10 Cara Alami Memanjangkan Rambut dan Membuatnya Lebih Sehat dan Berkilau

cara memanjangkan rambut
Foto: www.unsplash.com

Siapa di sini yang sedang dalam misi memanjangkan rambut? Mungkin karena kamu sudah bosan dengan rambut pendek, atau ingin memiliki penampilan baru. Atau sesederhana, karena ingin mencari tahu seberapa sabar kamu menunggu rambut memanjang. Apapun alasanmu, berikut beberapa cara memanjangkan rambut yang bisa kamu lakukan. Dan tidak hanya mendorong pertumbuhan rambut, cara ini juga membuat rambut semakin sehat dan berkilau. Yeaay!

Pijat Kulit Kepala

Salah satu cara memanjangkan rambut dengan alami adalah dengan melakukan metode yang membuat perubahan dari internal rambut. Termasuk, meningkatkan peredaran darah ke kulit kepala dengan memijatnya.

Pjatan pada kulit kepala akan meningkatkan sirkulasi darah yang menghantarkan nutrisi-nutrisi vital dan oksigen pada folikel rambut, yang pada akhirnya bisa mendorong pertumbuhan rambut. Cara termudah melakukan ini? Lakukan saat sedang keramas. Oh, tidak hanya meningkatkan sirkulasi darah, sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa pijatan di kepala bisa bermanfaat untuk mengendalikan stres hormon, tekanan darah dan detak jantung.

Seandainya kamu butuh tips memijat rambut, begini caranya: dengan menggunakan kedua tangan, mulai pijatan dari pelipis dan pijat lembut tapi tegas dalam gerakan memutar. Hindari gesekan dan gosokan yang terlalu intens karena mengeraskan kutikula dan bisa menyebabkan iritasi pada kulit kepala. (Itulah sebabnya disarankan melakukan hal ini saat rambut dipenuhi masker.) Lakukan gerakan yang sama di sepanjang garis rambut hingga ke tengkuk. Ulangi sebanyak dua kali.

Gunakan Essential Oil

Salah satu produk kecantikan yang sedang naik pamor beberapa tahun belakangan ini, ternyata juga bisa membantu memanjangkan dan membuat rambutmu lebih sehat. Yaaas! Pasalnya, EO dipenuhi dengan berbagai nutrisi dan vitamin yang baik untuk rambut dan kulit kepala.

Essential oil manakah yang bisa membantu memanjangkan rambut, tanyamu penasaran. Salah satunya adalah lavender. Sebuah studi melibatkan tikus, menemukan bahwa dengan mengaplikasikan minyak lavender dalam jumlah signifikan bisa meningkatkan jumlah folikel rambut da memperdalam kedalamanan folikel tersebut. Tips menggunakan minyak lavender: tambahkan beberapa tetes ke dalam produk deep conditioner yang kamu pakai dan diamkan selama 10 sampai 30 menit. Lalu, keramas seperti biasa.

Selain lavender, tea tree oil, dan peppermint dan rosemary oil juga bisa kamu gunakan untuk mendorong rambut panjang lebih cepat.

Pakai Castor Oil

Castor oil adalah pahlawan tanpa tanda jasa dalam dunia rambut. Untuk yang belum tahu, castor oil memiliki properti anti jamur dan antibakteri yang membantu melawan infeksi kulit kepala yang bisa menghalangi pertumbuhan rambut.

Kedua, castor oil dipenuhi dengan asam lemak omega-6, vitamin E, protein dan nutrisi lain yang bisa memperbaiki rambut kering dan menjaga kelembapannya. Ketiga, minyak ini bisa digunakan sebagai bahan utama metode hot oil treatment. Yep, mengaplikasikan minyak ini ke akar rambut dan kulit kepala akan bersorak-sorai karena mereka mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk mendorong pertumbuhan rambut.

Cara melakukan hot oil treatment: pijat minyak ke kulit kepala dan aplikasikan hingga ke ujung rambut. Tumpukkan seluruh rambut di atas kepala, bungkus dengan shower cap, dan gunakan blow dryer untuk mengeringkan rambut selama 15 menit. Silakan mandi atau keramas setelahnya.

Konsumsi Biotin

Dalam hal suplemen, baik kolagen dan biotin berfungsi menyediakan asam lemak tertentu bagi tubuh yang menghasilkan keratin (setiap helai rambut kita terbuat dari ini). Penelitian menunjukkan saat biotin dalam level rendah, bisa mengakibatkan rambut rontok sehingga mengonsumsi kedua suplemen ini bisa mendorong pertumbuhan rambut.

Nikmati Protein

Selain biotin, mengonsumsi cukup protein merupakan salah satu faktor penting untuk mendorong pertumbuhan rambut. Dan seperti yang kita tahu, helai rambut terbuat dari protein, sehingga mereka membutuhkannya untuk tumbuh dengan baik.

Oleh karena itu, pastikan kamu mengonsumsi makanan-makanan sehat yang memiliki banyak protein. Yep, kelompok makanan ini termasuk daging, ikan, dan telur. Jika kamu seorang vegan atau vegetarian, pastikan mengonsumsi protein dari tanaman dalam jumlah cukup.

