Ingin Hias Rumah dengan Desain Sederhana (Tapi Sebenarnya Mewah)? Lakukan 11 Hal Ini

desain rumah sederhana
Foto: www.freepik.com

Konsep rumah minimalis atau desain sederhana masih digemari oleh banyak orang ketika ingin membangun rumah. Konsep ini memiliki tata ruang yang sederhana, polos, dan tidak membutuhkan banyak barang. Desain rumah sederhana atau minimalis ini juga biasanya memilih warna netral seperti putih, abu-abu, dan warna yang akan memberikan kesan yang hangat.

Jika kamu tertarik untuk membangun rumah dengan desain sederhana, maka kamu wajib memperhatikan beberapa detail berikut ini.

Cara Membuat Desain Rumah Sederhana

desain rumah sederhana
Foto: www.unsplash.com

Berikut 11 tips untuk membuat desain rumah sederhana dan minimalis:

Gunakan palet warna lembut

Warna-warna terang seperti putih, abu-abu, dan pastel menjadi unsur utama untuk rumah minimalis. Meski kamu bisa menambahkan warna yang lebih cerah, namun lebih baik menggunakan satu sampai dua warna untuk membuat tampilan rumahmu terkesan minimalis. Kamu bisa menggunakan gradasi warna beige dan putih untuk menciptakan ruangan yang cukup terang. 

Tambahkan cermin

Cermin memang dapat menciptakan ilusi ruangan yang lebih luas. Untuk itu menempatkan cermin ke dalam ruangan yang minimalis, merupakan hal yang paling tepat untuk kamu lakukan. Kamu bisa menggantungkannya di dinding atau meletakkannya di atas meja. Selain itu, kamu juga dapat memilih cermin dengan bingkai yang senada dengan warna dominan yang ada di ruanganmu.

Minimalisir barang

Dengan memiliki desain rumah sederhana artinya kamu perlu mengucapkan selamat tinggal pada barang-barang yang tidak terpakai dan menerapkan prinsip Marie Kondo. Untuk itu kamu dapat memilah apa saja yang akan ditampilkan pada rak dan meja, kemudian menyimpan sisa barang-barang lainnya di dalam lemari Dengan hanya memamerkan barang yang diperlukan, hal ini akan mencegah rumahmu terlihat berantakan.

Baca Juga :  Ada Begitu Banyak Jenis Tanaman Hias, Ini 9 yang Akan Mempercantik Rumah

Pakai furnitur berukuran kecil

Furnitur dengan ukuran yang besar akan membuat rumahmu terlihat penuh dan sesak. Untuk itu jika rumahmu didesain dengan sederhana, maka kamu dapat menggunakan furnitur berukuran kecil yang dapat disesuaikan dengan ruangan. Menggunakan furnitur ruangan berukuran kecil juga dapat menciptakan kesan yang lebih luas.

Hias dengan dekorasi aksen

Mendesain rumah minimalis bukan berarti kamu harus menghindari dekorasi dan warna-warna cerah. Kamu bisa menggunakan elemen-elemen dekorasi sebagai aksen. Kamu bisa menambahkan satu sampai dua dekorasi yang ditempatkan di dinding rumahmu.

Manfaatkan tekstur

Kamu dapat menggunakan tekstur yang berbeda pada setiap ruangan di rumahmu. Salah satu caranya adalah dengan menambahkan wallpaper dinding pada kamar tidur atau menambahkan unsur kayu pada lantainya. Hal ini akan menambah daya tarik tersendiri pada ruangan.

Susun furnitur secara simetris

Meski sederhana, rumahmu akan terlihat lebih rapi dan seimbang jika kamu menyusun furnitur dalam posisi yang simetris. Kamu bisa mengatur kursi, lampu, dan pot tanaman secara simetris. Jangan lupa untuk memilih furnitur yang disesuaikan dengan ukuran ruanganmu, ya!

Biarkan cahaya masuk

Membiarkan cahaya masuk ke dalam ruanganmu akan menambah gaya sederhana pada rumah. Kamu bisa membiarkan jendelamu terbuka atau dengan tidak memasang tirai agar cahaya bisa masuk untuk menerangi ruangan. Atau jika kamu merasa terganggu dengan jendela yang dibiarkan terbuka, maka kamu dapat menambahkan tirai dengan bahan tipis agar cahaya tetap bisa masuk ke dalam rumah.

Atur posisi tirai

Selain memilih warna dan bahan, memposisikan tiang tirai merupakan hal penting yang perlu kamu perhatikan. Kamu bisa menggantungkan tirai setinggi mungkin untuk menciptakan ilusi luas dan megah. Jika kamu memiliki jendela yang kecil atau lebih rendah, kamu tidak perlu khawatir karena memasang tirai dengan ukuran yang tinggi akan menyembunyikan jendelamu.

