Sulit Tidur? 11 Buku Cerita Dongeng Ini Cocok untuk Menemanimu Sebelum Tidur

cerita dongeng
Foto: Istimewa

Cerita dongeng merupakan cerita fiktif yang sering digunakan untuk membantu anak-anak untuk berimajinasi. Biasanya dongeng merupakan cerita turun temurun dari nenek moyang yang dibuat seakan-akan seperti kejadian sungguhan. 

Selain dapat menumbuhkan minat baca, membaca buku dongeng juga dapat meningkatkan pengetahuan dan daya ingat, sehingga dapat melatih kreativitasmu. Berikut 11 rekomendasi buku cerita dongeng yang dapat kamu baca sebelum tidur. 

How the King of Elfhame Learned to Hate Stories | Holly Black

Foto: www.goodreads.com

Suatu ketika ada seorang anak laki-laki memiliki lidah yang jahat. Sebelum ia menjadi pangeran dan raja yang kejam, ia merupakan peri dengan hati yang keras seperti batu. Sang penulis, Holly Black, menceritakan kehidupan dramatis Cardan, seorang raja Elfhame yang penuh teka-teki. Kisah ini merupakan detail dari seri lain seperti kehidupan The Cruel Prince, petualangan The Queen of Nothing, dan momen-momen dari trilogi The Folk of the Air, yang diceritakan dari perspektif Cardan. Hadirnya buku ini membuat pembaca merasa nostalgia dengan momen-momen yang terjadi di dunia Elfhame.

These Violent Delight | Chloe Gong

Foto: www.goodreads.com

These Violent Delight merupakan kisah imajinatif Romeo dan Juliet yang menceritakan kembali kehidupan Shanghai tahun 1920. Di mana terjadinya perseteruan berdarah antara dua geng, Scarlet dan Bunga Putih yang membuat kota Shanghai menjadi kacau. Juliette Cai, seorang gadis berusia 18 tahun merupakan pewaris Scarlet memiliki keinginan untuk melindungi rakyatnya. Ia bertemu dengan Roma Montagov, cinta pertama Juliette. Karena masalah yang ada, ia dan Roma terpaksa harus bekerja sama untuk menghentikan kekacauan yang terjadi di Kota Shanghai. Dapatkah Juliette dan Roma berhasil mengatasinya?

Baca Juga :  14 Buku dengan Cerita Paling Inspiratif yang Bisa Mengubah Hidupmu

The Ickabog | J. K. Rowling

cerita dongeng
Foto: www.goodreads.com

Dahulu kala ada sebuah kerajaan kecil bernama Cornucopia yang penuh akan kebahagiaan. Kerajaan ini memiliki emas dan makanan yang lezat, seperti krim keju lembut hingga kue yang dapat membuat orang-orang menangis kegirangan ketika memakannya. Sayangnya, terdapat monster yang mengintai kerajaan ini dan menurut legenda, monster ini tinggal di Ickabog.

Sang monster sering menghembuskan api dan menyemburkan racun. Mitos ini pun membayangi kerajaan dan membuat rakyat menjadi takut. Hingga akhirnya dua sahabat, Bert dan Daisy, melakukan petualangan hebat untuk mencari keberadaan monster dan mengungkap kebenaran yang ada.  

The Way Back | Gavriel Savit

Foto: www.goodreads.com

Cerita dongeng ini berlatar di dunia yang menggambarkan orang mati dan orang hidup berjalan secara berdampingan. Leib dan Bluma, kedua remaja yang mengadakan pertemuan tak terduga dengan The Dark One. Pertemuan ini membuat mereka akhirnya melakukan perjalanan panjang dengan melintasi negeri nan jauh serta tanah yang penuh roh dan iblis. Novel ini terinspirasi dari tradisi rakyat Yahudi yang mana menurut mereka iblis berada di segala tempat seperti menari di atap rumah ketika tengah malam, berkumpul di pepohonan, atau mencoba untuk menyerang yang hidup. 

The Night Circus | Erin Morgenstern

cerita dongeng
Foto: www.goodreads.com

Sirkus umumnya merupakan pertunjukan berjalan di atas tali, sulap, dan adanya binatang buas. Namun berbeda halnya dengan Le Cirque des Rêves, sirkus ini muncul secara tiba-tiba dan tidak ada yang dapat menebak kapan sirkus ini akan muncul. Lewat Le Cirque des Rêves, pengunjung disuguhkan dengan berbagai macam tenda. Celia Bowen, seorang putri dari pesulap, ingin melawan Marco Alisdair, asisten dari pemilik sirkus. Mereka berdua membuat sirkus menjadi arena tantangan. Sayangnya mereka tidak mengetahui bagaimana cara mengakhiri tantangan tersebut, sehingga orang-orang terpenting dalam sirkus harus terbunuh satu-persatu karena tantangan yang mereka buat.

