6 Cara Mudah Mencuci Sepatu Dan Membuatnya Seperti Baru

cara mencuci sepatu
Foto: www.canva.com

Untuk menjaga sepatu agar tetap bersih bukanlah hal yang mudah. Apalagi jika kamu tidak mengetahui cara mencuci sepatu yang tepat, maka akan lebih sulit untuk menjaga sekaligus menggunakannya dalam jangka waktu yang lama.

Bahkan, cara mencuci sepatu yang kurang tepat juga bisa membuat tekstur dan warna sepatu menjadi pudar. Hal ini pastinya dapat mengurangi nilai dari penampilanmu.

Berikut cara mencuci sepatu yang benar dengan berbagai jenis bahan:

Sepatu Kain

Foto: www.canva.com

Baik itu sandal bertali, sepatu kets, sandal datar, atau apa pun jenisnya, alas kaki berbahan kain akan lebih mudah terkena kotoran.

Tak jarang, mungkin sebagian orang juga akan menemukan beberapa saran untuk membersihkan sepatu kain dengan menggunakan mesin cuci.

Padahal ini merupakan cara yang harus dihindari, karena nantinya bisa mengubah bentuk sepatu atau bahkan merobek kainnya.

Namun jangan khawatir, karena membersihkan alas kaki berbahan kain ternyata sangat mudah. Kamu hanya perlu mencucinya dengan menggunakan tangan dan beberapa perlengkapan lainnya.

Berikut tips mencuci sepatu berbahan kain:

  • Untuk menghilangkan kotoran di permukaan, bersihkan bahan kain tersebut dengan menggunakan handuk kertas yang kering
  • Siapkan mangkuk berukuran kecil dan campurkan satu sendok teh sabun cuci piring dengan dua cangkir air hangat
  • Celupkan sikat gigi ke dalam larutan sabun, kemudian gosok perlahan pada bagian kain
  • Pastikan kamu tidak menggosoknya secara kasar untuk menjaga warnanya agar tetap konsisten
  • Selanjutnya, bersihkan seluruh sepatu dengan handuk kertas yang telah dibasahi dengan air
  • Terakhir, biarkan sepatu mengering dengan sendirinya, dan hindari menjemurnya di bawah sinar matahari langsung

Sangat disarankan untuk tidak merendam sepatu ke dalam air, baik itu air biasa atau air sabun. Jika alas kaki berada dalam kondisi yang basah, maka keringkan terlebih dahulu hingga kotorannya menjadi kering.

Sepatu Kulit

cara mencuci sepatu
Foto: www.canva.com

Untuk membersihkan sepatu berbahan kulit asli atau imitasi, ternyata hal ini bisa dilakukan dengan mudah. Jangan sampai kamu merendam sepatu kulit ke dalam air.

Mulailah dengan menyeka kotoran dengan menggunakan kain yang telah dicelupkan di dalam campuran air dingin dan cuka putih dengan perbandingan yang sama.

Setelahnya, biarkan sepatu mengering dengan sendirinya. Namun jika tujuanmu membersihkan sekaligus memperbaiki kulit yang tergores atau lecet, ada baiknya menggunakan produk khusus seperti semir sepatu.

Jika memang tidak memiliki semir yang cocok dengan sepatu yang kamu miliki, maka ini saat yang tepat untuk mencampurkan air dengan sedikit soda kue. Gunakan kain dan gosok dengan lembut pada area yang lecet, dan biarkan alas kaki mengering.

Sepatu Suede

Foto: www.canva.com

Untuk menjaga suede agar tetap terlihat baik adalah dengan melakukan perawatan secara teratur. Pastikan kamu menjaga permukaan alas kaki agar tetap kering, dan gunakan sikat berbulu lembut untuk menghilangkan kotoran setiap selesai digunakan.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Sepatu Yang Lagi Trend Wajib Kamu Coba

Sangat dianjurkan untuk menghilangkan noda yang menempel secepat mungkin, dan jangan dibiarkan terlalu lama menempel pada sepatu.

Pada noda yang berminyak, kamu bisa menggunakan bedak bayi untuk menyerap minyaknya. Taburkan bedak pada noda selama satu jam, dan sikat dengan perlahan.

Sedangkan untuk noda yang basah, gunakan handuk kertas atau kain untuk menyerap kelembapannya. Dan biarkan sepatu kering dengan sendirinya.

Sol Wedges

Foto: www.canva.com

Setelah membersihkan bagian atas dari sepatu, jangan lupa untuk mencuci bagian sol dari alas kaki jenis wedges.

Campurkan empat cangkir air hangat, ¼ cangkir cuka putih, dan satu sendok teh sabun cuci piring. Kemudian gunakan sikat gigi atau kain bekas untuk membersihkannya.

Untuk sol tali, sebaiknya menggosokkan hanya dengan satu arah. Setelah semuanya telah bersih, kamu bisa mengelap dengan kain yang telah dicelupkan ke dalam air biasa.

Tips Membersihkan Sepatu

cara mencuci sepatu
Foto: www.freepik.com

Berikut beberapa tips membersihkan sepatu dengan mudah:

Gunakan sikat

Mulai dari sol luar, sol tengah, hinggabagian atasnya, kamu bisa membersihkan kotoran dengan menggunakan sikat sepatu yang berbulu lembut.

Namun jika tidak memiliki sikat khusus, maka kamu bisa menggunakan sikat gigi bekas.

Buat larutan pembersih

Untuk membersihkannya, kamu bisa membuat larutan yang terdiri dari air hangat yang telah dicampur sabun cuci piring. Selain itu, bisa juga dengan mencampurkan soda kue ke dalam air.

Mulai bersihkan bagian atas

Gunakan larutan pembersih dan sikat berbulu halus atau kain yang lembap untuk membersihkan bagian atas sepatu. Pastikan kamu tidak menggosoknya terlalu keras.

Setelah itu, gunakan handuk kering atau kain lembut untuk mengangkat sisa kotoran dan sabun yang menempel.

Tidak disarankan untuk mengeringkan sepatu dengan cara menggosokkan kain, karena hal tersebut hanya akan merusak sepatu atau menyebarkan kotoran kecil yang tersisa.

Cuci bagian tali

Jangan lupa untuk melepaskan tali sepatu dan mengoleskan sedikit larutan pembersih yang telah dibuat. Cuci tali dengan menggunakan tangan, kemudian bilas dan keringkan dengan kain lembut.

Jangan lupakan bagian sol

Tak lupa, bersihkan bagian sol luar dan sol tengah secara menyeluruh. Jika kamu ingin mencuci sol bagian dalam, maka lepaskan terlebih dahulu dan bersihkan menggunakan larutan pembersih.

Pastikan kamu telah mengeringkannya terlebih dahulu sebelum memasukkannya kembali ke dalam sepatu.

Keringkan dengan tepat

Terakhir, biarkan sepatu mengering dengan sendirinya. Jangan sampai kamu menjemurnya di bawah sinar matahari langsung.

Sebagian besar sepatu membutuhkan waktu selama delapan jam untuk benar-benar kering. Pastikan alas kaki tersebut telah kering sebelum digunakan untuk beraktivitas.