Begini Trik Simpel Menghilangkan Bulu pada Wajah di Rumah

cara menghilangkan bulu pada wajah
Foto: www.gettyimages.com

Ada banyak hal yang mungkin ingin kamu hilangkan dari hidup akhir-akhir ini (misalnya utang, atau rasa khawatir), di antaranya bulu pada wajah. Sebut saja bulu-bulu di atas bibir atau di sekitar dagu. Adakah cara menghilangkan bulu pada wajah di rumah—sendiri? Untungnya, ada! Berikut adalah beberapa trik menghilangkan bulu pada wajah di rumah. Ohya, P.S: manusia adalah mamalia, jadi memiliki bulu adalah hal yang sangat wajar.

Mencabut dengan Pinset

Ah, cara jadul ini bisa kamu pilih untuk menghilangkan bulu pada wajah, tapi sebenarnya paling ideal untuk alis mata. Metode ini juga paling cocok jika ada banyak bulu dengan ukuran panjang di sekitar wajah. Dan cara ini disarankan hanya digunakan untuk membersihkan area atas bibir, bukan untuk melenyapkan semua bulu yang terdapat di sekitarnya.

Oleh karena kulit wajah sangat sensitif, penting untuk menggunakan pinset dan metode yang tepat sehingga kamu tidak menjerit-jerit kesakitan saat mencabut bulu. Itulah sebabnya sangat direkomendasikan untuk menggunakan pinset dengan ujung miring.

Cara menghilangkan bulu pada wajah: Bersihkan dan eksfoliasi kulit terlebih dahulu untuk memastikan semua kulit mati tersingkirkan. Untuk meminimalisir rasa sakit dan pencabutan bulu lebih mudah, pegang kulit dengan satu tangan dan tangan lain mencabut bulu.

Bercukur

Satu yang pasti, metode bercukur di sini tidak sama dengan mencukur kaki. Agar prosesnya tidak menyakitkan dan hasilnya memuaskan, cobalah untuk mencukur bulu wajah sesuai dengan arah pertumbuhan rambut. Atau jika bulu kasar dan keriting sehingga mungkin bertumbuh dari berbagai arah, kamu bisa mencukurnya dari arah yang bergantian.

Cara menghilangkan bulu pada wajah: Persiapkan kulit sebelum dicukur. Misalnya dengan menguapi untuk melembutkan kulit di sekitar folikel rambut. Atau gunakan minyak nonkomedogenik untuk melembutkan helai bulu. Bersihkan pencukur dan mulailah bercukur. Gunakan pelembap setelahnya (pastikan tidak mengandung alkohol).

Waxing di Rumah

Kelebihan waxing dibandingkan dengan dua metode di atas adalah hasilnya lebih tahan lama. Dan beruntungnya kita yang hidup di dunia modern, selalu ada produk waxing yang tersedia untuk segala jenis rambut, termasuk bulu di wajah.

Dikarenakan kulit di sekitar wajah super sensitif dan halus (dibandingkan area tubuh lain), disarankan untuk menggunakan facial wax strips untuk proses yang lebih efektif dan tidak menyakitkan. Satu hal yang perlu diingat: cek produk perawatan kulitmu, apakah mengandung bahan-bahan yang membuat kulit lebih sensitif saat di-waxing. Contohnya, eksfoliator yang mengandung AHA, BHA, atau retinoid.

Dan untuk kamu yang memiliki kulit berjerawat, pastikan selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan waxing. Sementara untuk pemilik kulit sensitif, metode ini sebaiknya dihindari atau cek bahan-bahan wax untuk memastikan tidak ada alergen.

Cara menghilangkan bulu pada wajah: Pastikan kamu memegang kulit dengan sangat kencang, lalu tarik wax ke arah berlawanan. Ini untuk memastikan bulu dicabut dengan cepat dan nyaman hingga ke akarnya. Setelah melakukannya, hindari menyentuh wajah agar tidak bersentuhan dengan minyak atau bakteri yang bisa membuat kulit teriritasi. Aplikasikan pelembap atau kompres dingin jika kulit terasa seperti sedikit terbakar.

Selanjutnya: Apakah disarankan untuk mencukur rambut kemaluan? Begini pendapat seorang spesialis kulit dan kelamin.