13 Rekomendasi Film Cerita Anak Terbaik Wajib Tonton

cerita anak
Foto: Istimewa

Biasanya para anggota keluarga akan berkumpul di akhir pekan, baik untuk sekedar mengobrol, memasak, atau menonton film. Jika kamu sedang mencari daftar tontonan yang bisa disaksikan bersama, maka pilihlah film dengan cerita anak dan berikut 13 rekomendasinya.

Petualangan Sherina (2000)

cerita anak
Foto: www.imdb.com

Siapa pun pasti sedih jika harus meninggalkan teman-teman karena harus pindah sekolah. Hal ini juga dialami oleh Sherina, ia harus mengikuti sang ayah yang mendapatkan pekerjaan di Bandung.

Di sekolah barunya, Sherina berhasil memiliki banyak teman. Akan tetapi ia juga memiliki musuh, yaitu seorang anak laki-laki bernama Sadam yang diperankan oleh Derby Romero. Cerita anak ini berhasil memenangkan penghargaan Asia Pacific Film Festival 2000 dan 6 Kategori pada Piala Citra 2004.

Keluarga Cemara (2019)

Foto: www.imdb.com

Selamat pagi Emak, selamat pagi Abah, Mentari hari ini berseri indah—pasti kamu tidak asing lagi dengan lirik tersebut kan? Yup, Serial TV Keluarga Cemara yang populer di era 90-an ini telah diangkat ke layar lebar.

Dalam film ini masih menceritakan tentang sebuah keluarga kaya yang harus jatuh miskin karena penipuan. Namun latar waktu dan adegannya diubah menjadi lebih modern yang dijamin akan membuatmu terenyuh, jangan lupa siapkan tisu ya!

Spirited Away (2001)

Christopher Robin (2018)

Foto: www.imdb.com

Jika kamu mengenal Pooh dan kawan-kawan, maka kini saatnya menonton Christopher Robin. Anak laki-laki ini sering melakukan petualangan bersama teman-temannya yakni  Pooh, Tigger, Kanga, Owl, Piglet, Eeyore, Rabbit, dan Roo di hutan Hundred Arce.

Seiring berjalannya waktu, kini Robin telah beranjak dewasa. Dan ajaibnya, teman-teman masa kecilnya Pooh, Piglet, Tiger, dan Eeyore tiba-tiba kembali datang ke dunia nyata dan menemui Robin untuk mengembalikan sisi cerita dan bahagia pada kehidupan Robin.

Kulari ke Pantai (2018)

cerita anak
Foto: www.imdb.com

Jika kamu rindu berlibur ke pantai dan suasana alam lainnya namun masih terhalang pandemi, maka jangan sedih karena kamu bisa menonton film yang menyuguhkan pemandangan alam, seperti Kulari ke Pantai.  Film dengan cerita anak ini mengisahkan tentang dua sepupu, Sam dan Happy yang bersitegang karena memiliki pribadi yang berbeda.

Sam (Maisha Kanna) sangat mencintai alam, sementara Happy (Lil’li Latisha) merupakan anak perempuan yang tidak bisa jauh dari media sosial. Akibat perseteruan ini, Happy diminta ibunya untuk mengikuti Sam yang akan berllibur ke timur Pulau Jawa bersama kedua orang tuanya.

The Spiderwick Chronicles (2008)

Foto: www.imdb.com

Setelah bercerai, Hellen Grace (Mary-Louise Parker) harus memboyong anak kembarnya, Simon dan Jared Grace (Freddie Highmore) serta anak perempuannya Mallory (Sarah Bolger) untuk mengunjungi Spiderwick Estate di New England.

Setelah mereka tiba di rumah yang telah ditinggalkan oleh pemiliknya selama 80 tahun itu, hal-hal aneh pun mulai terjadi. Ketika ditelusuri, mereka justru menemukan ruangan rahasia dan sebuah buku yang menjadi kunci untuk menuju dunia lain yang dihuni oleh para raksasa.

Laskar Pelangi (2008)

cerita anak
Foto: www.imdb.com

Laskar Pelangi merupakan cerita anak dari Desa Belitung. Mereka merupakan siswa sekolah dasar yang ingin mendapatkan ilmu pendidikan meski harus melewati danau untuk tiba di sekolah.

Baca Juga :  Pecinta Fifty Shades of Grey? Ini 12 Novel Cinta Panas yang Mirip Dengannya

Hanya dengan memiliki 10 murid, Ibu Muslimah (Cut Mini) yang merupakan satu-satunya guru di SD tersebut harus berjuang bersama Pak Harfan (Ikranagara) untuk mempertahankan sekolah dasar tersebut agar tidak ditutup. Film bertema pendidikan ini juga menyuguhkan pemandangan desa yang indah dan kisah persahabatan yang erat.

