Wajib Diketahui: 4 Cara Cuci Sepatu Sesuai Bahannya

cuci sepatu
Foto: www.freepik.com

Kapan terakhir kali kamu cuci sepatu? Cobalah lihat seluruh alas kaki yang dijejerkan pada rak sepatumu, mungkin banyak sepatu yang berubah warnanya karena terkena noda atau debu. Untuk itu, sepertinya sekarang adalah waktu yang tepat mencuci seluruh sepatu tersebut.

Namun, bagaimana cara cuci sepatu yang benar? Untuk menemukan jawabannya, maka kamu perlu tetap berada di laman ini dan membaca artikelnya sampai habis. 

Cara Cuci Sepatu Berdasarkan Bahan

cuci sepatu
Foto: www.unsplash.com

Terdapat beragam jenis bahan yang digunakan untuk membuat sepatu, dan setiap jenis ini membutuhkan perawatan yang berbeda-beda. 

Membersihkan sepatu kain yang kotor

Kain menjadi salah satu bahan sepatu yang paling nyaman untuk digunakan. Akan tetapi bahan ini juga mudah terkena noda, debu, atau kotoran, sehingga kebanyakan orang kesulitan untuk membersihkannya. Tak jarang, terdapat beberapa orang yang terlanjur malas untuk menghilangkan noda tersebut, sehingga menggunakan mesin cuci yang tentunya dianggap lebih praktis.

Padahal, itu merupakan ide yang buruk karena hampir semua sepatu berbahan kain dirangkai dengan lem yang tidak tahan terhadap air. Lantas, bagaimana cara yang tepat untuk mencuci alas kaki dengan bahan kanvas?

Caranya cukup mudah, kamu bisa membersihkan permukaan sepatu dengan tangan. Yup, dilakukan sendiri di rumah dengan menggunakan deterjen, air hangat, sikat gigi bekas, dan tisu handuk. Semua bahan-bahan ini tentunya bisa kamu dapatkan dengan mudah.

Berikut caranya:

  • Langkah pertama, usap kotoran yang ada pada permukaan kain dengan menggunakan tisu handuk.
  • Kemudian, siapkan satu sendok teh deterjen dan campurkan dua cangkir air hangat ke dalam mangkuk.
  • Celupkan sikat gigi bekas ke dalam larutan sabun, lalu gosokkan secara lembut ke area kain yang terkena noda.
  • Lakukan secara perlahan dan usahakan jangan terlalu basah.
  • Untuk menghilangkan sisa sabun, kamu bisa menyeka seluruh permukaan sepatu dengan menggunakan tisu dapur yang telah dibasahi air.
  • Biarkan sepatu mengering dengan sendirinya.
Baca Juga :  13 Cara Terbaik Padu Padan Celana Kulot Wanita

Untuk mempertahankan bentuk dari sepatu, kamu bisa memasukkan tisu kering ke dalam area jari kaki atau tumit hingga alas kakimu benar-benar menjadi kering.

Sepatu kulit yang mudah dibersihkan

Hingga saat ini, sepatu berbahan dasar kulit memang masih digemari oleh banyak orang. Tidak hanya membuatmu tampil elegan, namun alas kaki ini juga dapat menunjang penampilanmu menjadi lebih stylish. Selain itu, kulit merupakan salah satu bahan yang lebih mudah untuk dibersihkan karena tidak mudah menyerap air.

Untuk itu, terdapat cara mudah untuk membasmi noda yang menempel pada sepatu ini. Kamu bisa memulainya dengan menyeka permukaan kulit, dengan kain yang dicelupkan ke dalam larutan air dingin yang dicampur dengan cuka putih. Bahan ini dapat bekerja dengan efektif untuk menghilangkan noda.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan magic eraser atau spons khusus yang diformulasikan untuk mengangkat noda dan kotoran pada sepatu. Kemudian, biarkan sepatu mengering dengan sendirinya.

Jika kamu ingin menghilangkan goresan atau lecet pada sepatu kulit asli, maka jangan ragu untuk menggunakan semir sepatu. Meski tidak memiliki semir yang cocok, maka jangan khawatir, karena kamu tetap bisa membersihkannya dengan menggunakan kain lembut yang telah dibasahi oleh air dan soda kue. Lalu, gosok area yang terdapat goresan dengan lembut, kemudian bersihkan reside dengan kain bersih.

Sementara, jika lecet yang terjadi pada sepatu kulit imitasi, maka hal ini dapat jauh lebih mudah untuk dihilangkan. Karena kamu hanya memerlukan kain lembut yang telah diolesi petroleum jelly, lalu menggosoknya secara perlahan.

