Harus Dibaca, Ini 8 Rekomendasi Novel Indonesia dengan Cerita Penuh Konflik

cerita yang melibatkan konflik
Foto: Istimewa
Terakhir diperbarui:

Setiap cerita yang melibatkan konflik, mendapat tempat tersendiri di hati pembaca. Konflik diibaratkan seperti bumbu masakan yang jika tidak ada bumbu, maka masakan tersebut terasa kurang sedap.

Begitupun dengan cerita fiksi yang membutuhkan konflik agar membuat novel tersebut lebih menarik. Berikut rekomendasi cerita yang melibatkan konflik menarik.

Jenis-jenis Konflik Cerita Fiksi

jenis jenis konflik cerita fiksi | | Harus Dibaca, Ini 8 Rekomendasi Novel Indonesia dengan Cerita Penuh Konflik
Foto: www.unsplash.com

Perlu diketahui bahwa ada berbagai jenis konflik dalam novel, yaitu :

  • Individu dengan dirinya sendiri. Jenis konflik satu ini akan melihat bagaimana tokoh utama harus berhadapan dengan dirinya sendiri, seperti memilih satu atau banyak pilihan. Hal ini juga akan membuat pembaca mengetahui bagaimana perasaan tokoh terhadap suatu peristiwa.
  • Individu dengan individu lain. Sering kali menemukan adanya pertentangan antara satu individu dengan individu lain, baik itu dari dialog maupun adegan yang disajikan.
  • Individu dengan masyarakat. Jenis konflik ini akan membuat pembaca ikut merasakan ketegangan ketika tokoh dalam cerita fiksi harus berhadapan dengan masyarakat dikarenakan adanya suatu permasalahan.
  • Individu dengan alam. Jenis konflik ini akan menarik perhatian pembaca karena tokoh berhadapan dengan alam, seperti kondisi cuaca, wabah penyakit, bencana alam, maupun aksi petualangan yang menyenangkan.
  • Manusia dengan Tuhan. Tidak jarang menemukan tokoh utama bertanya-tanya tentang kepercayaannya kepada Tuhan, seperti meragukan keberadaan Tuhan, sehingga tokoh tersebut kehilangan arah.

Rekomendasi Cerita yang Melibatkan Konflik

Dan Hujan Pun Berhenti | Farida Susanty

cerita yang melibatkan konflik
Foto: www.goodreads.com

Cerita yang melibatkan konflik ini berpusat pada tokoh bernama Leo, yang memiliki kehidupan masa lalu yang kelam. Kehidupannya itu menciptakan keinginan untuk mengakhiri hidupnya

Dia hidup di keluarga yang kaya, namun sudah berantakan. Ia sudah tidak peduli lagi pada apa pun hingga memutuskan untuk kabur dari rumah.

Di sekolah, Leo memiliki empat teman yang sebenarnya ia tidak begitu memercayai mereka. ia selalu merasa bahwa ia akan ditusuk dari belakang.

Pada suatu saat, Leo bertemu dengan seorang gadis yang sedang memperbaiki boneka hujan atau Teru-Teru Bozu. Gadis itu berkata kepada Leo bahwa akan melakukan bunuh diri.

Revered Back | Inggrid Sonya

Revered Back Inggrid Sonya | | Harus Dibaca, Ini 8 Rekomendasi Novel Indonesia dengan Cerita Penuh Konflik
Foto: www.ebooks.gramedia.com

Cerita yang melibatkan konflik ini mengisahkan Jana dan Dimi yang seperti bayangan dan benda yang tidak terpisah, namun juga tidak bisa bersama. Jana melakukan berbagai cara agar Dimi melihatnya.

Pada suatu saat, seorang cowok bernama Cakra hadir dalam hidup Jana. Hal itulah yang membuat Jana mundur pada perasaannya dari Dimi. Cakra seakan menjadi pelindung yang selalu mengerti Jana, meski cowok itu memiliki hidup yang kelam.

Tujuh Hari untuk Keshia | Inggrid Sonya

cerita yang melibatkan konflik
Foto: www.ebooks.gramedia.com

Salah satu novel lain dari Inggrid Sonya adalah Tujuh Hari untuk Keshia. Novel cerita yang melibatkan konflik ini mengisahkan hubungan ayah dan anak yang selalu dipenuhi dengan pertengkaran.

