Agar Tidak Menyesal: Ini 12 Buku Cerita Legendaris yang Wajib Kamu Baca

cerita legendaris
Foto: Istimewa

Apa cerita legendaris yang paling kamu ingat? Mungkin sebagian orang mengingat kisah Putri Tidur dan Pinokio, namun sesungguhnya terdapat banyak kisah lain yang memiliki jalan cerita yang menarik dan memiliki pesan moral. Berikut 12 buku cerita yang terinspirasi dari kisah legendaris yang bisa kamu baca sebelum tidur.

Cinder | Marissa Meyer

cerita legendaris
Foto: www.amazon.com

Cinder saat ini harus tinggal bersama ibu tirinya, Adri, dan dua saudara tirinya yakni Pearl dan Peony. Selama hidup di bawah kekuasaan Adri, Cinder harus rela bekerja di salah satu kedai di pasar demi menghidupi keluarga tirinya.

Namun, suatu ketika, Pangeran Kai datang menghampirinya. Sejak saat itu, kehidupan Cinder pun berubah dan mulai dipenuhi dengan tantangan. Diadaptasi dari cerita legendaris Cinderella, novel ini menyajikan berbagai konflik yang modern.

The Red Pyramid | Rick Riordan

Foto: www.goodreads.com

Kisah mitologi fantasi ini menceritakan tentang dua kakak beradik, Carter dan Sadie, yang terjebak dalam sebuah peristiwa mengerikan di Museum British. Mereka berdua juga menjadi saksi hadirnya lima dewa dan dewi mesir kuno yang bangkit bersamaan dengan hancurnya batu Rosetta yang diledakkan oleh ayah mereka.

Salah satu dewa bernama Seth, yang memiliki niat untuk membangun Piramida Merah yang dapat mengancam seluruh kehidupan di dunia. Karena hal tersebut, Carter dan Sadie pun berusaha untuk mengalahkan Seth demi menyelamatkan dunia.

Cruel Beauty | Rosamund Hodge

Foto: www.goodreads.com

Sejak lahir, Nyx telah dijodohkan dengan sosok penguasa yang jahat bernama Ignifex. Hal ini terjadi karena tingkah bodoh yang dilakukan oleh sang ayah. Sepanjang hidupnya, Nyx terus-menerus membenci keluarganya karena tidak pernah berusaha untuk membantu menyelamatkannya. Selain itu, Nyx juga benci terhadap dirinya sendiri.

Namun siapa sangka, di hari ulang tahunnya yang ke-17, ia justru bersedia untuk menikah dengan Ignifex.

The Lion, the Witch, and the Wardrobe | C. S. Lewis

cerita legendaris
Foto: www.goodreads.com

Cerita legendaris ini menceritakan tentang kisah empat kakak beradik yakni Peter, Susan, Edmund, dan Lucy yang secara tidak sengaja menemukan dunia Narnia di dalam sebuah lemari besar. Mereka bertemu dengan banyak makhluk asing, mulai dari singa agung hingga penyihir putih yang ingin menguasai Narnia.

Alur cerita semakin menarik ketika salah satu dari mereka, Edmund, diculik oleh penyihir putih. Dibantu oleh penghuni Narnia, Peter, Susan, dan Lucy pun bahu-membahu untuk menyelamatkan Edmund.  

The Song of Achilles | Madeline Miller

Foto: www.goodreads.com

Patroclus merupakan putra dari Menoetius, penguasa kerajaan Opus. Memiliki tubuh yang kurus, kecil, dan tidak bisa berkelahi, membuat Patroclus diabaikan oleh sang ayah. Suatu ketika, ia tidak sengaja membunuh seorang anak bangsawan. Karena hal itu, Patroclus pun diasingkan ke kerajaan Phthia dan dihapus dari daftar ahli waris kerajaan.

Di sana, Patroclus bertemu dengan Achilles yang merupakan putra dari raja Thetis. Ia pun sadar dan merasa iri dengan kebebasan dan keramahan yang dimiliki oleh Achilles.

Alice’s Adventures in Wonderland | Lewis Carroll

cerita legendaris
Foto: www.kobo.com

Apa yang kamu lakukan ketika berada di negeri ajaib yang penuh dengan keanehan? Mungkin sebagian besar akan merasa bingung dan menangis, begitu juga yang dilakukan oleh Alice ketika tersadar bahwa ia telah berada di negeri yang dipenuhi dengan sekelompok binatang yang bisa berbicara.