Konsumsi Gelatin

Gelatin merupakan perpaduan antara peptida dan protein dari kolegan yang berasal dari tulang-tulang hewan dan produk turunannya. Jadi, jika lain kali ada menu sup daging di rumah, silakan dinikmati karena ini baik untuk mendorong pertumbuhan rambut.

Oh, gelatin juga sering digunakan untuk makanan seperti marshmallow dan gummy bear—jadi, kemungkinan besar kamu sudah mengonsumsinya tanpa menyadarinya. Namun, daripada meningkatkan konsumsi produk manis yang bisa berbahaya untuk kesehatan, ada cara lebih sehat untuk menyertakan gelatin ke dalam rutinitas perawatan rambutmu. Yakni, dengan menambahkan bubuk gelatin ke dalam sampo atau kondisioner. Atau meminumnya: larutkan ke dalam minuman panas karena substansi ini tidak larut dalam air dingin.

Coba Masker Kuning Telur

Secara general, rambut tumbuh sekitar seperempat atau setengah inci per bulan, dan meski kita tidak bisa mempercepat proses ini, kita bisa mempengaruhi kualitas rambut yang diproduksi. Yep, ini artinya, rambut yang lebih tebal, kuat dan berkilau.

Jika rambutmu rontok sebelum mencapai bahu, masker telur mungkin bisa membantu. Telur mengandung lecithin dan protein, yang berkhasiat menguatkan, menyehatkan dan memperbaiki helai rambut. Plus, kandungan sulfur yang tinggi di dalam bahan makanan ini juga bisa membantu mengatasi ketombe.

Cara membuat masker ini: campurkan dua butir telur dengan dua sendok makan minyak zaitun. Lalu tambahkan setengah gelas air agar masker tidak terlalu lengket. Aplikasikan langsung ke rambut kering yang sudah disisir, diamkan selama 15 sampai 30 menit. Keramaslah seperti biasa.

Kendalikan Stres

Mungkin ini adalah cara memanjangkan rambut yang paling susah. Namun, faktanya level stres yang tinggi juga bisa mempengaruhi siklus pertumbuhan rambut. Plus, rambut rontok (yang bisa disebabkan oleh stres) juga menghambat rambut tumbuh lebih panjang. Intinya, stres bisa menjadi sumber masalah rambut.

Untuk membantu kamu mengendalikan level stres, coba yoga, atau Pilates, atau meditasi. Atau seperti yang peneliti terbaru temukan, tersenyum atau tertawa bisa mengurangi stres.

Batasi Penggunaan Produk Panas dan Overstyling

Sudah rahasia umum bahwa produk panas seperti hair dryer dan catokan bisa menyebabkan rontok dan kerusakan rambut. Produk-produk yang mengeluarkan panas ini bisa menyebabkan rambut kering dan kasar, yang pada akhirnya bisa mengakibatkan rontok dan memperpendek panjang rambut. Oleh sebab itu, batasi penggunaan produk panas. Atau jika kamu tidak bisa hidup tanpanya, gunakan heat-protectant spray untuk melindungi rambut.

Selain heat tools, beberapa jenis gaya rambut juga bisa menyebabkan rambut rontok dan rusak. Sebut saja kepang, ikatan yang terlalu ketat, dan pemakaian hair extensions. Itu, plus terlalu sering mewarnai dan menggunakan produk pelurus rambut juga bisa menyebabkan protein rambut hilang dan akhirnya rontok. Oh, penggunaan dry shampoo yang berlebihan juga bisa menyumbat folikel rambut yang bisa mencegah rambut tumbuh secara normal. Jadi, batasi pemakaian produk-produk ini.

Konsumsi Makanan Sehat

Selain menikmati protein, salah satu cara memanjangkan rambut adalah memastikan kamu memiliki pola makan yang sehat. Makanan yang kita konsumsi sangat mempengaruhi kesehatan dan pertumbuhan rambut. Namun, pada kebanyakan kasus ini bukan tentang makanan apa yang kamu konsumsi, tapi makanan apa yang tidak kamumakan yang bisa mencegah rambut lebih panjang dan lebih kuat. Alias, nutrisi atau vitamin apa yang kurang kamu konsumsi.

Menurut sebuah laporan di Dermatology Practical & Conceptual, ketidakhadiran zat besi, seng, niacin, asam lemak, selenium, asam folik, antioksidan, biotin, protein dan vitamin A, D, dan E, bisa menyebabkan rambut tidak sehat dan rontok. Kekurangan satu atau beberapa di antaranya bisa menjadi penyebab rambut tidak tumbuh secara maksimal. Jadi, coba pastikan untuk mengonsumsi makanan sehat yang baik untuk rambut, seperti alpukat, wortel, walnut, ikan, keju rendah lemak, dan lain-lain.

Selanjutnya: Bingung memilih model rambut yang tepat untukmu? Mengetahui bentuk wajah bisa membantu memiliki potongan rambut terbaik. Cek di sini.