Ingin Lengan Terlihat Lebih Kecil? Begini Cara yang Tepat Menurut Ahli

cara mengecilkan lengan
Foto: www.rawpixel.com

Ketika berdiri di cermin dan mendapati area lengan yang dirasa membesar, mungkin akan membuatmu merasa kurang percaya diri untuk memakai baju sleeveless. Sehingga buru-buru mengambil ponsel dan mengetikkan “cara mengecilkan lengan” di boks pencarian Google.

Selamat, kamu berada di laman yang tepat karena LIMONE telah menghubungi Amanda Syamsuddin, Co-founder Fitness Embassy Makassar, Certified Pound Pro, dan Certified APKI Suspension Trainer yang akan membahas cara mengecilkan lengan yang bisa langsung kamu terapkan.

Apa Penyebab Lengan Menjadi Besar?

Foto: www.pexels.com

Menurut Coach Amanda, “banyak faktor yang menyebabkan seseorang memiliki lengan yang besar. Di antaranya adalah keturunan dan gaya hidup. Pola makan serta pola hidup yang tidak sehat, seperti asupan makanan yang berlebihan dan kurang sehat, serta kurang aktif bergerak, dapat menyebabkan penumpukan lemak, salah satunya di daerah lengan,” jelasnya.

Selain itu, lengan yang besar juga dapat disebabkan oleh hormon testosteron. “Meskipun dominan dimiliki oleh laki-laki, namun ternyata perempuan juga dapat memiliki hormon yang satu ini. Hormon testosteron dapat mendukung kemampuan tubuh untuk membangun otot dan energi,” ujarnya.

“Ketika hormon testosteron turun, maka tubuh akan lebih cenderung untuk menyimpan lemak dan kelebihan lemak akan disimpan pada bagian tubuh, salah satunya pada bagian lengan. Stres dan kurang tidur merupakan beberapa faktor yang dapat menyebabkan penurunan kadar testosteron,” lanjutnya.

Apakah Memiliki Lengan yang Besar dapat Memengaruhi Kesehatan?

cara mengecilkan lengan
Foto: www.freepik.com

Pada dasarnya, memiliki lengan yang besar tidak memengaruhi kesehatan. “Namun yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai berat badan menjadi berlebih atau obsese. Karena obesitas atau kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan,” ungkap Coach Amanda.

Baca Juga :  Mengenali Gejala Keputihan Tidak Normal dan Cara Mengatasinya

Meski tidak memengaruhi kesehatan, namun lengan yang besar akan berdampak pada penampilan. “Sehingga cenderung mengurangi rasa percaya diri. Terutama ketika sedang mengenakan pakaian yang memperlihatkan bagian lengan,” terangnya.

Tanda bahwa kita memiliki lengan yang besar adalah “akan terlihat ketika menggunakan baju tanpa lengan atau saat menggunakan baju yang terasa sempit di bagian lengan,” paparnya.

Bagaimana Cara Mengecilkan Lengan?

Foto: www.freepik.com

Ketika menyadari bahwa memiliki lengan yang besar, pasti beberapa orang mulai mencari berbagai cara mengecilkan lengan, dan jika kamu sedang membaca artikel ini—kamu super beruntung! Coach Amanda menuturkan bahwa terdapat beberapa cara mengecilkan lengan yang bisa dilakukan, yakni:

Menjaga pola makan

Disarankan untuk mengonsumsi makanan yang tinggi serat, seperti terdapat pada sayur dan buah. Pasalnya, “serat dapat membantu tubuh untuk merasa kenyang lebih lama, sehingga pola makan pun akan lebih terkendali,” katanya.

Meningkatkan konsumsi protein

Menurut Coach Amanda, menambah konsumsi protein juga bisa membantu meningkatkan massa otot. “Apalagi jika dibarengi dengan olahraga, maka dapat mengganti lemak di lengan menjadi otot,” tuturnya.

Rutin berolahraga

Disarankan untuk melakukan olahraga minimal tiga kali seminggu dengan durasi selama 30 menit. “Selain melakukan olahraga cardio untuk mengurangi kadar lemak, sebaiknya juga dibarengi dengan olahraga strength training untuk membentuk massa otot,” lanjutnya.

Cukup tidur

Sangat penting untuk memenuhi kebutuhan tidur setiap harinya. Coach Amanda menyarankan untuk tidur selama enam hingga delapan jam setiap harinya.

Hindari stres

Selain empat cara di atas, kamu juga perlu menghindari stres untuk menjaga tubuh agar tetap fit.

Jenis Olahraga Apa yang Tepat untuk Mengencangkan Lengan?

cara mengecilkan lengan
Foto: www.freepik.com

Sesungguhnya, untuk mengencangkan lengan bisa dilakukan olahraga strength training atau latihan kekuatan. “Jangan hanya melakukan gerakan yang bertumpu pada lengan saja, karena hal ini terbukti tidak efektif untuk mengencangkan lengan,” tuturnya.

Baca Juga :  Sarapan Sebelum Jam Ini Bisa Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2

Selain itu, “sebenarnya tubuh manusia tidak bisa memilih bagian mana yang ingin dikencangkan, karena nantinya akan berdampak secara keseluruhan. Selama ini, banyak yang percaya kalau latihan perut, maka perut saja yang akan mengecil atau yang sering disebut dengan sport reduction. Padahal, hal ini tidaklah tepat,” jelas Coach Amanda.

“Oleh karena itu, untuk mengencangkan lengan disarankan melakukan olahraga yang melatih seluruh otot tubuh. Sering dengan penurunan kadar lemak tubuh dan bertambahnya massa otot, maka nantinya lengan juga akan menjadi kencang,” imbuhnya.

Coach Amanda juga menjelaskan bahwa “bagian tubuh itu tidak dikecilkan, tetapi dikencangkan. Kalau bagian tubuh lebih kencang, maka secara visual akan terlihat lebih kecil,” terangnya.

Kesimpulan

Foto: www.xframe.io

Untuk cara mengecilkan lengan, hal ini tidak bisa dilakukan tanpa berolahraga. “Hanya memperbaiki pola makan tanpa berolahraga, tidak dapat mengencangkan lengan,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa sebenarnya cara mengencangkan lengan bisa saja dilakukan dalam waktu yang singkat, tetapi akan sulit untuk dirawat. “Segala sesuatu yang diperoleh instantly, maka akan cepat juga hilangnya. Untuk itu, kuncinya adalah rutin dan konsisten berolahraga, maka hasilnya akan dapat di-maintain lebih lama,” lanjutnya.

Selain konsisten berolahraga, pola makan yang benar dan tidur yang cukup juga bisa memengaruhi tampilan lengan. Ia berpesan bahwa agar “sabar dan konsisten. Ingat, yang instan tidak pernah bisa bertahan lama. Jadi, tetap rajin olahraga dan ubah gaya hidupmu menjadi lebih sehat,” tutupnya.