Mirror Mirror (2012)

Foto: www.imdb.com

Di ulang tahunnya yang ke-18, Snow White (Lily Collins) harus mengalami perseteruan dengan Queen Clementianna (Julia Roberts) yang melarangnya untuk keluar dari kamar. Namun setelah mengetahui bahwa Pangeran Alcott (Armie hammer) justru mencintai Snow White, Queen Clementianna pun segera menugaskan para pengawal untuk membunuh gadis itu di hutan.

Hal ini pun mempertemukan Snow White dengan 7 kurcaci yang akhirnya melindunginya. Film ini dibuat lebih ringan dan diselipi komedi-komedi sederhana yang cocok ditonton dengan keluarga.

Koki-koki Cilik (2018)

cerita anak
Foto: www.imdb.com

Seperti judulnya, film ini mengisahkan tentang sekumpulan anak-anak yang akan berlomba menjadi seorang koki. Seorang anak laki-laki bernama Bima (Farraz Fatik) berasal dari keluarga yang tidak mampu, tapi tetap ingin mengikuti Cooking Camp. Namun berkat dukungan dari ibu dan tetangganya, akhirnya Bima bisa mengikuti kelas memasak tersebut.

Ia pun bertemu dengan peserta lain seperti Audrey (Chloe Xaviera) yang merupakan juara bertahan Cooking Camp, Oliver yang merupakan anak seorang pemilik restoran, serta ada juga Ben dan Jody. Meski memiliki saingan yang berat, tetapi Bima tetap berharap bahwa ia akan menjadi yang terbaik dan mengalahkan Audrey.

Mowgli Legend of The Jungle (2018)

Foto: www.imdb.com

Mowgli merupakan anak laki-laki yang hidup di hutan dan diasuh oleh serigala betina bernama Nisha. Ketika bayi, kedua orang tua Mowgli tewas dibunuh oleh seekor harimau ganas. Ia pun dibesarkan layaknya seekor hewan, mulai dari cara berjalan dan bertahan hidup.

Baca Juga :  12 Film Semi Korea Terbaik yang Akan Membuatmu Kepanasan

Namun suatu ketika, Mowgli bertemu dengan seorang pemburu yang kemudian membawanya pulang dan merawatnya. Sejak saat itu, untuk pertama kalinya Mowgli merasakan menjadi seorang manusia. Namun hatinya menjadi bimbang, harus menjadi seekor serigala atau seorang anak laki-laki.

The Main Event (2020)

cerita anak
Foto: www.imdb.com

Sudah merupakan hal yang wajar bila anak-anak senang dengan segala hal yang berbau fantasi, dan hal ini dirasakan oleh seorang anak laki-laki berusia 11 tahun yang baru saja menemukan sebuah topeng ajaib.

Hal ini pun membawa Leo Thompson (Seth Carr) menjadi seorang pegulat dan berlomba dalam sebuah pertandingan WWE dan berhasil lolos hingga babak final. Dalam kehidupan aslinya, ternyata Leo tidak memiliki teman dan ia sering mendapatkan perundungan dari teman-temannya.

Moana (2016)

Foto: www.imdb.com

Cerita anak yang satu ini menceritakan tentang Moana yang sangat tertarik dengan lautan. Ia tinggal di tepi laut dan merupakan seorang anak kepala suku di Pulau Motoniu. Namun sayangnya, Moana selalu dilarang untuk mendekati laut. Hal ini membuatnya merasa penasaran dan ingin menjelajah lautan yang telah dibatasi dengan karang.

Suatu ketika, pulau tempat ia tinggal mengalami masalah besar, mulai dari tidak ada ikan dan banyak pohon yang mulai mati. Berkat kejadian ini, Moana akhirnya memberanikan diri untuk mencari tahu penyebabnya yang ternyata berhubungan dengan laut.

Over The Moon (2020)

cerita anak
Foto: www.imdb.com

Sejak kecil, seorang anak perempuan bernama Fei Fei sering mendengar kisah Chang’e, sang Dewi Bulan yang diceritakan oleh ibunya. Namun sayangnya, orang dewasa di sekitarnya selalu mengatakan bahwa Dewi Bulan tersebut tidak nyata.

Hal ini membuat Fei berusaha membuktikan dengan membuat roket yang akan mengantarkannya ke bulan. Berkat tekadnya yang bulat, ternyata perjalanan ini membawa dirinya ke petualangan yang berwarna.