Perlu Dicoba: 8 Cara Mudah Membuat Masker Tomat

cara membuat masker tomat
Foto: www.unsplash.com

Setelah beraktivitas seharian, wajah akan terasa kusam, lelah, dan berminyak. Untuk membuatnya kembali bersih, cerah, dan segar, maka kamu dapat melakukan perawatan wajah seperti menggunakan masker dari bahan alami yakni tomat. Tetap di laman ini untuk mengetahui cara membuat masker tomat yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah.

Apa Manfaat Tomat Untuk Kulit?

Foto: www.unsplash.com

Tomat diklaim dapat memberikan beragam manfaat untuk mengatasi permasalahan kulit, mulai dari warna kulit yang tidak rata hingga tanda-tanda penuaan.

Membantu mencegah kanker kulit

Paparan sinar matahari merupakan salah satu faktor penyebab kanker kulit dan tomat mengandung lycopnene yang memiliki efek anti-kanker yang kuat. Dalam sebuah penelitian, hewan yang diberi makan tomat memiliki kemungkinan lebih sedikit terkena tumor.

Hal ini menunjukkan bahwa tomat dapat mencegah perkembangan kanker kulit, namun tentunya masih perlu penelitian lebih lanjut terkait hal tersebut.

Mengurangi risiko sengatan matahari

Meski bisa mengurangi risiko sengatan matahari, namun tomat bukan pengganti tabir surya. Kandungan likopen dalam buah ini mampu melindungi wajah dari eritema atau sengatan matahari yang disebabkan oleh sinar UV.

Jangan lupa untuk tetap menggunakan sunscreen ketika ingin beraktivitas di luar ruangan.

Dapat mempercepat penyembuhan luka

Tomat merupakan buah yang kaya akan vitamin C. Seperti yang diketahui, vitamin yang satu ini memiliki beragam manfaat pada kulit, termasuk meningkatan pertumbuhan jaringan ikat baru sehingga dapat membantu memperbaiki luka dan mempercepat proses penyembuhan.

Meredakan peradangan kulit

Beberapa senyawa yang terkandung dalam tomat, seperti likopen, beta karoten, lutein, vitamin C dan E, ternyata memiliki efek anti-inflamasi. Ketika dioleskan pada kulit, senyawa ini dapat membantu meringankan rasa sakit yang disebabkan oleh iritasi kulit atau paparan sinar matahari.

Baca Juga :  5 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Kulit

Merangsang produksi kolagen

Sumber vitamin C yang terkandung dalam tomat ternyata juga dapat membantu merangsang produksi kolagen. Ketika dioles secara topikal, vitamin ini dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit, serta membuat kulit menjadi lebih kencang.

Mengangkat sel kulit mati

Sel kulit mati yang menumpuk pada wajah pastinya akan mengganggu penampilan. Dan tomat merupakan salah satu bahan alami yang dapat membantu mengelupaskan sel kulit mati sehingga akan meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit wajahmu.

Memiliki sifat anti-penuaan

Kandungan vitamin B yang ada pada tomat ternyata dapat berperan penting untuk kesehatan kulit, seperti membantu mengurangi bintik-bintik hitam, garis halus, serta kerutan pada wajah.

Tak hanya itu, vitamin B ini juga dapat berkontribusi pada perbaikan sel dan mampu mengurangi hiperpigmentasi yang disebabkan oleh sinar matahari.

Adakah Efek Samping dari Penggunaan Tomat pada Kulit?

cara membuat masker tomat
Foto: www.canva.com

Tomat memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kulit. Namun ternyata, buah ini tidak dapat digunakan oleh semua jenis kulit.

Secara alami, tomat bersifat asam, dan jika kamu sensitif atau alergi terhadap asam alami, maka penggunaan tomat pada kulit wajahmu perlu dihindari karena akan menimbulkan reaksi pada kulit.

Tanda-tanda reaksi kulit yang dialami meliputi:

  • Ruam
  • Gatal
  • Kemerahan
  • Iritasi

Untuk mengetahui adanya reaksi alergi tomat pada kulitmu, maka lakukan tes terlebih dahulu. Caranya dengan mengoleskan sedikit jus tomat ke bagian lengan bawah dan tunggu beberapa menit untuk melihat reaksinya.

Cara Membuat Masker Tomat

Foto: www.canva.com

Berikut delapan cara membuat masker tomat yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah:

Untuk kulit berjerawat

Campurkan buah tomat dengan minyak jojoba dan tree tea oil ternyata ampuh untuk mengontrol minyak berlebih yang dapat menyumbat pori-pori, membersihkan infeksi, dan mencegah timbulnya jerawat.

Cara membuatnya sangat mudah yakni siapkan ½ buah tomat, 1 sendok teh minyak jojoba, dan 3-5 tetes minyak pohon teh.