Baca Juga :  Warna Peach Sedang Trendi! Begini Cara Padu Padannya

Manfaatkan lampu

Jika sinar matahari sulit untuk menembus rumahmu, kamu tetap bisa menerangi ruangan dengan memanfaatkan lampu sebagai sumber cahaya buatan. Selain itu, penggunaan lampu juga bisa menambah dekorasi dari rumahmu. Jangan lupa untuk meletakkan lampu dengan posisi yang tepat untuk membuat rumahmu terkesan luas dan bersih.

Tentukan pola ruangan

Pada desain rumah sederhana, biasanya orang akan cenderung memilih untuk menghilangkan pola ruangan agar terlihat luas. Namun kamu juga bisa menambahkan pola ke dalam furnitur yang ada di ruangan, baik itu pada tirai atau bantal sofa. Selain itu, kamu juga dapat menambahkan karpet bermotif yang akan menjadi titik fokus pada ruangan dan membuat ruangan terkesan lebih luas.

Inspirasi Desain Rumah Sederhana

Berikut 8 inspirasi desain rumah sederhana yang bisa kamu tiru:

Rumah dengan konsep putih minimalis

desain rumah sederhana
Foto: www.pinterest.com/Tiina Ilmavirta

Putih memang menjadi warna andalan untuk rumah minimalis. Selain memberikan kesan bersih, warna ini juga menjadi warna yang terang untuk desain rumah sederhanamu. Warna putih akan sangat cocok dipadukan dengan tekstur ataupun pola yang sudah kamu pilih, seperti menambahkan furnitur kayu pada ruangan misalnya.

Rumah dengan konsep Scandinavian

desain rumah sederhana
Foto: www.pinterest.com/Milk + Confetti

Scandinavian merupakan konsep yang paling sering ditemui pada desain rumah minimalis. Dengan desain yang sederhana dan didominasi oleh warna-warna netral seperti putih, abu-abu, hitam, dan cokelat, membuat konsep ini digemari oleh banyak orang. Meski terlihat sederhana, rumahmu akan tetap terkesan stylish dengan menerapkan konsep ini. 

Rumah dengan konsep split level

desain rumah sederhana
Foto: www.pinterest.com

Split level merupakan desain yang paling cocok digunakan ketika kamu ingin menambahkan ruang di dalam rumah tanpa perlu memperluas lahan. Desain rumah ini menjadi populer sejak tahun 1970-an di Amerika Serikat. Meski begitu, konstruksi rumah dengan desain split level akan lebih rumit dibandingkan dengan rumah pada umumnya. 

Baca Juga :  12 Tanaman Bonsai Unik yang Akan Mempercantik Rumahmu

Rumah dengan konsep bohemian

desain rumah sederhana
Foto: www.pinterest.com

Didominasi dengan warna-warna yang lembut seperti putih dan krem, akan sangat cocok untuk desain rumah sederhana. Nuansa bohemian ini akan membuat ruanganmu terkesan hangat dan penuh cinta. Jangan lupa untuk menambahkan tekstur kayu pada ruanganmu untuk membuat nuansa bohemian semakin hidup. 

Rumah dengan konsep futuristik

Foto: www.pinterest.com

Desain rumah futuristik memiliki ciri khas model kotak yang memiliki lengkungan. Selain itu, rumah ini juga tidak memiliki dekorasi atau ornamen penghias yang terlihat dari luar. Untuk membuat rumah ini menjadi menarik, kamu perlu memanfaatkan pilihan warna sebagai aksen dari rumah futuristik.

Rumah dengan konsep terbuka

Foto: www.pinterest.com

Tak hanya rumah mewah, desain rumah sederhana juga misa menggunakan konsep terbuka. Hal ini akan membuat ruangan terkesan lebih terang dan luas. Kamu bisa menerapkannya dengan menggunakan jendela atau pintu kaca yang transparan sehingga cahaya akan mudah menerangi ruanganmu. 

Rumah dengan konsep monokrom

Foto: www.pinterest.com/victoriatornegren.se

Untuk membuat rumahmu terlihat modern, kamu bisa mengandalkan dua warna yakni hitam dan putih sebagai warna dasar dari rumahmu. Kedua warna ini akan membuat eksterior serta interior rumah terlihat menarik meski memiliki bangunan yang sederhana.

Rumah dengan konsep pekarangan

Foto: www.pinterest.com

Kamu bisa menambahkan pekarangan yang akan membuat rumahmu menjadi lebih sejuk dan asri. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan lampu hangat yang akan membuat rumahmu semakin cozy. Pilihlah lampu berwarna kuning kemudian kamu bisa mencat tembok luar dengan warna krem atau putih.

Selanjutnya: 5 Tanaman Hias Rumah Ini Mustahil Mati