Punya Jidat Jenong? Ini 10 Cara Mudah Menyembunyikannya

jidat jenong
Foto: www.freepik.com

Dahi yang besar memang terkadang bisa menjadi hal yang paling menonjol pada penampilan. Meski menarik, namun tidak jarang beberapa orang justru melihatnya sebagai kekurangan. Bahkan sebagian orang juga melakukan segala cara untuk menutupi jidat jenong, yang katanya menyerupai lapangan golf. 

Baik dengan menambahkan poni di atasnya atau mengaplikasikan trik riasan, terdapat berbagai cara yang bisa dilakukan untuk membuat dahi menjadi lebih kecil. 

Jika kamu pemilik jidat jenong dan ingin menyembunyikannya untuk sementara waktu, maka berikut langkah yang dapat dicoba untuk membantumu terlihat lebih percaya diri. 

Tips Riasan untuk Menyembunyikan Jidat jenong

jidat jenong
Foto: www.freepik.com

Punya dahi lebar? Jangan khawatir, ini tips riasan yang dapat menyembunyikan jidat jenongmu.

Tambahkan perona pipi

NARS Blush On Orgasm X | | Punya Jidat Jenong? Ini 10 Cara Mudah Menyembunyikannya
NARS – Blush On Orgasm X

Biasanya, dahi yang lebar akan terlihat lebih menonjol. Namun kamu bisa menambahkan perona pipi warna cerah untuk menarik perhatian.

Sapukan sedikit blush on warna merah atau peach di sepanjang bagian atas pipimu. Kemudian oleskan ke atas untuk memberikan efek yang lebih tajam. 

Selain itu, cobalah untuk menggunakan produk yang dilengkapi dengan glitter yang membuat pipi menjadi lebih bercahaya dan berkilau. Sehingga nantinya area ini akan menarik perhatian. 

Foundation warna gelap

HUDA BEAUTY FauxFilter Foundation | | Punya Jidat Jenong? Ini 10 Cara Mudah Menyembunyikannya
HUDA BEAUTY – #FauxFilter Foundation

Salah satu cara untuk menyembunyikan jidat jenong secara praktis adalah dengan menggunakan foundation berwarna gelap dibanding pelipis dan garis rambut. Pastikan semua rambut terikat, supaya memudahkanmu untuk mengaplikasikan riasan.

Setelahnya, pilih concealer atau alas bedak dengan warna yang lebih gelap dibanding warna kulit alami. 

Kemudian, mulailah menggambar garis di lingkar dahi, dan oleskan secara rata hingga mendapatkan tampilan kontur wajah yang cantik.

Setelahnya, tambahkan bronzer untuk membuat efek tamplan menjadi lebih kuat dan lebih tajam. Cara ini dapat meminimalkan tampilan wajahmu secara alami. 

Aplikasikan highlighter

jidat jenong
L’Oréal Paris – True Match Lumi Glow Nude Highlighter Palette

Membubuhkan highlighter merupakan cara termudah untuk membuat wajah terlihat lebih bercahaya dan menarik perhatian. Kamu bisa mengaplikasikannya pada bagian tengah dahi.

Pilihlah highlighter dan aplikasikan pada bagian tengah dahi, tepat di antara alis. Kemudian ratakan secara menyeluruh ke arah luar. 

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan highlighter pada batang hidung untuk mengangkat bentuk wajahmu. Nantinya, kedua teknik ini akan membuat hidung terlihat lebih menonjol dan dahi akan tampak lebih kecil. 

Buat pipi menjadi tirus

elf Primer infused Bronzer | | Punya Jidat Jenong? Ini 10 Cara Mudah Menyembunyikannya
e.l.f – Primer-infused Bronzer

Pipi yang lebih tirus akan membuat orang-orang tertarik untuk melihat bagian tengah wajahmu, sehingga dapat mengalihkan perhatian dari area dahi. Jika ingin mencobanya, gunakan bedak bronzer dengan tiga tingkat lebih gelap dibanding warna alami kulit.

Selanjutnya oleskan dengan berbentuk garis diagonal dari tengah pipi ke arah telinga. Nantinya, teknik riasan ini bisa dengan mudah membuat lekukan pipi tampak lebih menonjol. 

