Daftar Binge Watch Minggu Ini: 12 Film Pandemik Terbaik

film pandemik
Foto: www.istockphoto.com

Percaya atau tidak: beberapa bulan belakangan film tentang pandemik semakin banyak ditonton orang. Begitu pun dengan games. Apa yang sebenarnya terjadi? Bukannya seharusnya film-film seperti ini kita jauhi? Menurut seorang psikolog hal ini terjadi karena kita ingin merasa punya kendali dalam situasi tidak menentu sekarang ini dan percaya bahwa jika virus super mematikan seperti di film bisa dikalahkan, COVID-19 pun bisa ditaklukkan. Menonton film pandemik ini membuatmu lebih baik dan memiliki pengharapan—sama seperti mendengarkan lagu Adele ketika baru putus cinta. Alrite, berikut adalah 12 film tentang pandemik yang bisa menghibur saat social distancing sudah membuatmu mati gaya.

Previous
Next

Outbreak (1995)

film pandemik
Foto: www.imdb.com

Tanya temanmu yang pecinta berat film pandemik, kemungkinan besar yang satu ini ada di dalam daftar mereka. Film ini memiliki segalanya: aktor yang hebat (Dustin Hoffman, Rene Russo, and Morgan Freeman, dll), kejayaan era 90an, dan intrik dunia medis. 

Film ini berdasarkan sebuah buku non-fiksi berjudul The Hot Zone. Outbreak bercerita tentang virus yang mirip Ebola yang pindah dari hewan ke manusia dan mengancam keberadaan peradaban. Film ini fokus pada usaha para dokter untuk mengobati virus sebelum terlambat. Adegan mengerikan di sebuah bioskop akan membuatmu bersyukur bahwa kamu menonton film ini dari sofa dan di dalam rumah.

Tonton di: Amazon Prime Video

Virus (2019)

film pandemik
Foto: www.imdb.com

Film ini berdasarkan kisah nyata tentang wabah virus Nipah yang terjadi pada 2018 di India. Diperkirakan penyakit ini membunuh paling tidak 75 persen mereka yang terinfeksi.

Film ini fokus pada usaha sebuah komunitas kecil di Kerala dalam mencegah virus ini menyebar. Meski memang tema ini sama sekali bukan tema yang membuat bahagia, tetapi Virus memperlihatkan betapa pentingnya kerja keras para tenaga media dalam mengendalikan krisis pandemik. Alhasil, lagi-lagi kita akan mengucapkan terima kasih dan kagum kepada mereka yang berada di garis terdepan pandemik coronavirus.

Tonton di: Amazon Prime Video

Contagion (2011)

film pandemik
Foto: www.imdb.com

Secara logis dan otomatis, film ini pastinya masuk ke dalam daftar film pandemik terbaik. Apalagi, fakta bahwa Gwyneth Paltrow meninggal dengan tragis di awal film. Steven Soderbergh, sang sutradara, sepertinya memiliki nyari super besar karena berani membunuh Paltrow bahkan sebelum kita tahu plot film ini! Adegan tersebut juga sepertinya ingin memberitahu kita bahwa film ini tidak main-main. 

Untuk membuat film ini, Scott Z. Burns (penulis skenario) berkonsultasi dengan perwakilan WHO sehingga yes… penggambaran setiap adegan sangat akurat. Terutama menggambarkan bagaimana pandemik bisa merusak manusia dan peradaban. Film ini wajib ditonton karena semua hal di atas, plus aktor-aktor yang mendukung: Matt Damon, Marion Cotillard, Jude Law, Laurence Fishburne, dan Bryan Cranston.

Tonton di: Google Play

World War Z (2013)

film pandemik
Foto: www.imdb.com

Film ini memang diadaptasi dari novel World War Z yang ditulis oleh Max Brooks—tapi harus diingat, keduanya sangat berbeda. Jika kamu lebih menyukai cerita dengan protagonis dari berbagai belahan dunia, silakan baca bukunya. Namun apabila kamu penggemar berat Brad Pitt yang berakting layaknya seorangBrad Pitt, silakan sisihkan dua jam menonton film ini. 

Salah satu hal yang membuat film ini istimewa adalah penggambaran zombie. Jika di film lain, zombie digambarkan sebagai mahluk lambat dan seperti orang mabuk, lain ceritanya di sini. Di World War Z mereka adalah mahluk tercepat, sadis dan paling mengerikan di planet ini. Yap, dua jam yang kamu habiskan untuk menonton film ini akan terasa super intens. 

Tonton di: Netflix

The Bay (2012)

Foto: www.imdb.com

Dua orang peneliti menemukan kadar racun mematikan di air di sebuah kota bernama Claridge. Ketika mereka mencoba memperingati walikota tempat tersebut, (seperti bisa diprediksi) pejabat tersebut menolak mengambil tindakan. Alhasil, wabah mematikan menyerang kota tersebut dan mengubah manusia tubu dari dari parasit yang bermutasi bernamaCymothoa exigua.

Kekacauan dan kepanikan pun terjadi saat mahluk ini mulai menginfeksi setiap manusia yang ada di tempat tersebut.

Tonton di: Amazon Prime Video

28 Days Later (2003)

Foto: www.imdb.com

Ketika film ini tayang pertama kali, penulis dan sutradara Danny Boyle berhasil mengubah genre zombie selamanya.

