Ini 9 Makanan Internasional Yang Mudah Untuk Dibuat Sendiri

daftar makanan internasional yang mudah dibuat
Foto: www.freepik.com
Terakhir diperbarui:

Karena terhalang pandemi, mungkin kita rindu untuk menikmati hidangan khas dari luar. Namun jangan khawatir karena ada banyak makanan internasional yang mudah dibuat sendiri di rumah.

Tertarik untuk mencobanya? Ini sembilan makanan internasional yang mudah dibuat dan disesuaikan dengan selera serta keinginan.

Kebab

daftar makanan internasional yang mudah dibuat
Foto: www.pinterest.com/Greatist

Makanan internasional yang satu ini berasal dari negara Timur Tengah, yakni Turki.

Awalnya kebab terbuat dari bahan dasar daging goreng. Namun lama-kelamaan makanan ini mengalami berbagai modifikasi hingga akhirnya berbentuk seperti sekarang, yakni daging panggang atau daging bakar.

Untuk cara membuatnya, kamu hanya perlu menyiapkan roti kebab atau satu lembar tortilla panggang, kemudian gunakan irisan daging sapi tipis yang telah matang sebagai isiannya.

Jangan lupa untuk menambahkan bawang bombay, selada, timun, tomat, serta saus tomat dan saus sambal di atas sayuran.

Langkah terakhir, kamu bisa menggulung roti kebab tersebut hingga bentuknya menjadi padat. Lalu sajikan dengan minuman segar.

Lasagna

daftar makanan internasional yang mudah dibuat
Foto: www.pinterest.com/Ruralea

Rekomendasi makanan internasional yang mudah dibuat selanjutnya adalah lasagna. Hidangan khas Italia ini menjadi salah satu sajian klasik paling enak yang terbuat dari olahan pasta.

Kamu bisa menyiapkan lembaran lasagna yang direbus terlebih dahulu. Selanjutnya, buatlah saus merah dengan menuangkan minyak goreng secukupnya, kemudian tumis bawang bombai, bawang merah, dan bawang putih.

Lalu masukkan daging sapi giling dan tumis sampai daging menjadi matang. Tak lupa untuk memasukkan saus Bolognese spaghetti. 

Langkah berikutnya adalah memasak saus béchamel dengan memanaskan susu, tepung terigu, keju cheddar parut, garam, lada, dan oregano, kemudian aduk hingga kental. Jika sudah mendidih dan kental, lalu sisihkan saus tersebut.

Tahap terakhir adalah menyusun lasagna dengan menyiapkan loyang panjang. Pada lapisan pertama masukkan saus merah daging dengan menutupi permukaan loyang.

Kemudian taruh satu lembar pasta lasagna di atasnya, kemudian pada lapisan berikutnya tambahkan saus béchamel.

Kamu bisa menyusunnya dengan tahapan yang sama hingga bagian atas loyang. Setelah itu panggang lasagna dalam oven dengan suhu 180 derajat Celcius selama 30-45 menit.

Hamburger

Hamburger 1 | | Ini 9 Makanan Internasional Yang Mudah Untuk Dibuat Sendiri
Foto: www.pinterest.com/Bianca Zapatka

Meski banyak restoran cepat saji yang menyediakan menu hamburger, namun kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Caranya pun cukup mudah karena kamu hanya perlu menyiapkan dua potong roti berbentuk bundar.

Kemudian, pilihlah isian yang akan ditambahkan ke dalamnya. Biasanya isian yang populer adalah daging, selada, keju, tomat, serta bawang bombay.

Karena hamburger termasuk ke dalam makanan yang bergizi, maka tak jarang beberapa negara di Eropa menjadikan hidangan ini sebagai menu sarapan dan makan siang.

Jangan lupa untuk menambahkan saus tomat, saus cabai, atau mayones, agar rasa hamburger menjadi semakin nikmat.

Hot Dog

Hot Dog 1 | | Ini 9 Makanan Internasional Yang Mudah Untuk Dibuat Sendiri
Foto: www.pinterest.com/Dini The Flavor Bender | Recipe Developer + Food Blogger

Hampir serupa dengan hamburger, namun makanan khas Amerika Serikat ini biasanya terbuat dari roti yang berbentuk panjang. Kemudian isiannya berupa sosis bakar atau panggang, salada, keju, bawang, potongan kubis, dan mayones di atasnya.

Karena bahan-bahannya yang gampang ditemukan di pasaran, maka makanan internasional ini bisa kamu sajikan secara praktis.

Sushi

Sushi 1 | | Ini 9 Makanan Internasional Yang Mudah Untuk Dibuat Sendiri
Foto: www.pinterest.com/Kalefornia Kravings

Daftar makanan internasional yang mudah dibuat selanjutnya adalah sushi. Kuliner khas Jepang ini terdiri dari olahan nasi yang memiliki tekstur lembut dengan rasa yang lezat.

Biasanya, ada perbedaan nasi yang digunakan pada sushi dengan yang biasa kita nikmati sehari-hari. Selain menggunakan beras khusus, kamu juga bisa mencampurkan cuka beras, garam, dan gula ketika akan menanak nasi.

