Semua Hal Yang Wajib Kamu Ketahui Tentang Cara Pakai Hair Mask Yang Tepat

cara pakai hair mask
Foto: www.canva.com

Secara tidak sadar, penggunaan bahan kimia seperti pewarna rambut atau alat styling ternyata dapat menimbulkan masalah baru pada rambut. Oleh karena itu untuk menjaga rambut agar tetap sehat, disarankan agar kita memahami cara pakai hair mask.

Soalnya masker rambut ini menjadi salah satu produk perawatan yang memiliki berbagai manfaat di dalamnya. Mulai dari membuat rambut menjadi lebih sehat, kuat, serta lebih berkilau.

Jika kamu tertarik untuk mencoba mengaplikasikan perawatan rambut yang satu ini, cobalah untuk memperhatikan cara pakai hair mask yang tepat. Hal ini bertujuan supaya kamu bisa mendapatkan manfaatnya secara maksimal.  

Apa Fungsi dari Masker Rambut?

cara pakai hair mask
Foto: www.canva.com

Sama seperti masker wajah yang dapat menutrisi kulit, masker rambut juga bekerja dengan cara yang sama yakni meningkatkan kesehatan tambut. Produk ini biasanya disebut sebagai perawatan deep conditioning atau kondisioner rambut intensif.

Lantas, apa yang membedakan masker dengan kondisioner?

Jawabannya adalah bahan-bahan yang terkandung di dalamnya. Selain itu, biasanya masker akan dibiarkan di rambut pada durasi yang lama, sehingga bisa memberikan manfaat yang luar biasa dalam sekali pakai.

Selain itu, masker rambut ini juga bisa dibuat sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di dapur, seperti pisang, madu, bahkan kuning telur. Namun jika kamu tidak ingin repot untuk membuatnya, terdapat berbagai jenis produk yang bisa dibeli dengan mudah.

Perlu diingat kandungan yang ada di setiap produk masker akan memberikan manfaat yang berbeda-beda. Namun secara umum, manfaat menggunakan masker rambut di antaranya adalah:

  • Membuat rambut menjadi lebih berkilau dan lembut
  • Menambah kelembapan rambut
  • Mengurangi kerusakan
  • Membuat kulit kepala lebih sehat
  • Menjadikan rambut menjadi lebih kuat

Bahan Apa Saja yang Dapat Digunakan untuk Masker Rambut?

cara pakai hair mask
Foto: www.canva.com

Bahan-bahan yang terkandung di dalam masker rambut akan memengaruhi manfaat dari produk tersebut. Namun hal ini akan bergantung pada jenis dan kondisi rambut.

Berikut beberapa bahan populer yang bisa kamu pilih:

Pisang

Jika kamu memiliki masalah rambut kusut, pisang bisa menjadi salah satu bahan terbaik yang dapat dipertimbangkan ketika memilih masker rambut. Kandungan silika dalam buah ini bisa membantu rambut agar lebih lembut dan berkilau.

Selain itu, buah yang berwarna kuning ini juga bisa memiliki sifat antimikroba. Hal ini dapat membantu mengurangi kekeringan dan ketombe.

Telur

Kuning telur memiliki beberapa nutrisi yang ada di dalamnya, termasuk vitamin A, Vitamin E, biotin, dan folat. Ini semua dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut.

Sementara kandungan protein yang ada di dalam putih telur juga dapat membantu rambut agar tampak lebih kuat. Berkat hal tersebut, kamu bisa memilih hair mask yang mengandung telur di dalamnya.

Baca Juga :  Rambut Rontok? Ini 7 Rekomendasi Sampo Terbaik Yang Bisa Digunakan

Minyak alpukat

Minyak alpukat mengandung berbagai mineral di dalamnya, mulai dari asam folat, zat besi, dan magnesium. Bahan-bahan tersebut dapat membantu melindungi kutikula rambut.

Sehingga nantinya bisa membuat rambut menjadi lebih kuat, dan tahan terhadap kerusakan. Kamu pun akan mendapatkan rambut yang lebih sehat.

Madu

Madu menjadi salah satu humektan yang dapat membantu rambut agar lebih terlihat menarik dan lembap. Bahan yang satu ini juga bisa merangsang pertumbuhan sel kulit, yang dapat membantu mempromosikan folikel rambut yang lebih kuat.

Minyak zaitun

Jika kamu ingin mendapatkan rambut yang lembap, cobalah untuk memilih produk yang mengandung minyak zaitun. Sebab bahan tersebut dapat membantu melembapkan rambut dan kulit secara alami.

Lidah buaya

Lidah buaya menjadi salah satu bahan yang dapat menenangkan kulit kepala. Ini berkat sifat anti-inflamasi yang ada di dalamnya.

Selain itu, lidah buaya juga mengandung vitamin C, E, B12, asam folat, dan kolin. Bahan-bahan tersebut dapat membantu memperkuat dan menyehatkan rambut.

