Sedang Mengalami Masalah Bau Mulut? Begini Cara Menghilangkannya

cara menghilangkan bau mulut
Foto: www.freepik.com

Sepertinya bahkan Cleopatra mungkin pernah mengalami bau mulut, soalnya kita adalah manusia yang masih makan sehingga kemungkinan besar mengalami penumpukan bakteri di dalam rongga mulut. Bau mulut memang bukan merupakan kondisi yang gawat, namun hal ini akan mengganggu aktivitas dan membuatmu kehilangan kepercayaan diri ketika berinteraksi dengan orang lain. Jika kamu ingin mengetahui bagaimana cara menghilangkan bau mulut, maka wajib baca artikel ini.

LIMONE telah mewawancarai seorang dokter gigi, drg. Nur Silmi Istiqomah untuk membahas penyebab bau mulut dan cara mengatasinya.

Apa Penyebab Bau Mulut?

Foto: www.unsplash.com

Dokter Silmi menuturkan bahwa bau mulut atau yang dikenal dengan istilah halitosis merupakan keadaan di mana keluarnya bau yang tidak sedap yang ada di dalam mulut. Kondisi ini dapat disebabkan oleh dua faktor yakni berasal dari dalam rongga mulut dan di luar rongga mulut.

“Dari rongga mulut bisa berasal dari bakteri, yang mana terjadi pembentukan senyawa sulfur oleh bakteri di rongga mulut sehingga menyebabkan bau mulut. Dari luar rongga mulut bisa disebabkan seperti penyakit sistemik seperti diabetes dan gagal ginjal, serta penyakit lambung kronis yang bisa menyebabkan bau mulut,” paparnya.

Ia juga menambahkan bahwa pada dasarnya terdapat bakteri di dalam mulut dan apabila aktivitas bakteri ini meningkat, maka akan menyebabkan beberapa penyakit di dalam rongga mulut. Sehingga penyakit-penyakit inilah yang menimbulkan bau mulut, seperti adanya infeksi pada jaringan gigi atau jaringan di sekitar gigi. 

“Kalau di luar rongga mulut biasanya berasal dari makanan ataupun penyakit dari luar rongga mulut tapi menimbulkan gejala di rongga mulut, seperti penyakit lambung kronis, ataupun penyakit sistemik seperti diabetes atau penyakit ginjal,” tambahnya.

Baca Juga :  Pandemi Bikin Jam Tidur Kacau–Bagaimana agar Bisa Cepat Tidur?

Selain itu, terdapat beberapa bahan makanan dan kebiasaan tertentu yang dapat menyebabkan terjadinya bau mulut, seperti:

Bawang 

Bawang memang menjadi salah satu makanan yang dapat menimbulkan bau tajam, baik bawang merah, putih, maupun bawang bombai. Hal ini dikarenakan keduanya memiliki kandungan senyawa sulfat yang diserap ke dalam aliran darah sehingga bau yang ditimbulkan akan bertahan lama.

Acar

Acar merupakan makanan pendamping yang berisi timun, wortel, bawang yang difermentasikan dengan air cuka. Pada dasarnya cuka memiliki bau yang sangat tajam. Akibatnya, ketika mengonsumsi acar yang di dalamnya terdapat cairan cuka, maka hal ini dapat menimbulkan bau mulut.

Merokok 

Memiliki kebiasaan merokok ternyata dapat menyebabkan timbulnya bau mulut. Hal ini disebabkan oleh tar dan nikotin yang berasal dari rokok. 

Minuman beralkohol 

Mengonsumsi minuman beralkohol dapat menimbulkan bau mulut yang sulit untuk dihilangkan. Bau mulut yang ditimbulkan berasal dari zat yang terkandung dalam minuman tersebut. 

Bagaimana Cara Menghilangkan Bau Mulut?

cara menghilangkan bau mulut
Foto: www.unsplash.com

Ketika mengalami kondisi bau mulut, hal ini pasti akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Bau mulut ini bahkan tetap eksis, bahkan setelah kamu melakukan segala macam cara untuk menghilangkannya. 

“Untuk gejala dari bau mulut sendiri, pasien akan merasa tidak nyaman dan merasa bau. Padahal sudah sikat gigi, tapi tetap bau. Atau misalnya dia memiliki gigi palsu dan ketika dilepas tapi tetap bau. Jadi rongga mulut merasa tidak nyaman, meski sudah sikat gigi,” ujarnya.

Karena mengganggu aktivitasmu, maka hal ini harus segera ditangani. Menurut Dokter Silmi, cara menghilangkan bau mulut adalah dengan mengetahui penyebab dari terjadinya bau mulut yang dialami, setelah itu baru bisa ditangani.

Baca Juga :  Mikrobioma Penis Bisa Menyebabkan Infeksi VB pada Pasangannya

“Bila memiliki penyakit di dalam rongga mulut seperti adanya pembusukan di gigi atau penyakit infeksi gigi dan jaringan sekitar gigi lainnya, sebaiknya lakukan perawatan gigi ke dokter gigi untuk mengatasi penyebabnya,” terangnya.

Hal ini perlu dilakukan ketika kamu sudah merasa tidak nyaman dengan bau mulut yang dialami. Untuk itu ia menyarankan agar berkonsultasi ke dokter gigi atau dengan melakukan  pemeriksaan rutin setiap enam bulan sekali.

“Waktu yang tepat untuk konsultasi untuk bau mulut sih sebenarnya ketika sudah merasa tidak nyaman, ya. Namun 'kan ada anjuran juga untuk periksa ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Jadi, ketika kita rajin kontrol dan periksa meski tidak ada sakit ataupun keluhan, akan bisa terkontrol dengan baik. Alhasil, bisa mencari tahu penyebab kenapa kita bisa bau mulut, kalau tidak dari dalam rongga mulut berarti dari sistemik tubuh kita sendiri,” tekannya.

Bagaimana Menghindari Timbulnya Bau Mulut?

Foto: www.unsplash.com

Siapapun pasti tidak ingin mengalami bau mulut, untuk itu kamu dapat menghindarinya dengan cara selalu menjaga kebersihan gigi dan mulut. Sebuah langkah yang sederhana namun memiliki dampak yang besar.

“Dengan cara sikat gigi dua kali sehari, minimal pagi 30 menit setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Kemudian hindari makanan-makanan yang berbau menyengat. Boleh dikonsumsi tapi jangan lupa dikontrol kebersihannya. Bau-bau menyengat jika dibiarkan kelamaan serta terlalu sering dan kita tidak cleansing di dalam rongga mulut kita ya, sama saja,” Dokter Silmi mengingatkan.

Ia juga menyarankan untuk tidak melakukan kebiasaan dan mengonsumsi makanan yang dapat menjadi penyebab bau mulut, seperti bawang, minuman beralkohol, dan merokok. Selain itu, ia juga menganjurkan untuk membersihkan bagian lidah.

Baca Juga :  5 Hal Ini Akan Membuat Pagimu Lebih Menyenangkan

“Ketika sikat gigi, jangan lupa untuk membersihkan bagian lidah juga. Karena kalau lidah tidak dibersihkan, itu akan menyebabkan penumpukan makanan di lidah sehingga bisa membuat bau mulut. Terus gunakan alat kumur seperlunya saja. Kalau memang tidak ada keluhan lebih baik tidak usah menggunakan alat kumur,” tegasnya.

Selanjutnya: Cara Paling Efektif Mengobati Sakit Gigi