Jangan lupa untuk menyiapkan selembar nori, kemudian tambahkan nasi yang telah matang, dan ratakan dengan baik. Setelah itu, letakkan isian yang akan digunakan, baik itu salmon, sayuran, atau lainnya sesuai dengan selera.

Kemudian gulung nasi tersebut hingga menjadi padat. Agar mudah untuk dinikmati, maka potong jadi delapan bagian. Dan tak lupa untuk menambahkan kecap asin, bubuk cabai, atau saus lainnya yang menjadi favoritmu.

Dim Sum

daftar makanan internasional yang mudah dibuat
Foto: www.pinterest.com/thespruceeats.com

Makanan andalan asal Hong Kong ini juga sangat mudah untuk kamu buat sendiri di rumah. Kamu hanya perlu menyiapkan adonan tepung beras, atau supaya lebih praktis cukup gunakan kulit pangsit.

Hal yang pertama kali perlu kamu lakukan adalah menghaluskan bawang merah dan bawang putih, kemudian mencampurkannya bersama daging ayam cincang. Selanjutnya, tambahkan parutan wortel ke dalam adonan daging tersebut.

Lalu, ambil selembar kulit pangsit, olesi dengan minyak, dan isi dengan campuran daging. Jangan lupa untuk melipat bagian ujung dari kulit pangsit tersebut.

Langkah terakhir, kamu tinggal mengukus dim sum sampai matang. Kemudian siapkan saus pendamping untuk membuatnya terasa lebih lezat.

French Toast

French Toast 1 | | Ini 9 Makanan Internasional Yang Mudah Untuk Dibuat Sendiri
Foto: www.pinterest.com/Tina | The Worktop

Jika pagi hari kamu sering menyantap roti sebagai menu sarapan, maka cobalah untuk membuatnya terlihat lebih beda dengan menyajikan french toast.

Walau namanya roti bakar Perancis, namun makanan kontinental yang satu ini juga banyak ditemukan di belahan dunia lainnya.

Apalagi mengingat bahwa ini merupakan salah satu makanan internasional yang mudah dibuat, sehingga pastinya digemari oleh banyak orang.

Untuk membuatnya, kamu bisa mencampurkan susu cair dan telur ke dalam sebuah wadah, dan rendam roti pada adonan tersebut.

Selanjutnya, panaskan wajan dan lelehkan mentega di atasnya. Lalu panggang roti hingga berwarna kecokelatan pada kedua sisinya.

Tak lupa, tambahkan lembaran keju di atas roti dan tutup dengan lembaran roti panggang lainnya. Kamu bisa menyajikan hidangan ini dengan menambahkan saus sesuai dengan selera.

Aglio Olio Pasta

daftar makanan internasional yang mudah dibuat
Foto: www.pinterest.com/Aberdeen’s Kitchen

Pecinta spaghetti rasanya sudah tidak asing lagi dengan hidangan yang satu ini, sebab aglio olio pasta merupakan makanan yang memilik cita rasa tinggi. Beruntungnya, hidangan tersebut bisa dengan mudah kamu buat sendiri di rumah.

Kamu hanya perlu merebus air hingga mendidih, memasukkan ½ sendok teh garam dan satu sendok makan minyak ke dalamnya. Setelahnya, tambahkan spaghetti dan masak hingga matang, jangan lupa untuk meniriskannya.

Kemudian, tuangkan minyak zaitun dan tumis bawang putih hingga aromanya berubah menjad harum. Lalu masukkan daun peterseli, lada bubur, merica, dan garam secukupnya.

Jika sudah matang, kamu bisa memasukkan pasta ke dalam bumbu dan aduk hingga rata. Jika sudah tercampur dengan sempurna, maka spaghetti pun siap untuk dihidangkan.

Tteokbokki

Tteokbokki 3 | | Ini 9 Makanan Internasional Yang Mudah Untuk Dibuat Sendiri
Foto: www.pinterest.com/Christie at Home Recipes

Bagi pecinta drama Korea, pastinya sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini, yup tteokbokki. Tak perlu pergi langsung ke Korea untuk mencicipinya, karena kamu bisa membuatnya sendiri di rumah.

Caranya adalah dengan mencampurkan tepung beras, tepung tapioka, garam, dan air, dan aduk sampai rata. Kemudian masak di atas api kecil hingga adonan menjadi kalis.

Setelah itu, dinginkan adonan dan masukkan minyak goreng, lalu uleni serta bentuk adonan menyerupai sosis. Kemudian, letakkan adonan tersebut rebusan air yang mendidih, dan tunggu hingga mengambang.

Jika sudah, maka selanjutnya tumis bawang bombay sampai harum, masukkan bumbu cabai khas Korea dan air secukupnya, lalu aduk hingga rata. Kemudian masukkan irisan kue beras yang telah dingin.

Ketika semuanya sudah tercampur dengan rata dan mendidih, maka tambahkan larutan maizena dan daun bawang di atasnya. Tteokbokki pun bisa segera kamu nikmati.

error: Konten dilindungi !!