutuhkan niat dan tekad yang sekokoh pohon apel.

Ciptakan Rutinitas

bekerja dari rumah
@shopwithsky – Philodendron Pink Congo

Sama seperti di kantor biasa, sangat penting untuk menciptakan rutinitas saat bekerja dari rumah. Misalnya, tentukan jam bekerja, makan siang, istirahat, dan jam selesai kerja di waktu yang sama saat kamu sedang di kantor. Dengan melakukan ini, kamu akan tahu apa yang akan kamu lakukan hari itu, dan pekerjaan apa saja yang harus diselesaikan.

Berpakaianlah Layaknya akan Pergi ke Kantor

bekerja dari rumah
Musango – Handmade Tumeric Wide Mug (Sgraffito Stripe)

Memang sih, sangat menggoda untuk bekerja seharian dengan daster atau piama yang masih beraroma liur dan bantal. Bahkan kamu mungkin merasa akan lebih produktif dan efektif karena tidak perlu membuang-buang waktu untuk mandi dan memilih baju. Akan tetapi, terdapat perbedaan yang besar jika kamu berdandan rapi saat bekerja dari rumah: mood dan mindset akan lebih satu frekuensi dengan pekerjaan kantor. Penelitian membuktikan bahwa apa yang kita pakai dan pikirkan sangat mempengaruhi kesuksesan kita. Untuk memperoleh ambiens yang lebih mendukung, coba pasang lagu “Dress for Success” ketika kamu bersiap-siap di pagi hari.

Bagi Harimu dalam Beberapa Bagian

bekerja dari rumah
ZARA HOME – Royal Garden Scented Candle

Seperti yang sudah kita tahu, kita bisa fokus maksimal pada sebuah pekerjaan hanya selama 90 sampai 120 menit. Setelahnya, kita membutuhkan istirahat untuk mengisi ulang baterai yang sudah dalam kondisi kritis demi mempersiapkan diri untuk menyelesaikan tugas selanjutnya.

Jadi, coba terapkan ini: bagi harimu menjadi bagian dengan durasi 90 menit. Alih-alih berpikir dengan pola ‘9-to-5‘ atau ‘8-to-6‘, bagi durasi kerjamu berdasarkan prinsip 90 menit. Jangan lupa juga untuk menjatahkan waktu untuk mengecek email. Dengan ini, paling tidak empat pekerjaan akan selesai dengan lebih efisien dan efektif.

Ciptakan Ambiens “Seperti di Kantor”

bekerja dari rumah
Informa – Fummo Kursi Kantor

Jika di kantor, kamu harus pasrah dengan tatanan yang sudah ditetapkan oleh bos, maka di rumah… kamu bisa berkreasi dan menciptakan ruang kantor impianmu. Meski prinsip utamanya adalah atmosfer yang nyaman, hanya saja jangan libatkan kursi malas atau kasur. Coba tambahkan bunga segar, lampu dengan pencahayaan terang dan tepat serta tanaman. Item yang terakhir ini tidak hanya mempercantik ruangan, tapi juga mengubah gas-gas tidak menyenangkan yang kamu produksi seharian menjadi hawa yang lebih menyegarkan.

Jika Kamu Memiliki Anak, Cari Bantuan

Toko Muda – Flip Flop Indoor

Bagi kamu yang memiliki anak, tantangannya berbeda dan unik saat bekerja dari rumah. Apalagi jika kamu dituntut untuk melakukan beberapa hal dalam waktu yang bersamaan (sambil balas email, sambil memberikan makan si kecil). Untuk hari-hari di mana hasil produktivitas tingkat tinggi dituntut, ada baiknya untuk mencari bala bantuan (orangtua, mertua, anggota keluarga lain atau baby sitter). Ini agar kamu tidak terdistraksi dengan kelucuan-kelucuan yang dibuat oleh si kecil. Yep, memang sulit—apalagi dengan adanya perasaan bersalah yang menyelimuti hati dan pikiran. Akan tetapi, merawat dan memperhatikan anak adalah sebuah tugas dan tanggung jawab tersendiri. Jadi, memang sulit menyeimbangkannya ketika kamu bekerja dari rumah.

Selanjutnya: ini tips menghadapi bos yang menyebalkan, tapi kamu tidak bisa berhenti kerja.

podcast button