Sadewa harus hidup bersama seorang gadis bernama Keshia, yang katanya adalah anaknya. Ada saja hal-hal yang membuat mereka adu mulut.

Meskipun tinggal satu atap, nyatanya mereka tidak pernah saling peduli. Bagi Keshia, Sadewa hanyalah pria berusia 36 tahun yang gemar mabuk, bermain band, atau main perempuan.

Namun, suatu peristiwa mengubah kehidupan mereka. Peristiwa tersebut membuat Sadewa mati-matian ingin memenuhi seluruh keinginan Keshia, begitupun dengan Keshia yang ingin tetap bersama ayahnya.

Tokyo dan Perayaan Kesedihan | Ruth Priscilia Angelina

Tokyo dan Perayaan Kesedihan Ruth Priscilia Angelina | | Harus Dibaca, Ini 8 Rekomendasi Novel Indonesia dengan Cerita Penuh Konflik
Foto: www.ebooks.gramedia.com

Shira kabur ke Tokyo untuk menemukan penyelesaian paling terencana dalam hidupnya. Ia membayangkan terjebak di lautan hutan bersama berbagai penyesalan untuk selama-lamanya ditenggelamkan.

Namun, di Tokyo Shira justru bertemu dengan Joshua. Dan Joshua merupakan seorang pria yang pergi ke Tokyo untuk sejenak menjadi pecundang dalam hidupnya. Dari situlah, kehidupan Shira dan Joshua dimulai.

Di Tanah Lada |  Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie

Di Tanah Lada Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie | | Harus Dibaca, Ini 8 Rekomendasi Novel Indonesia dengan Cerita Penuh Konflik
Foto: www.gramedia.com

Sebenarnya namanya Salva atau biasa dipanggil Ava, namun ayahnya justru memanggilnya Saliva atau ludah karena menganggapnya tidak berguna.

Ava dan keluarganya pindah ke rusuh setelah kakeknya meninggal. Kakeknya pernah memberinya kamus sebagai kado ulang tahun. Sejak saat itu, Ava pintar berbahasa Indonesia.

Namun, kebanyakan orang menganggap bahwa seorang anak harus pintar berbahasa Inggris.

Ketika pindah ke rusun, Ava bertemu dengan seorang cowok bernama P. Yup, nama cowok itu hanya satu huruf. Dari situlah kehidupan dengan berbagai petualangan mengejutkan terjadi dalam hidup Ava dan P.

Progresnya Berapa Persen? | Soraya Nasution

cerita yang melibatkan konflik
Foto: www.ebooks.gramedia.com

April bekerja di sebuah kantor konsultan yang bergerak di bidang konstruksi. Sudah setahun ia bekerja di sana, ia pun merasa nyaman karena minim persaingan dan fleksibel.

Namun, di sisi lain, bobot pekerjaannya yang suka membuatnya pusing, belum lagi deadline yang suka tiba-tiba.

Seorang manajer teknik bernama Dewangga Bayuzena, sering kali bertanya kepada April hingga membuat kepala wanita itu ingin pecah.

Lukacita | Valerie Patkar

cerita yang melibatkan konflik
Foto: www.goodreads.com

Novel ini bercerita tentang Javier, seorang pendiri perusahaan start up idealis, yang bertemu dengan mantan atlet catur penakut bernama Utara.

Mereka belajar untuk memaafkan keadaan ketika mereka hampir menyerah untuk memperjuangkan yang selama ini diraih.

Secangkir Kopi dan Pencakar Langit | Aqessa Aninda

Secangkir Kopi dan Pencakar Langit Aqessa Aninda | | Harus Dibaca, Ini 8 Rekomendasi Novel Indonesia dengan Cerita Penuh Konflik
Foto: www.ebooks.gramedia.com

Biasanya, ketika seorang laki-laki pertama kali bertemu dengan perempuan, pasti melihat penampilan fisik dulu sebelum inner beauty.

Namun, teori tersebut terbantahkan ketika Satrya meminta bantuan kepada Athaya, seorang IT system analyst. Dengan parasnya yang rupawan, sebenarnya Satrya bisa saja mendekati gadis cantik manapun, tetapi masalahnya hatinya justru memilih Athaya.

Sayangnya, Athaya diam-diam memendam rasa cinta terhadap Ghilman. Hal yang membuat konflik ini semakin menarik adalah ternyata Ghilman sudah mempunyai pacar.

error: Konten dilindungi !!