Cara Memilih Masker Rambut

Foto: www.canva.com

Berikut beberapa cara memilih masker rambut.

Rambut halus

Rambut yang halus membutuhkan produk yang dapat membantu memperkuat sekaligus melembapkannya dengan ringan. Pilihlah bahan-bahan yang bebas paraben, pewarna tambahan, dan minyak mineral agar menghindari munculnya masalah rambut yang baru.

Rambut kering dan rusak

Jika kamu memiliki rambut yang kering dan rusak, hal ini berarti membutuhkan kelembapan yang maksimal. Ini berguna untuk membantu mengisi celah pada stuktur rambut yang selama ini terasa kasar.

Oleh karena itu, kamu membutuhkan masker yang diformulasikan dengan bahan pelembap. Pilihlah beberapa kandungan bahan alami seperti madu dan minyak alpukat.

Rambut mengembang

Rambut yang mengembang membutuhkan masker yang mengandung bahan-bahan bernutrisi yang dapat mengembalikan kelembapan rambut. Sehingga nantinya bisa memberikan hasil akhir yang halus.

Pilihlah produk yang mengandung keratin dan minyak alami yang dapat membungkus setiap helaian rambut dan membuatnya ternutrisi, terhidrasi, dan tampak lebih lembut.

Rambut berwarna

Sementara untuk rambut yang diwarnai, cobalah untuk memilih masker yang mengandung keratin. Sebab nantinya produk ini dapat membantu melindungi warna agar tidak pudar dan dapat memperbaiki beberapa kerusakan dan kekeringan.

Cara Pakai Hair Mask

Foto: www.canva.com

Sebagian besar masker rambut akan bekerja dengan maksimal ketika diterapkan pada rambut yang bersih dan dalam kondisi lembap.

Namun jika bahan-bahan yang terkandung di dalam produk sebagian besar terbuat dari minyak, maka akan lebih baik mengoleskannya pada kondisi rambut yang kering.

Sebab minyak tidak bisa menyatu dengan air, sehingga rambut kering akan mampu menyerap minyak lebih banyak dibanding rambut yang basah.

Tips pakai hair mask:

Berikut cara pakai hair mask yang bisa kamu coba.

  • Mencuci rambut merupakan langkah pertama yang harus dilakukan. Disarankan untuk menggunakan sampo yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan rambut
  • Kemudian bilas dan keringkan rambut menggunakan handuk yang halus
  • Jika memiliki rambut yang tebal atau panjang, cobalah untuk membaginya menjadi beberapa bagian dengan menggunakan jepit rambut
  • Aplikasikan masker dengan menggunakan tangan, atau kamu juga bisa menggunakan kuas berukuran kecil untuk mengoleskan masker ke rambut
  • Jika rambut sudah mulai mengering, oleskan masker rambut di dekat kulit kepala terlebih dahulu, kemudian mulai aplikasikan hingga ujung rambut. Setelahnya kamu bisa mengoleskannya secara lembut pada bagian kulit kepala
  • Namun ketika ingin menerapkan masker untuk mengatasi masalah ketombe, maka mulailah mengaplikasikannya dari kulit kepala
  • Sementara pada rambut berminyak, oleskan pada bagian tengah menuju ke arah ujung. Setelahnya sisir rambut untuk membantu memastikan bahwa masker telah menyebar secara rata
  • Tutup rambut dengan menggunakan bungkus kepala. Kemudian letakkan handuk di sekitar kepala. Ini dapat membantu melindungi masker agar tidak menetes, sekaligus dapat menambahkan sedikit panas yang dapat membantu bahan-bahan masker bisa menyerap dengan baik
  • Biarkan masker selama 20 hingga 30 menit. Namun ini semua tergantung pada instruksi yang tertera pada kemasan
  • Bilas secara menyeluruh dengan air. Air yang dingin dapat membantu melindungi kutikula rambut dan membantu rambut agar mempertahankan lebih banyak kelembapan
  • Setelah membilas, cobalah untuk mengeringkan rambut dengan menggunakan handuk.
Baca Juga :  9 Inspirasi Rambut Mullet Ala 80-an Yang Menarik Untuk Dicoba

Untuk rambut kering, keriting, atau mengalami kerusakan, sangat disarankan agar mengaplikasikan hair mask seminggu sekali. Sementara jika rambutmu cenderung berminyak, cobalah untuk menggunakannya beberapa minggu sekali.  

Kesimpulan

Foto: www.canva.com

Masker rambut dapat membantu melembapkan sekaligus menutrisi rambut. Baik itu pada rambut kering, kasar, rusak, atau keriting.

Beberapa produk hair mask bahkan dapat meningkatkan kesehatan kulit kepala sekaligus membuat rambut menjadi lebih kuat. Meski hampir serupa dengan kondisioner, namun masker rambut memiliki efek yang lebih baik.