Cara Membuat Masker Wajah dengan 11 Bahan Alami

cara membuat masker alami
Foto: www.freepik.com

Memiliki kulit wajah yang sehat, halus, lembap, dan bersinar merupakan dambaan bagi setiap wanita. Untuk mendapatkannya, maka kamu perlu melakukan perawatan wajah. Salah satu caranya yakni dengan cara membuat masker alami, karena bahan tersebut tidak mengandung kimia sehingga tidak berbahaya bagi kulit.

Selain itu, kamu juga bisa membuatnya dengan mudah di rumah. Jika kamu tertarik untuk mencobanya, berikut cara membuat masker wajah alami dengan menggunakan 11 bahan di bawah ini.

Pisang untuk Menghaluskan Kulit

cara membuat masker alami
Foto: www.freepik.com

Pisang merupakan salah satu buah yang memiliki manfaat baik untuk kulit wajah dengan memiliki kandungan vitamin A yang dapat memudarkan flek dan noda hitam serta menghaluskan kulit kasar.

Selain itu, pisang juga mengandung vitamin B yang dapat melembapkan dan vitamin E yang dapat mengurangi munculnya kerutan. Dengan memiliki banyak manfaat maka kamu bisa membuatnya sendiri di rumah.

Hancurkan pisang matang yang berukuran sedang hingga menjadi halus, kemudian oleskan perlahan ke wajah dan lehermu. Biarkan selama 10 hingga 20 menit kemudian bilas dengan air dingin. Sementara untuk membantu menghilangkan jerawat, kamu dapat menambahkan 2 sendok makan madu dan mencampurkan ¼ cangkir yoghurt tawar.

Timun yang Bisa Mencerahkan Wajah

Foto: www.freepik.com

Timun memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan dan mengandung vitamin A, B1, C, dan kalium. Dengan kaya akan kandungan tersebut, timun dapat memberikan banyak manfaat bagi kulit wajah seperti mencerahkan dan menghidrasi.

Selain itu, timun juga dapat mengurangi keriput pada wajah dan memberikan efek yang menyegarkan.

Siapkan satu potong timun lalu blender hingga halus, kemudian tambahkan 2 sendok makan air mawar lalu aduk hingga rata. Setelah itu, oleskan lapisan masker ke wajah hingga bagian leher dan biarkan selama 15 menit. Bilas wajah dengan air hangat dan kembali bilas dengan air dingin untuk menutup pori-pori wajah.

Mengendalikan Jerawat dengan Cuka Apel

cara membuat masker alami
Foto: www.freepik.com

Cuka apel ternyata dapat digunakan sebagai toner alami dan masker wajah yang dapat membantu mengendalikan jerawat. Dengan memiliki kandungan asam malat dan laktat, hal ini dapat membantu melembutkan serta mengeksfoliasi kulit, mengurangi bintik-bintik merah, dan menyeimbangkan pH kulitmu.

Setelah mencuci muka, campurkan 1 sendok makan cuka sari apel dengan 2 gelas air untuk mengencangkan dan membersihkan kulitmu. Sementara untuk masker wajah, kamu dapat mencampurkan ¼ cangkir cuka sari apel dengan ¼ cangkir air. Kemudian oleskan larutan tersebut dengan lembut ke seluruh wajahmu dan biarkan mengering.

Oatmeal yang akan Menyerap Minyak Berlebih

Foto: www.unsplash.com

Jika kamu mencari perawatan cepat untuk membuat kulit wajahmu menjadi lebih baik, maka pilihlah oatmeal karena memiliki fungsi yang akan menyerap minyak berlebih pada wajah dan mencegah pori-pori wajah menjadi besar. Selain itu, oatmeal juga dapat membantu pengelupasan sel-sel kulit mati dan mengangkat racun penyebab jerawat.

Campurkan ½ cangkir air panas dan 1/3 cangkir oatmeal. Setelah air dan oatmeal mengendap selama dua atau tiga menit, kemudian campurkan 2 sendok makan yoghurt tawar, 2 sendok makan madu, dan satu putih telur. Oleskan masker ini secara tipis ke wajahmu kemudian diamkan selama 10 hingga 15 menit. lalu bilas dengan air hangat.

Angkat Sel Kulit Mati Menggunakan Lemon

cara membuat masker alami
Foto: www.unsplash.com

Lemon mengandung AHA dan BHA yang merupakan dua jenis asam hidroksi yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan membersihkan komedo serta jerawat.

Selain itu lemon juga dapat membantu mencerahkan kulit wajah yang lebih gelap di area tertentu. Dengan kandungan yang beragam, kamu dapat membuat masker lemon sendiri di rumah.

Siapkan jus dari 1 buah lemon kemudian campurkan dengan ¼ cangkir minyak zaitun atau minyak almond untuk membantu mengeksfoliasi kulit. Atau campurkan jus dari ½ lemon dengan 1 sendok makan madu, kemudian oleskan ke wajah dengan merata. Biarkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air hangat.  