Mencuci sepatu suede yang terkena noda

Salah satu cara agar penampilanmu terlihat modis dan mewah adalah dengan menggunakan barang yang berbahan suede, dan salah satu item yang bisa kamu pilih adalah sepatu. Akan tetapi, bahan yang satu ini memiliki daya serap yang tinggi, sehingga menjadi material yang cukup sulit untuk dibersihkan.

Baca Juga :  12 Rekomendasi Sepatu Lari Terbaik untuk Wanita

Untuk itu, disarankan untuk menghindari segala hal yang bisa membuat sepatumu terkena noda. Namun, bagaimana jika terlanjur kotor?

Jawabannya adalah bersihkan noda secepat mungkin. Tentu saja caranya sedikit rumit dan bisa menghabiskan banyak waktu. Namun kamu tak perlu resah, cukup membuka kotak alat tulis dan pilih penghapus pensil dan gosokkan secara perlahan pada area noda yang goresan.

Sementara itu, jika alas kakimu terkena noda berminyak maka cobalah untuk menaburi area dengan bedak bayi atau tepung maizena. Biarkan bahan tersebut menempel selama satu jam, lalu mulai bersihkan dengan hati-hati.

Jika sepatu berbahan lembut ini terkena noda yang basah, cukup seka dengan tisu handuk atau kain yang dapat menyerap kelembapan. Biarkan mengering dengan sendirinya tanpa menjemurnya di bawah sinar matahari langsung.

Sering kali, sepatu boots berbahan kulit domba memiliki bagian dalam yang lebih kotor dibandingkan bagian luar.

Untuk mencegah alas kaki dari jamur dan bau yang tidak sedap, kamu bisa membersihkan bagian dalam sepatu dengan kain yang dicelupkan ke dalam larutan pembersih serbaguna (lysol) dan air. Biarkan mengering selama 24 jam sebelum kamu gunakan.

Cuci sepatu olahraga dengan praktis

Sneakers atau sepatu atletik yang digunakan untuk berolahraga umumnya memiliki sol fleksibel yang terbuat dari karet dan bahan atasnya terbuat dari kain atau kulit sentetis. Cara praktis membersihkannya adalah dengan memasukkan ke dalam mesin cuci, dengan catatan bahwa kamu telah melepas sol bagian dalam beserta talinya.

Namun sebelum itu, wajib hukumnya untuk menghilangkan kotoran atau noda yang menempel terlebih dahulu, dengan mengusap secara perlahan noda tersebut menggunakan kain lap yang dicelupkan ke dalam campuran air hangat dan mild detergen.

Kemudian, jika ingin membersihkan secara manual, maka gunakan sikat gigi berbulu lembut yang dicelupkan ke dalam campuran air hangat dan deterjen. Lalu, sikat secara perlahan pada bagian yang kotor.

Baca Juga :  Wajib Diketahui: 10 Jenis Sepatu Heels yang Cocok Dipakai ke Pesta atau Kantor

Lalu, keringkan sepatu dengan menempatkannya di area yang terkena angin. Perlu diingat bahwa jangan pernah menjemur sepatu di tempat yang terena cahaya matahari secara langsung.

Jangan Melupakan Bagian Sol

Foto: www.rawpixel.com

Tidak hanya sisi luar, bagian dalam sepatu juga perlu dibersihkan. Karena, area ini akan langsung mengenai kaki kita. Selain itu, mencuci bagian dalam juga akan mencegah jamur dan bau yang tidak sedap, untuk itu perlu dijaga higienitasnya.

Meski menjadi langkah yang sulit, namun kamu dapat dengan mudah mencari bahan-bahan yang diperlukan untuk membersihkannya, seeperti air hangat, deterjen lembut, sikat halus, dan lap lembut.

Mulailah dengan merendam sikat ke dalam air hangat yang telah dicampur dengan deterjen lembut, kemudian sikat secara perlahan bagian dalam sepatu. Sementara untuk menjangkau area yang sulit, maka kamu bisa menggunakan sikat gigi halus.

Lalu, untuk menghilangkan sisa deterjen, maka kamu dapat mengusapnya dengan kain lembut yang telah diperas sebelumnya.

Cuci Sepatu Hingga Bagian Tali

Foto: www.pexels.com

Untuk mencuci bagian tali sepatu, tentunya hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah melepaskannya dari sepatu. Kemudian basahi tali sepatu dengan air mengalir, lalu bersihkan noda dengan deterjen dengan menggunakan tangan atau sikat gigi.

Setelah itu, larutkan deterjen ke dalam air dan rendam tali sepatu selama satu menit. Langkah terakhir adalah membilas tali kemudian menggantungkannya hingga kering.