Ini Cara Meningkatkan Kehidupan Seks saat Social Distancing Masih Berlaku

kehidupan seks
Foto: www.istockphoto.com

Well, bagaimana kehidupan cinta dan seksual kamu selama masa pandemik ini? Apakah seperti 44% partisipan di studi yang dilakukan oleh The Kinsey Institute yang mengatakan kehidupan seks mereka menurun akhir-akhir ini? Atau, seperti 30% yang mengatakan sama saja? Atau jangan-jangan semakin panas, seperti yang terjadi pada 14% responden di penelitian yang sama?

“Intinya, penelitian ini mengatakan bahwa meski situasi saat ini sulit, tapi juga melahirkan kesempatan-kesempatan baru untuk mengubah kehidupan intim kita menjadi lebih baik,” kata Justin J. Lehmiller, Ph.D., seorang pendidik seks dan salah satu peneliti dari studi tersebut.

Dan jika saat ini kehidupan seks dan bagaimana cara meningkatkan kualitasnya di saat social distancing berlaku dan pandemik melanda, Lehmiller menyarankan untuk melakukan beberapa hal ini. Oh, hal ini juga bisa praktikkan bahkan saat semuanya kembali “normal”.

Coba Hal Baru

Bosan terhadap rutinitas seks adalah merupakan sesuatu yang nyata, dan perasaan ini semakin mudah terjadi saat kamu dan pasangan berada di rumah sepanjang waktu. Oleh karena itu, cobalah melakukan aktivitas baru di kamar, hal-hal yang selama ini kamu lakukan—tapi belum sempat. Sebut saja, mencoba posisi seks baru, berhubungan seks di tempat baru (dapur atau kamar mandi), menggunakan sex toy baru. Atau, berbagi fantasi seks yang selama ini hanya kamu yang tahu.

Lakukan Hal-Hal yang Membuat Stres Berkurang

“Jika pikiranmu (atau pasangan) dipenuhi dengan pikiran-pikiran yang berhubungan pandemik, tidak hanya sulit memunculkan keinginan untuk berhubungan seks, tapi juga menikmatinya. Data kami mendukung hal ini,” tulis Lehmiller di Psychology Today.

Oleh karena itu, peneliti ini menyarankan kamu untuk menemukan cara menghadapi stres dan rileks sehingga gairah di antara kalian berdua tetap hidup. Misalnya saja dengan melakukan meditasi, mengurangi membaca berita dan media sosial, olahraga atau saling memijat.

Adakan Kencan Romantis di Rumah

Berhubung semua restoran favorit kalian dan bioskop masih tutup, rumah adalah tempat kencan saat pandemik. Rencanakan agenda romantis apa saja yang ingin kalian lakukan (memasak bersama, nonton film erotis, dll). Dan untuk memastikan hal ini berjalan lancar, berikan 100% perhatian kepada pasanganmu, dengan cara menjauhkan diri handphone dan laptop. Oh, satu hal: mempersiapkan diri (mandi, dandan, berpenampilan rapi) akan membuat kencan ini semakin romantis.

Tetap Jaga Mood Setelah Seks Berakhir

Lehmiller menekankan bahwa pasangan yang melakukan aktivitas mesra setelah seks—berpelukan, mengobrol—cenderung membuat hubungan mereka lebih memuaskan.

“Sentuhan sayang seperti ini bisa merilis hormon oxytocin, yang membuat pasangan merasa lebih dekat dan mesra,” tulisnya.

Well, apakah saran di atas membuatmu ingin membeli sex toy baru untuk membuat kehidupan seks kamu semakin menarik? Baca penjelasan seorang ahli ini tentang apa yang harus kamu perhatikan sebelum membeli sex toy.

podcast button