14 Cara Merawat Rambut Agar Tetap Sehat Dan Kuat

cara merawat rambut agar sehat dan kuat
Foto: www.canva.com

Cara merawat rambut agar sehat itu susah-susah gampang. Apalagi jika sering diwarnai maka perawatan rambut menjadi lebih kompleks.

Untungnya, ada banyak cara merawat rambut yang bisa dilakukan sendiri di rumah, sehingga tidak perlu repot untuk pergi ke salon. Berikut 14 langkah perawatan rambut yang bisa kamu coba dengan mudah.

14 Cara Merawat Rambut yang Tepat

cara merawat rambut agar sehat dan kuat
Foto: www.canva.com

Gunakan Kondisioner

Selain menggunakan sampo, kamu juga perlu menambahkan kondisioner secara rutin. Sebab produk ini akan membantu menjaga kelembapan rambut dan mencegahnya menjadi kering.

Akan tetapi, pastinya kamu perlu ingat bahwa terdapat hal-hal yang harus diperhatikan untuk penggunaan kondisioner.

Ketika mengaplikasikan sampo, maka fokuslah untuk membersihkan bagian keseluruhan rambut, terutama pada kulit kepalanya.

Namun saat memakai kondisioner, kamu hanya perlu mengoleskannya pada batang rambut. Hindari menggunakan produk ini pada kulit kepala karena bisa membuat rambut menjadi lepek.

Tak lupa untuk menggunakan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi rambut. Agar nantinya bisa memberikan manfaat yang maksimal.

Keramas dengan Air Dingin

Ada baiknya untuk menggunakan air dengan suhu yang sedikit lebih rendah dari suhu tubuh. Hal ini bertujuan untuk memperbaiki rambut secara perlahan.

Sebab jika menggunakan air hangat, ini dapat mengangkat minyak pelindung alami rambut, sehingga membuatnya menjadi lebih kering.

Sementara penggunaan air dingin dapat membantu melancarkan sirkulasi darah di kulit kepala, yang nantinya bisa membuat akar rambut mendapatkan nutrisi dengan baik.

Jangan Mengeringkan Rambut dengan Menggosoknya

Beberapa orang mungkin masih mengeringkan rambut dengan cara menggosoknya dengan handuk. Padahal hal tersebut dapat merusak kutikula rambut, sehingga membuatnya mudah patah dan rapuh.

Oleh karena itu, cara mengeringkan rambut yang baik adalah dengan memijat atau meremas rambut. Atau kamu juga bisa menggunakan hairdyer yang lebih praktis.

Hindari juga penggunaan handuk yang terlalu kasar, dan kamu bisa memilih handuk dengan bahan microfiber dengan permukaan yang lebih lembut dan mampu menyerap cairan dengan baik.

Hindari Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Cara merawat rambut selanjutnya adalah jangan mengikat rambut terlalu kencang karena dapat menyebabkan rambut menjadi rontok dan mudah patah. Tak hanya itu, bekas lekukan yang terlalu dalam juga bisa melukai batang rambut.

Tarikan yang terlalu erat juga bisa memengaruhi folikel rambut, bahkan dapat membuat kepala menjadi sakit dan pusing. Terkadang, rambut juga bisa tercabut secara paksa dan tidak sengaja.

Aplikasikan Masker Rambut

Menggunakan masker rambut secara rutin menjadi salah satu cara merawat rambut yang tidak boleh terlewat.

Soalnya produk ini dapat membantu melembapkan rambut sekaligus memberikan relaksasi pada kulit kepala, sehingga folikel rambut pun menjadi lebih sehat.

Selain itu, masker rambut juga mampu merawat rambut yang rusak, apalagi jika kamu sering menggunakan alat styling atau mengganti warna rambut.

Perhatikan juga bahan-bahan yang terkandung di dalamnya, serta pastikan bahwa kandungan tersebut sesuai dengan kondisi dan kebutuhan.

Potong Ujung Rambut secara Rutin

Biasanya rambut akan bertambah panjang setiap enam hingga delapan minggu. Namun sayangnya, pada bagian ujung rambut akan menjadi kering karena tidak mendapatkan nutrisi sebanyak rambut yang ada di akar.

Oleh karena itu, cukup potong bagian ujung rambut secara rutin hingga setengah sentimeter atau sesuai dengan selera. Hal ini dapat membantu menghilangkan rambut yang kering, rusak, dan bercabang.