Baca Juga :  Bagaimana Mengajarkan Anak Mengucapkan Terima Kasih?

The Book of Lost Things | John Connolly

cerita dongeng
Foto: www.goodreads.com

Novel ini menceritakan seorang anak remaja berusia 12 tahun bernama David harus mengalami kejadian-kejadian aneh setelah kematian ibunya. Suatu ketika ia berjalan-jalan di sebuah kebun dan masuk ke dalam sebuah lubang besar yang ada di batang pohon. Ia pun tiba di dunia yang aneh dan asing, yang mana manusia serigala berkumpul untuk menggulingkan sang Raja dari tahta. Ketika David ingin kembali, jalan menuju batang pohon telah hilang. Ia harus menghadap sang Raja untuk dapat kembali ke dunia asalnya. 

Coraline | Neil Gaiman 

cerita dongeng
Foto: www.goodreads.com

Di flat yang ditempati keluarga Coraline, terdapat 21 jendela dan 14 pintu. Sebanyak 13 pintu dapat dibuka dan ditutup, sementara pintu ke-14 justru terkunci. Suatu hari, Coraline membuka pintu itu dan menemukan lorong ke flat lain, di rumah lain yang persis dengan rumahnya. Dalam flat itu, semua terasa menyenangkan karena makanannya lebih enak dan lebih banyak mainan. Namun di sana terdapat ibu dan ayah yang berbeda, mereka ingin menahan Coraline dan tidak akan melepaskannya. Di rumah itu juga terdapat anak lain yang terperangkap, dan Coraline merupakan satu-satunya harapan mereka untuk selamat. 

The Ocean at the End of the Lane | Neil Gaiman 

Foto: www.goodreads.com

Sang penulis, Neil Gaiman menceritakan kisah ini melalui seorang anak berusia tujuh tahun yang masih polos. Ia mengalami kejadian-kejadian aneh setelah pesta ulang tahun ketujuhnya. Hal ini karena datangnya sang pemondok di keluarga ini yang menghadirkan sensasi horor. Hingga akhirnya sang pemondok mencuri mobil keluarga dan bunuh diri di dalamnya. Peristiwa ini membuat kejadian-kejadian aneh semakin sering bermunculan. Sementara yang bisa melindungi keluarga ini hanyalah tiga perempuan yang tinggal di rumah pertanian yang berada di ujung jalan.

Baca Juga :  13 Buku Fiksi Terbaik tentang Mental Health

Cinder | Marissa Meyer

Foto: www.amazon.com

Wabah baru muncul dan mengancam populasi penduduk Bumi yang dipenuhi oleh manusia, cyborg, dan android. Sementara, makhluk Bulan menunggu waktu yang tepat untuk menyerang Bumi. Nasib Bumi bergantung pada Cinder, seorang cyborg yang merupakan mekanik ternama di New Beijing. Ia memiliki masa lalu yang misterius dan kelam. Kehidupan Cinder menjadi berubah ketika ia bertemu Pangeran Kai. Ia menyadari bahwa dirinya berada di ketertarikan yang terlarang. Tak hanya itu Cinder juga harus mengungkap masa lalunya untuk menyelamatkan masa depan.

The Snow Child | Eowyn Ivey

cerita dongeng
Foto: www.goodreads.com

Kisah berawal dari sepasang suami istri, Jack dan Mabel yang merasa putus asa karena tidak memiliki anak. Mereka akhirnya membuat seorang anak yang berasal dari salju. Ketika pagi hari, anak salju itu menghilang dan tiba-tiba mereka melihat seorang gadis berambut pirang yang berlari menuju pepohonan. Diketahui, gadis itu bernama Faina yang selama ini tinggal di hutan. Jack dan Mabel akhirnya merawat Faina dan menganggap sebagai putri mereka sendiri. Namun, ternyata Faina justru membawa perubahan drastis bagi keluarga Jack dan Mebel. 

Scarlet | Marissa Meyer

Foto: www.goodreads.com

Scarlet Benoit tengah berjuang mencari neneknya yang hilang secara misterius. Suatu ketika Scarlet sedang mengantarkan sayuran ke restoran milik pelanggan tetap neneknya, tiba-tiba seorang tamu mengatakan bahwa nenek Scarlet gila dan sengaja melarikan diri. Scarlet tidak terima dan menyerang sang tamu dan sang tamu mengancam akan melukai Scarlet. Namun tiba-tiba seorang laki-laki bernama Wolf datang dan memaksa tamu tersebut untuk meminta maaf. Wolf pun menawarkan bantuan untuk mencari neneknya.

Selanjutnya: Buku Fiksi Terbaik tentang Mental Health.