Bagaimana Cara Menghilangkan Pikiran Negatif?

cara menghilangkan pikiran negatif
Foto: www.pexels.com

Menjaga pikiran agar selalu berpikir dengan sudut pandang baik memang lebih menyenangkan. Namun biasanya hal ini sulit untuk dilakukan, terlebih jika dihadapkan dengan sebuah masalah. Karena kemungkinan besar kamu langsung memiliki pikiran negatif dan ujung-ujungnya cemas bukan main. Meski begitu, mempunyai pola pikir buruk yang berulang ternyata berdampak tidak baik untukmu. Lalu, bagaimana cara menghilangkan pikiran negatif dengan tepat?

Untuk membuatmu tidak semakin overthinking, maka simak penjelasan dari seorang psikolog klinis, Wangsa Ayu Vidya Loka, S.Psi., M.Psi., Psikolog, yang akan membahas tentang cara menghilangkan pikiran negatif dengan mudah.

Apa Itu Pikiran Negatif?

cara menghilangkan pikiran negatif
Foto: www.freepik.com

Menurut Vidya, pikiran negatif adalah sebuah proses berpikir yang mempertimbangkan suatu hal berdasarkan dari sisi yang buruk. Namun ini adalah sesuatu yang wajar.

“Bukan perihal penting, namun ini (berpikir negatif) merupakan hal yang wajar. Sebab, sebagai manusia perlu sekali untuk menyusun langkah atau rencana dengan mempertimbangkan sisi terburuk dan sisi terbaik,” jelasnya.

Seringkali pikiran negatif ini dikaitkan dengan overthinking. Lalu, apakah keduanya merupakan hal yang sama?

“Berbeda. Pikiran negatif merupakan sebuah tema berpikir, sedangkan overthinking adalah pikiran negatif yang sudah menumpuk dan tidak dapat terkendali,” jawabnya.

Mengapa Kita Bisa Memiliki Pikiran Negatif?

Foto: www.freepik.com

Apa yang kamu pikirkan ketika pasanganmu tidak segera membalas pesan yang kamu kirimkan meski sudah membacanya? Atau ketika temanmu tiba-tiba marah dan mendiamkanmu? Apakah kamu hanya membiarkannya atau merasa bahwa kamu telah melakukan sebuah kesalahan yang tidak diketahui oleh dirimu sendiri?

Yep, pastinya hal-hal ini akan membuatmu menjadi gelisah dan mulai memikirkan berbagai macam hal, bahkan mungkin selama berhari-hari atau malah lebih lama dari itu. Sebenarnya terdapat banyak alasan mengapa kita bisa memiliki pikiran negatif. Namun biasanya pola berpikir seperti ini “sebagai bentuk pertahanan diri dan juga hasil dari pengalaman buruk,” imbuh Vidya.

Namun kecemasan, kegelisahan, atau perasaan tidak nyaman ini mungkin akan membuat kita sulit untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Apakah berarti memiliki pemikiran negatif akan memengaruhi kehidupan?

“Memengaruhi. Sebagai manusia kita harus bisa berpikir dari kedua sisi, baik sisi positif maupun negatif. Jika hanya didominasi oleh negatif, maka kita akan diliputi oleh kecemasan dan keraguan untuk merencanakan apa pun,” ungkap Vidya.

Bagaimana Cara Menghilangkan Pikiran Negatif?

cara menghilangkan pikiran negatif
Foto: www.pexels.com

Karena menimbulkan rasa yang tidak nyaman, terlebih jika berlangsung dalam jangka waktu yang panjang, pastinya kamu ingin menghilangkan pola berpikir yang satu ini. Namun bagaimana cara menghilangkan pikiran negatif?

“Tidak perlu dihilangkan. Namun jika dirasa berlebihan, coba bicara dengan orang lain, baik teman atau saudara, untuk menjernihkan dan mengubah sudut pandangmu,” ucap Vidya.

Sebenarnya terlalu sering memiliki pikiran negatif juga dapat memengaruhi kesehatanmu. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa adanya hubungan antara tanda-tanda utama demensia, penumpukan protein di otak dan penurunan kognitif dengan pemikiran negatif yang berulang atau yang disebut dengan RNT. Proses pemikiran ini mendorong terjadinya gangguan kognitif yang mencakup perenungan dan kekhawatiran yang dapat menyebabkan stres yang tidak teratur.

Huh pola pikir ini memang merepotkan. Namun ketika kamu gagal menghilangkan pikiran negatif dan terus-menerus mengalami pikiran negatif, maka Vidya menyarankan “saatnya menemui profesional,” anjurnya.

Kesimpulan

Foto: www.pexels.com

Jika kamu tidak ingin memiliki pemikiran negatif yang dapat mengganggu, tentunya hal ini bisa dicegah dengan melatihnya serta terbiasa untuk menghadapinya. Perlu diingat bahwa menghilangkan pikiran negatif tidak selalu memberikan dampak yang positif bagi kehidupan, karena “pikiran negatif bisa menjadi alarm dan membuat kita waspada untuk melangkah,” tuturnya.

Namun jika pemikiran negatif terjadi secara berulang, hal ini juga perlu diatasi dengan segera. “Berpikir negatif boleh, namun tidak untuk didramatisir. Pikiran negatif jadikan sebagai pertimbangan rencana yang akan disusun,” saran Vidya.

Selanjutnya: Bagaimana mengatasi baper?