Ini yang Sebaiknya Dilakukan Saat Anak Susah Poop

anak susah poop
Foto: www.istockphoto.com

Apa tanda-tanda anak susah poop dan bagaimana mengatasinya? Jika ini menjadi salah satu pertanyaan dan kekhawatiranmu akhir-akhir ini, maka baca sampai habis artikel ini.

Tanda-Tanda Anak Susah BAB

Tanda-tandanya di antaranya: BAB (buang air besar) kurang dari tiga kali seminggu air besarnya usah dikeluarkan, ukuran tinja super besar (bahkan bisa menyumbat toilet). Selain itu, kotorannya merembes.

Maksudnya? Kok bisa kotoran merembes disebut konstipasi?

“Yang terjadi adalah kotoran dalam jumlah besar itu merembes ke luar dari dubur. Hal ini menyebabkan dua masalah: kotoran yang lebih cair keluar, dan perenggangan ini membuat saraf di sekitar anus kurang bekerja, dan tidak selalu bisa mendeteksi bahwa kotoran akan keluar,” tulis Clair McCarthy, MD, di Harvard Health Publishing.

Apa yang Harus Dilakukan Saat Anak Susah Poop?

Phiuuh, membacanya saja membuat kita meringis, apalagi bagi anak yang sedang mengalami susah BAB. Lalu bagaimana membantu anak yang susah poop? McCarthy membeberkan lima hal yang bisa kamu lakukan.

Tambahkan serat ke dalam makanan anak. Ini bisa berupa sayuran dan buah (direkomendasikan lima porsi untuk anak per hari), dan gandum utuh.

Pastikan mereka minum air putih yang cukup. Air putih lebih baik dibandingkan jus, soda, atau cairan lain.

Batasi porsi susu. “Minum susu terlalu banyak bisa menyebabkan konstipasi bagi sejumlah anak. Minum susu juga bisa menyebabkan anemia, dan membuat anak kurang selera menikmati makanan lain seperti buah dan sayuran, jadi memperhatikan porsi [susu] adalah tindakan yang tepat,” jelasnya. FYI, porsi susu untuk anak-anak berusia 1-8 tahun adalah 2 gelas per hari, dan anak yang lebih tua sekitar 3 gelas.

Pastikan mereka ke toilet secara teratur. Biasanya anak yang susah poop akan cenderung menghindari toilet. Namun, hal ini akan membuat memperparah masalah susah poop. Oleh karena itu, “pastikan mereka ke toilet setiap makan,” sarannya. Untuk membuat waktu di toilet tidak membosankan, dipersilakan memberikan komik, majalah, atau games kepada anak. Selama apa anak duduk di toilet? Coba pasang alarm untuk 5 sampai 10 menit.

Coba obat. Jika anak masih susah poop, bahkan setelah melakukan semua hal di atas, McCarthy menyarankan untuk mencoba memberikan obat kepada anak. Namun, “kamu sebaiknya selalu berkonsultasi dengan ahli medis sebelum menggunakan obat untuk konstipasi,” tegasnya.

Dan, jika anak tetap susah poop, atau muntah dan demam karena konstipasi, segera hubungi dokter.

Oh, pastikan anak selalu mencuci tangan setelah menggunakan toilet. Lalu, coba trik jenius dan sederhana ini untuk mendorong anak lahap makan sayur.

error: Konten dilindungi !!