Baca Juga :  Bagaimana Memilih Produk Skin Care Kulit Kering Yang Tepat? Ini Penjelasan Ahli

Haluskan tomat dan campurkan minyak jojoba dan tree tea oil hingga berbentuk menyerupai pasta, kemudian oleskan campuran ini ke wajah dan diamkan hingga 10-15 menit.

Setelah itu, bilas menggunakan air hangat dan bilas kembali menggunakan air dingin. Kamu bisa menggunakan masker ini sebanyak dua sampai tiga kali dalam seminggu.

Untuk mengatasi noda hitam

Tomat memiliki kandungan yang dapat membantu mencerahkan noda hitam, terlebih jika dicampur dengan madu yang dapat membantu menyembuhkan sekaligus memberikan nutrisi dan antioksidan pada wajah.

Siapkan 2 sendok makan tomat yang sudah dihaluskan dan tambahkan 1 sendok teh madu. Oleskan campuran masker pada wajah dan biarkan selama 15 menit hingga mengering. Kemudian bilas menggunakan air hangat.

Untuk mengatasi komedo

Cara membuat masker tomat untuk mengatasi komedo adalah dengan mencampurnya bersama oatmeal dan yoghurt.

Oatmeal dapat berfungsi sebagai pembersih yang dapat menghilangkan kotoran yang menumpuk pada pori-pori, sementara yoghurt dapat membantu mengelupaskan sel-sel kulit mati.

Siapkan 1-2 sendok tomat yang sudah dihaluskan, 1 sendok makan oat, dan 1 sendok makan yoghurt tawar. Campurkan yoghurt dan bubur tomat kemudian tambahkan oat ke dalam masker secara perlahan.

Setelah itu panaskan masker dan aduk hingga rata. Biarkan adonan masker menjadi dingin dan kemudian oleskan pada wajahmu.

Setelah dibiarkan selama 15 menit maka kamu dapat membersihkannya dengan menggunakan air biasa.

Untuk kulit kombinasi

Kombinasi tomat dan alpukat ternyata dapat berfungsi untuk menyeimbangkan produksi minyak di kulit, melembapkan, dan menjaga kesehatan kulitmu. Selain itu, masker ini juga dapat memperlambat proses penuaan kulit.

Kamu bisa menyiapkan 1 sendok makan bubur tomat yang dicampurkan dengan alpukat yang sudah dihaluskan. Setelah itu oleskan dan biarkan mengering selama 10 menit, kemudian bilas dengan menggunakan air biasa.

Untuk mata panda

Daging buah tomat mampu bekerja dengan baik untuk mencerahkan kulit, termasuk lingkaran hitam yang berada di bawah mata.

Baca Juga :  Amankah Pakai Masker Putih Telur Buatan Sendiri? Ini Kata Dermatolog

Selain itu, masker tomat ini dapat dicampurkan dengan lidah buaya yang mengandung antioksidan dan senyawa anti-inflamasi yang dapat membantu meremajakan kulitmu.

Cobalah untuk menyiapkan 1 sendok teh jus tomat dan mencampurkannya dengan beberapa tetes gel lidah buaya. Oleskan masker ini secara hati-hati pada area bawah mata dan biarkan mengering selama 10 menit sebelum membilasnya.

Untuk kulit kering

Campuran tomat dan minyak zaitun ternyata dapat membuat kulitmu menjadi lembut dan lembap. Hal ini disebabkan karena minyak zaitun yang mengandung asam lemak esensial yang dapat menyehatkan kulit.

Kamu bisa menyiapkan 1 buah tomat dan 1 sendok teh minyak zaitun murni. Potong tomat menjadi dua bagian dan peras tomat ke dalam mangkuk, kemudian tambahkan minyak zaitun dan aduk hingga rata.

Setelah itu oleskan campuran ini dan biarkan selama 15-20 menit lalu bersihkan dengan air hangat.

Untuk bintik hitam

Tomat yang dicampur dengan lemon nantinya akan bekerja maksimal untuk membantu mencerahkan bintik-bintik hitam pada wajah.

Siapkan 1 sendok teh bubur tomat dan campurkan 3-4 tetes jus lemon, kemudian oleskan pada area bintik hitam dan biarkan mengering selama 10-20 menit. Setelah itu kamu bisa membilasnya dengan air hangat.

Untuk kulit berminyak

Cara membuat masker tomat untuk kulit berminyak ternyata sangat mudah, yakni dengan mencampurkan buah berwarna merah tersebut dengan mentimun.

Karena mentimun dapat berfungsi untuk mengencangkan kulit dan menyeimbangkan pH kulit. Selain itu, mentimun juga dapat mengencangkan pori-pori dan dapat mencegah jerawat.

Siapkan ½ buah tomat dan ¼ mentimun. Peras potongan buah tomat ke dalam mangkuk dan tambahkan mentimun yang sudah dihaluskan.

Kemudian oleskan campuran ini dengan bantuan kapas dan kamu dapat membilasnya setelah dikeringkan selama 15-20 menit.