9 Inspirasi Desain Taman untuk Rumah Minimalis

desain taman minimalis
Foto: www.freepik.com

Rumah yang dipenuhi dengan tanaman hijau menjadi idaman bagi kebanyakan orang. Selain lebih menarik, manfaat tanaman ini juga dapat menyerap polusi dan menghasilkan oksigen sehingga membuat rumahmu menjadi lebih sejuk dan asri. Namun, bagaimana jika tidak memiliki lahan yang luas untuk membuat taman? Jangan khawatir, karena LIMONE  akan memberikan 9 inspirasi desain taman minimalis yang bisa kamu tiru di rumah.

Menggunakan Living Wall

desain taman minimalis
Foto: www.pinterest.com/Martha Stewart Living

Jika kamu ingin memiliki taman namun tidak memiliki lahan yang luas, maka living wall merupakan salah satu opsi terbaik untuk dipilih. Living wall merupakan sebuah rangka media tanam yang ditempel atau didirikan pada dinding. Biasanya rangka tersebut dirancang untuk penyimpanan pot, irigasi, dan pemupukan secara otomatis.

Tidak hanya itu, tanaman yang dipilih pada sistem ini umumnya akan lebih variatif dan bukan tanaman merambat. Keuntungan dari sistem tanam living wall adalah mudah untuk ditata dan tentunya akan menangkal hawa panas, mengurangi polusi udara, serta menambah keindahan rumah.

Menambahkan Rumput

Foto: www.pinterest.com/Melanie Jade Design|Interiors|Home Decor

Dengan memiliki taman di teras atau belakang rumah, tentunya hal ini akan menyita sebagian waktumu. Karena kamu perlu mengurus dan merawatnya agar tetap asri dan indah. Namun jika kamu tidak sempat untuk merawat tanaman dan tetap ingin menghadirkan nuansa kehijauan, maka menambahkan rumput merupakan pilihan yang sangat cocok untukmu.

Rumput lebih mudah untuk dirawat dan merupakan desain taman minimalis yang sangat pas bagi pemilik lahan sempit. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan beberapa jenis tanaman dan kursi santai agar halaman rumahmu terlihat lebih indah.

Memilih Tanaman dalam Pot

desain taman minimalis
Foto: www.pinterest.com/Wayfair.com

Memilih tanaman di dalam pot dan meletakkannya di depan rumah, menjadi salah satu opsi sederhana yang bisa kamu lakukan. Terlebih jika kamu yang tidak memiliki banyak waktu untuk merawat tanaman. Cobalah untuk menaruh tanaman di dalam pot berukuran sedang, dan jangan lupa untuk menyiramnya dengan rutin.

Kelebihan dari taman minimalis ini adalah bisa disusun dan dipindahkan sesuai dengan keinginanmu. Agar lebih menarik, maka variasikan tanaman hias dan tambahkan dekorasi lain seperti kursi yang bisa kamu gunakan untuk bersantai di sore hari.

Menambahkan Tanaman Gantung

Foto: www.pinterest.com/Balcony Garden Web

Jika kamu memiliki taman minimalis yang sedikit lebih luas, maka cobalah untuk menambahkan tanaman gantung. Tak hanya mempercantik rumah, tanaman ini juga dapat melindungi rumahmu dari hawa panas dan menjadi penangkal debu serta polusi.

Biasanya, kebanyakan orang akan menggantung tanaman merambat, hal ini tentunya akan membuat terasmu terlihat lebih indah. Apalagi juga tanaman rambat yang memiliki bunga warna warni. Namun jangan lupa untuk merawat dan memotong tanaman jika dirasa sudah panjang dan mengganggu.

Memadukan dengan Kolam Ikan

Foto: www.pinterest.com/Janet McAtee

Kolam ikan yang dikelilingi dengan tanaman hijau tentunya merupakan kombinasi sempurna untuk desain taman minimalismu. Tidak perlu memiliki lahan yang luas, karena kamu bisa menyiasatinya dengan menambahkan beberapa tanaman hias di dekat kolam ikan. Pilihlah tanaman yang mudah untuk dirawat dan berukuran sedang, seperti pohon bonsai misalnya.

Untuk membuatnya terlihat lebih menarik, kamu juga bisa menambahkan beberapa dekorasi pada taman, seperti lantai kayu dan air mancur mini dari batu alam. Sambil merawat tanaman, jangan lupa untuk membersihkan kolam ikannya juga ya!

Menggunakan Tanaman Sukulen

desain taman minimalis
Foto: www.pinterest.com/World of Succulents

Salah satu inspirasi untuk membuat desain taman minimalis adalah dengan menggunakan tanaman sukulen. Tumbuhan yang memiliki kemampuan menyimpan air ini biasanya dapat dirawat dengan mudah karena tidak perlu disiram setiap hari. Karena, jika terlalu banyak menyimpan air, justru akan membuat sukulen mudah membusuk.

Untuk mempercantik taman, kamu bisa menambahkan beberapa tanaman sukulen yang memiliki jenis dan warna yang beragam. Serta, tambahkan bebatuan kecil yang tentunya akan membuat tamanmu terlihat lebih indah.

Menyatu dengan Dapur Terbuka

desain taman minimalis
Foto: www.pinterest.com/Homeshabby.com

Memiliki dapur terbuka merupakan salah satu pilihan terbaik yang bisa kamu coba. Selain akan membuat suasana semakin segar, ruangan ini juga akan terlihat lebih menarik dan dijamin akan betah berlama-lama di dapur. Selain itu, tanaman hijau juga akan membuat sirkulasi udara lebih baik dan tentunya bisa menangkal udara panas yang ada.

Kamu bisa menambahkan meja makan dengan konsep mini bar, lalu menambahkan aksen kayu pada dinding dan sebagian lantai yang tentunya dipadukan dengan rerumputan. Untuk tanaman, pilihlah tanaman hias dengan pot agar lebih mudah dipindahkan.

Menggabungkan dengan Ruangan Laundry

Foto: www.pinterest.com/minhacasa.abril.com.br

Area belakang rumah biasanya akan menjadi tempat bersantai di sore hari, terlebih jika dipenuhi dengan tanaman hijau yang membuat rumahmu menjadi lebih asri dan indah. Namun ternyata, kamu bisa menyatukan taman dengan ruangan laundry, lho.

Dengan mengombinasikan rerumputan, bebatuan, dan aksen kayu, kamu juga bisa menambahkan kursi dan meja yang bisa berfungsi untuk menjadi tempat santai untuk menikmati segelas teh sambil menunggu pakaian yang sedang dicuci. Setelah itu, kamu dapat menjemurnya di tempat yang sama, sangat praktis bukan?

Menempatkan Taman di dalam Rumah

desain taman minimalis
Foto: www.pinterest.com/Elcune

Jika kamu benar-benar tidak memiliki lahan yang cukup untuk membuat taman di depan atau belakang rumah, jangan khawatir, karena kamu bisa menyiasatinya dengan membuat indoor garden. Namun yang perlu diperhatikan adalah memilih tanaman khusus yang dapat hidup di dalam rumah. Hal ini tentunya akan mencegah tanaman menjadi busuk dan mati.

Selain itu, kamu bisa memanfaatkan area kosong yang ada di dekat jendela supaya mempermudah sistem pencahayaan alami dari sinar matahari yang masuk dan menerangi ruangan. Jangan lupa untuk menambahkan dekorasi-dekorasi pendukung seperti kursi santai atau tanaman gantung yang akan memperindah tamanmu.