Sebuah virus mewabah di seluruh inggris dan mengubah manusia menjadi mahluk haus darah yang super sadis. Sejumlah orang yang selamat berusaha keluar dari kondisi mengerikan ini—tapi tidak ada satu pun orang yang bisa dipercaya di antara mereka. Akibatnya, manusia menjadi lebih mengerikan daripada zombie. Jangan lupa menonton sekuelnya, 28 Weeks Later (2007) jika kamu masih merasa haus.

Tonton di: Amazon Prime Video

Deranged (2012)

Foto: www.imdb.com

Parasit yang menginfeksi manusia di film ini, membuat mereka ingin menenggelamkan diri mereka sendiri. Plotnya baru terbilang baru, ya? Dan ketika keluarga dari seorang mantan profesor ikut terinfeksi, dia harus melakukan segala cara untuk menemukan obat virus ini dan menyelamatkan keluarganya.

Deranged dibintangi oleh Kim Myung-min (Detective K) dan Lee Ha-nui dan merupakan medicall thriller bertema epidemik menular pertama yang diproduksi Korea Selatan.

Tonton di: Amazon Prime Video dan Viu

Train to Busan (2016)

Foto: www.imdb.com

Train to Busan merupakan salah satu film wabah, film zombie, film laga dan film kereta api terbaik yang pernah dibuat. Seorang pengusaha dan anak perempuannya berada di sebuah kereta api menuju ke Busan saat epidemik mulai melanda Korea Selatan. Meski kereta sepertinya tempat yang lumayan aman dibandingkan dengan dunia luar, segalanya berubah menjadi mengerikan saat para penumpang terinfeksi.

Meski pandemik coronavirus sangat jauh berbeda dengan pandemik fiksi di film ini, tapi ada sedikit unsur kesamaan yang membuatmu tidak berhenti menontonnya. Pokoknya, film ini menakutkan, menghiburkan dan tragis.

Tonton di: Amazon Prime Video dan Viu

Pandemic: How to Prevent an Outbreak (2020)

Foto: www.imdb.com

Oke, Pandemic: How to Prevent an Outbreak adalah sebuah seri produksi Netflix. Akan tetapi, tayangan ini adalah salah satu yang paling tepat ditonton saat ini dan memang wajib berada di Wish List kamu.

Terdiri dari enam episode, setiap episode memperlihatkan aspek-aspek yang berbeda saat manusia dihadapkan dengan penyakit menular. Satu kesamaannya adalah bagaimana mereka yang berada di garis terdepan berjuang keras untuk melindungi umat manusia. Jika seri ini ini makin membuatmu makin penasaran tentang pandemik, tahun sebelumnya Netflix merilis Explained: The Next Pandemic.

Tonton di: Netflix

It Comes at Night (2017)

Foto: www.imdb.com

Ada film yang berhasil membuat imaginasi kita bekerja maksimal—dan film ini adalah salah satu film yang sukses melakukannya. Tidak hanya itu, film ini juga super tegang dan menakutkan.

It Comes at Night adalah tentang sebuah keluarga yang mengisolasi diri di dalam sebuah kabin kecil untuk menghindari wabah misterius yang melanda dunia. Seperti yang diprediksi, situasi menjadi tidak bisa dikendalikan ketika sejumlah orang lain meminta pertolongan mereka. Dan pastinya, membuatmu paranoid. Namun, berkat Joel Edgerton lengkap dengan janggutnya yang berusaha menyelamatkan keluarganya, film ini menjadi sedikit menyenangkan.

Tonton di: Amazon Prime Video

Cargo (2017)

film pandemik
Foto: www.imdb.com

Banyak film tentang virus dan pandemik fokus pada karakter-karakter yang berjuang agar tidak terinfeksi. Namun, Cargo menyuguhkan formula yang berbeda.

Andy (Martin Freeman) adalah seorang ayah yang khawatir dan mencoba mencari tempat aman untuk putrinya. Pasalnya, pelan-pelan dia berubah menjadi zombie. Dengan hanya tersedia 48 jam, Andy harus menemukan cara untuk menyelamatkan anak perempuannya. Selain rasa tegang dan takut, kamu juga akhirnya dipaksa berdoa untuk seorang zombie.

Tonton di: Netflix

The Host (2006)

film pandemik
Foto: www.imdb.com

Sebelum Bong Joon-ho menorehkan sejarah pada 2020—menjadi orang Korea Selatan pertama yang memenangkan Oscar dengan film Parasite-nya—dia membuat film monster ini.

Film ini menceritakan bagaimana kehancuran manusia bermula ketika seroang patologis Amerika memerintahkan koleganya untuk membuang ke Sungai Han. Beberapa tahun setelahnya banyak ikan mati, dan mahluk amfibi raksasa muncul dari dalam air, menyerang warga lokal dan menculik seorang gadis bernama Hyun-seo. Saat militer datang untuk mengkarantina area tersebut, mereka menemukan bahwa tidak hanya mahluk tersebut yang berbahaya, tapi juga virus yang dibawanya.

Tonton di: Netflix

Selanjutnya: Ini daftar 10 seri Netflix yang wajib kamu binge watch minggu ini.