Kenakan bronzer

jidat jenong
Chanel – Les Beiges Healthy Glow Bronzing Cream

Cara termudah untuk membuat jidat jenong tampak lebih kecil adalah dengan menggunakan bronzer. Produk make up ini harus dalam formula yang matte dan pilihlah dengan tiga tingkat lebih gelap dari warna kulit alami, supaya efeknya lebih terlihat. 

Bubuhkan bronzer dengan menggunakan kuas blush on runcing, dari arah pelipis ke sekitar garis rambut. Trik ini akan menciptakan stuktur tulang yang lebih menonjol, sehingga dahimu akan tampak lebih kecil. 

Riasan mata

Marc Jacobs Beauty HIghliner Gel Eye Crayon Eyeliner | | Punya Jidat Jenong? Ini 10 Cara Mudah Menyembunyikannya
Marc Jacobs Beauty – Highliner Gel Eye Crayon Eyeliner

Untuk menarik perhatian dari area dahi, cobalah untuk fokus pada riasan mata. Sebab, area ini nantinya bisa mengalihkan perhatian orang-orang saat menatap wajahmu. Buatlah riasan mata dramatis yang dapat membuat wajahmu terlihat sangat berbeda. 

Karena area mata merupakan riasan yang paling sulit untuk diaplikasikan, maka kamu perlu berhati-hati. Jangan sampai makeup ini membuat penampilanmu terlihat buruk. 

Gunakan lipstik cerah

Maybelline Superstay Ink Crayon 80 Run The World | | Punya Jidat Jenong? Ini 10 Cara Mudah Menyembunyikannya
Maybelline – Superstay Ink Crayon #80 Run The World

Jika kamu ingin memberikan penampilan yang berbeda secara instan dengan hanya beberapa detik saja, maka cara terbaik adalah fokus pada area bibir.

Oleskan lipstik warna merah muda yang cerah atau coral ke bibirmu. Maka secara langsung, seluruh perhatian akan berpusat di bagian bibir. 

Karena telah menggunakan warna cerah di bibir, maka kamu perlu menjaga riasan lainnya tetap sederhana. Supaya nantinya penampilan wajahmu tidak terkesan berlebihan. 

Bentuk alis

jidat jenong
BENEFIT COSMETICS – Precisely My Brow Pencil

Alis juga menjadi bagian yang dapat membantumu untuk mendapatkan tampilan yang berbeda. Sebab nantinya, alis ini akan membingkai stuktur wajah.

Jika kamu ingin menutupi jidat jenong agar terlihat lebih kecil, maka ubahlah bentuk alis menjadi lebih melengkung atau lebih tebal. Sebab, bentuk alis ini secara langung dapat menciptakan ilusi dahi yang lebih kecil.

Cara Menyembunyikan Dahi Lebar

jidat jenong
Foto: www.unsplash.com

Ingin lebih praktis dalam menyembunyikan dahi lebar? Lakukan tiga hal berikut.

Menutupi dengan poni

Memakai poni merupakan cara yang paling gampang untuk menutupi jidat yang lebar. Mulai dari poni samping hingga poni depan, semuanya bisa kamu coba untuk menyembunyikan jidat jenong.

Kamu bisa memotong poni sendiri di rumah atau pergi ke salon dan meminta penata rambut untuk mengubah gaya rambutmu. 

Jangan menguncir rambut ke belakang

Supaya dahimu tidak terekspos, usahakan untuk tidak menguncir rambut ke belakang. Gaya rambut apa pun yang ditarik ke belakang dijamin akan memamerkan lebarnya dahimu, baik itu sanggul tinggi, simpul atas, atau kuncir kuda.

Jika kamu melakukannya, maka tidak heran kalau orang lain akan fokus memandangi area dahi. Untuk mengatasinya, maka cobalah mengganti gaya rambut yang dapat menutupi jidatmu. 

Menggunakan topi

Untukmu yang sering berpergian ke luar rumah atau ingin menambah gaya penampilan tanpa membuat orang-orang fokus pada area dahi, cobalah untuk menggunakan topi.

Penutup kepala ini dijamin bisa membantumu untuk menyembunyikan jidat lebar yang kata orang-orang seperti lapangan golf ini.