Ternyata, Ada Cara yang Benar (dan Salah) Membuat Teh

cara membuat teh
Foto: www.unsplash.com

Percaya atau tidak, orang-orang pintar di dunia ini (baca: para ilmuwan) juga penasaran dengan cara membuat teh yang benar. Uh-uh, tidak hanya kamu atau penjual secangkir es teh manis.

Sudah lama para ilmuwan memperdebatkan apakah cara terbaik membuat teh adalah dengan menjerang air terlebih dahulu di cerek atau memanaskan air di microwave. Manakah yang paling tepat? Sebuah studi yang baru-baru ini diterbitkan di jurnal AIP Advances dari American Institute of Physics mencoba menjawab pertanyaan ini.

Ketika para ilmuwan membandingkan dua cara pembuatan teh itu, ada satu hal penting yang ditemukan: Ketika menggunakan microwave, air memanas tapi tidak semerata jika dijerang dengan menggunakan cerek. Pasalnya, microwave memanaskan cairan bagian atas dibandingkan dengan bagian bawah. Sementara cerek, memanaskan air dari bawah ke atas.

Proses pemanasan dari bawah ke atas ini disebut konveksi (convection) dan seiring cairan di bagian bawah menghangat, cairan tersebut menjadi kurang padat dan bergerak ke atas, dan memberikan bagian cairan yang lebih dingin berhubungan dengan sumber panas. Alhasil, air di dalam gelas memiliki temperatur yang sama.

Nah, hal tersebut tidak terjadi di dalam microwave karena medan listrik yang berperan sebagai sumber panas ada di mana-mana. Oleh karena seluruh gelas menghangat, proses konveksi tidak terjadi. Alhasil, cairan di bagian atas menjadi lebih panas dibandingkan di bagian bawah.

Dengan kata lain, cara yang lebih tepat menyeduh cairan berwarna cokelat keemasan (well, paling tidak menurut penelitian ini) adalah dengan menjerang air di dalam cerek. Ah, pecinta teh pasti senang luar biasa mendengar kabar ini. Atau, jangan-jangan kamu masih tetap memegang teguh prinsip “menyeduh teh lebih enak dengan microwave?” Silakan saja.

Selanjutnya: Apa teh favoritmu? Studi menunjukkan bahwa dua teh ini (plus dua jenis minuman lain) bisa mengurangi jerawat. Oh, apakah kamu pecinta kopi? Sebuah penelitian menegaskan bahwa ini cara tersehat membuat kopi. Dan berbicara tentang kopi, ini manfaat kopi untuk kesehatan kulit.

podcast button