Sebelum masuk ke negeri dongeng ini, Alice sedang asyik merangkai bunga. Namun, seekor kelinci putih melintas dan menyita perhatian Alice. Soalnya, kelinci tersebut dapat berbicara dengan bahasa manusia. Karena penasaran, Alice pun mengejar kelinci putih hingga secara tidak sadar terperosok jauh ke dalam lubang yang besar.

Wicked: The Life and Times of the Wicked Witch of the West | Gregory Maguire

Foto: www.goodreads.com

Gregory Maguire berhasil menciptakan dunia fantasi yang begitu kaya dan hidup. Lewat cerita legendaris ini, ia menceritakan kisah tentang negeri yang dipenuhi dengan hewan-hewan yang dapat berbicara dan ingin diperlakukan dengan baik.

Sosok Elphaba, gadis kecil yang tumbuh menjadi penyihir jahat juga ikut meramaikan jalan cerita dari novel fantasi yang satu ini. Penyihir dari Barat yang terkenal cerdas ini, sesungguhnya memiliki sifat asli yang bertolak belakang dengan apa yang ia tunjukkan di depan kebanyakan orang.  

Stardust | Neil Gaiman

cerita legendaris
Foto: www.amazon.co.uk

Dalam cerita legendaris ini, Gaiman menyajikan kisah para peri, goblin, naga, dan ribuan makhluk aneh serta penyihir jahat masih berkeliaran. Namun sayangnya, kehidupan mereka terhalang oleh sebuah Desa Tembok.

Thristran Thorn, seorang pemuda yang rela melakukan apa pun untuk mendapatkan hati sang gadis desa bernama Victoria. Bahkan, ia rela memasuki sebuah negeri yang tidak pernah tersentuh manusia untuk mengejar bintang jatuh yang menjadi sebuah syarat dari Victoria untuk menerima cintanya.

The Goose Girl | Shannon Hale

Foto: www.goodreads.com

Anidori, Putri Mahkota Kildenree harus terlahir dengan mata terpejam selama tiga hari. Namun, sewaktu ditimang oleh sang bibi yang menceritakan dongeng-dongeng menakjubkan, Ani pun membuka lebar matanya. Tidak berhenti sampai di situ, Putri Mahkota ini juga memiliki bakat yang misterius, yakni dapat menguasai bahasa angsa dan burung.

Namun sayangnya, bakat yang ia miliki justru membuat Ani dikucilkan dan dikurung di dalam sangkar emas istana. Mahkota yang ia miliki pun dirampas, dan Ani dipaksa untuk menikah dengan pangeran negeri Bayern. 

Ella Enchanted | Gail Carson Levine

cerita legendaris
Foto: www.goodreads.com

Keinginan Ella saat ini hanyalah bertemu dengan seorang peri bernama Lucida dan menuntutnya untuk membatalkan kutukan yang selama ini ada di tubuh Ella. Pasalnya, sejak kecil Ella telah dikutuk memiliki sifat patuh. Karena hal tersebut, Ella sangat lelah dan ingin kabur dari kediaman ibu tirinya.

Ketika melakukan perjalanan melarikan diri, Elle tidak sengaja bertemu dengan raksasa. Ia juga berteman dengan elf dan mulai merasa jatuh cinta dengan seorang pangeran.

Uprooted | Naomi Novik

Foto: www.goodreads.com

Agnieszka, tinggal di sebuah desa kecil yang dikelilingi oleh hutan yang bernama Wood. Sepanjang hidupnya, ia mengetahui bahwa Wood memiliki misteri yang jahat dan gelap. Untungnya, desa mereka memiliki seorang penyihir bernama Dragon yang memiliki tugas untuk melindungi desa dari pengaruh Wood.

Setiap sepuluh tahun sekali, Dragon akan mengambil salah satu gadis remaja untuk melayaninya. Setelah selesai, para gadis biasanya tidak mau kembali ke desa. Menariknya, di tahun ini Agnieszka yang terpilih untuk membantu Dragon.

Tiger Lily | Jodi Lynn Anderson

cerita legendaris
Foto: www.goodreads.com

Di usia yang ke-15 tahun, Tiger Lily tidak pernah percaya pada kisah cinta dengan akhir yang bahagia, Namun semua itu menjadi tidak ada artinya ketika ia terpikat dengan sosok Peter Pan. Laki-laki ini merupakan pemimpin dari Lost Boys, penghuni Neverland yang paling menakutkan.

Seolah tidak memerdulikan hal tersebut, Lily justru berusaha untuk mempertaruhkan segala-galanya untuk bisa bersama dengan Peter Pan, mulai dari keluarganya hingga masa depannya.