Kurangi Penggunaan Alat Catok

Jika kamu sering mencatok, bahkan hampir setiap hari, maka perlu waspada karena alat yang satu ini bisa membuat rambut menjadi rusak.

Soalnya pemaparan suhu yang terlalu tinggi dapat membuat helaian rambut menjadi mudah rapuh, patah, dan rontok.

Ada baiknya untuk mengurangi penggunaan alat catok, dan bisa mengaplikasikannya dua hari sekali dengan suhu yang aman, yakni antara 130-150 derajat Celcius.

Selain itu, bisa juga dengan mengaplikasikan vitamin rambut atau minyak rambut yang dapat menjaga kekuatan dan kilau rambut.

Gunakan Topi Renang

Saat berenang, ada baiknya untuk menggunakan swimming cap atau topi renang untuk melindungi rambut. Hal ini dikarenakan zat klorin yang ada pada air kolam renang dapat membuat rambut menjadi kering, kasar, dan lengket.

Selain itu, pastikan juga agar kamu langsung keramas dengan sampo setelah berenang. Ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran yang berada di rambut.

Lindungi dari Paparan Sinar Matahari

Tak hanya kulit yang membutuhkan perlindungan dari sinar matahari, ternyata kamu juga perlu menggunakan pelindung kepala untuk menutupi rambut.

Sebab, paparan sinar matahari secara langsung dalam jangka waktu lama bisa berpotensi untuk membuat rambut menjadi kering dan rusak.

Oleh karenanya, pastikan kamu melindungi rambut menggunakan pelindung, baik itu memakai topi, payung, scarf, atau hijab.

Pastikan Rambut Ternutrisi dengan Baik

Cara merawat rambut selanjutnya adalah dengan menambahkan serum dan vitamin rambut. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa rambut memiliki nutrisi yang cukup sehingga bisa tumbuh dengan baik.

Serum rambut ini akan berfungsi melindungi batang rambut dari kerusakan akibat sinar matahari. Sedangkan vitamin dapat menutrisinya sehingga rambut menjadi kuat dan sehat.

Perhatikan Rambut Ketika Tertidur

Biasanya ketika bangun tidur, rambut akan menjadi kusut, bahkan tak jarang menjadi rontok. Kondisi ini disebabkan karena rambut yang bergesekan antara satu sama lain, sehingga membuatnya menjadi rontok dan rapuh.

Kamu bisa menyiasatinya dengan mengaplikasikan minyak rambut sebelum tidur, atau bisa juga dengan mengepang rambut terlebih dahulu. Nantinya rambut pun bisa menjadi lebih lembut dan tidak mudah rontok.

Gunakan Sarung Bantal yang Lembut

Tak jarang, saat tidur rambut akan mengalami gesekan dengan sarung bantal. Karena kamu sering mengubah posisi, ini membuatnya menjadi kusut, bahkan hingga patah.

Untuk itu, ada baiknya mengganti saring bantal yang berbahan sutera. Sebab biasanya bahan ini memiliki permukaan yang lebih halus serta rata, sehingga bisa mencegahnya menjadi kusut dan rontok.

Mengonsumsi Gizi Seimbang

Selain menggunakan sederet produk perawatan rambut, ternyata memastikan tubuh mendapatkan gizi yang seimbang juga menjadi salah satu cara merawat rambut yang baik.

Mulai dari protein, vitamin A, B, C, D, E, zat besi, dan zinc, ada banyak nutrisi yang dapat bermanfaat untuk kesehatan rambut.

Konsumsilah makanan yang kaya akan nutrisi secara rutin, agar nantinya kamu bisa mendapatkan rambut yang indah dan berkilau.

Cukupi Kebutuhan Air Putih

Ternyata minum air putih juga bisa menjadi cara merawat rambut agar tetap sehat dan kuat.

Saat tubuh kekurangan cairan, hal ini bisa menghambat regenerasi sel, penyerapan vitamin, hingga kemampuan tubuh untuk menjaga kelembapannya.

Maka ada baiknya untuk mencukupi kebutuha air putih dengan meminumnya sebanyak delapan gelas per hari.

Kesimpulan

Foto: www.canva.com

Untuk mendapatkan rambut yang sehat, kuat, dan beriklau, ada beragam cara merawat rambut yang bisa dilakukan. Mulai dari menggunakan produk khusus yang sesuai kebutuhan, hingga melakukan pola hidup yang sehat.

Tak ketinggalan, kamu juga perlu mengurangi pemakaian alat styling dan menggunakan handuk dengan bahan lembut.