Yoghurt agar Kulit Lebih Bersih

Foto: www.freepik.com

Yoghurt mengandung asalm laktat yang dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati pada wajah, sehingga membuat wajahmu terlihat lebih bersih dan segar. Untuk menyamarkan flek hitam kamu dapat mencampurkan lemon dan untuk melembapkan kulit, maka kamu dapat menambahkan madu. Sementara untuk membantu mengencangkan pori-pori, kamu bisa mencampurkan jeruk.  

Kombinasikan 1 sendok teh yoghurt tanpa rasa dengan jus yang terdiri dari ¼ irisan jeruk, dan 1 sendok teh lidah buaya. Oleskan pada wajah dan biarkan selama lima menit sebelum dibilas. Masker wajah ini dapat membantu membuka pori-porimu.

Melembapkan Kulit dengan Susu

cara membuat masker alami
Foto: www.freepik.com

Masker dengan berbahan dasar susu memiliki manfaat yang bermacam-macam seperti membuat kulit menjadi lembap, halus, dan terhidrasi. Selain itu, pembuatannya juga sangat mudah di lakukan di rumah. Untuk membantu menenangkan kulit dan membersihkan serta mengelupaskan sel kulit mati secara alami, kamu dapat menambahkan oatmeal ke dalam masker susu.

Siapkan 2 sendok makan susu bubuk yang dicampur dengan 2 sendok makan oatmeal, 1 sendok teh madu, dan ½ cangkir minyak zaitun, kemudian oleskan pada kulit wajah hingga ke lehermu. Biarkan mengering sepenuhnya lalu bilas dengan air hangat. Wajahmu akan terasa lebih segar setelah memakai masker susu.

Putih Telur Guna Mengencangkan Kulit

Foto: www.freepik.com

Selain baik untuk kesehatan tubuh, putih telur juga dapat digunakan sebagai masker wajah yang memiliki manfaat untuk kulit wajah. Putih telur mengandung protein yang disebut albumim yang dapat membantu mengencangkan kulit, selain itu putih telur juga dapat membantu mengeksfoliasi dan menyerap minyak berlebih serta menghilangkan komedo putih.

Kamu dapat memisahkan bagian putih telur dan menambahkan sedikit lemon ataupun madu. Kemudian kocok hingga rata. Setelah itu, oleskan pada wajah dan tunggu hingga 30 menit sebelum membilasnya. Kulit wajahmu akan terasa segar setelah menggunakan masker putih telur.

Perlambat Proses Penuaan Lewat Masker Stroberi

cara membuat masker alami
Foto: www.freepik.com

Stroberi memiliki anti oksidan, astringen, dan anti-inflamasi yang dapat membantu memperlambat proses penuaan. Selain itu, stroberi juga bisa menyingkirkan sel kulit mati dan mengobati jerawat. Kandungan vitamin C pada buah stroberi dapat meningkatkan produksi kolagen dan meminimalkan garis-garis halus serta kerutan.

Pastikan kamu menghaluskan beberapa potong stroberi dan menambahkan 3 sendok makan almond bubuk serta 2 sendok makan yoghurt tawar, kemudian aduk hingga bertekstur seperti pasta. Oleskan masker ini ke wajahmu dan biarkan selama 10 menit, kemudian bilas hingga bersih.

Madu yang Bisa Menenangkan Kulit

Foto: www.freepik.com

Madu mengandung antimikroba, antioksidan, dan dapat memberikan efek yang menenangkan untuk kulit wajahmu. Kandungan antioksidan dapat melawan radikal bebas penyebab kulit kusam dan penuaan dini. Masker madu juga dapat membantu mengatasi jerawat dan kulit kering.

Sebelum mengaplikasikan madu, kamu dapat mencuci wajah dengan air hangat untuk membuka pori-pori kulit. Setelah itu oleskan madu ke wajah dan biarkan selama 30 menit. kemudian, bilas kembali dengan air hangat dan jangan lupa untuk membasuhnya dengan air dingin agar pori-porimu kembali tertutup.

Gunakan Mayones Untuk Tampil Awet Muda

cara membuat masker alami
Foto: www.unsplash.com

Mayones memang bahan makanan yang diperuntukan untuk dikonsumsi, namun ternyata mayones juga dapat dijadikan masker wajah untuk membantu kulit wajah menjadi lembut, lembap, dan awet muda. Bahan ini memiliki kandungan asam lemak omega-3 dan omega-6 yang dapat memperbaiki jaringan kulit dan mempercepat tumbuhnya kulit baru pada wajah.

Cara membuat masker alami yang terakhir adalah dengan mencampurkan ½ cangkir mayones dan 2 sendok makan madu. Kemudian oleskan secara merata ke area wajah dan biarkan selama 20 menit. Lalu bersihkan dan bilas dengan menggunakan air dingin. Setelah itu wajahmu akan terasa bersih dan halus.