Perlu Tahu: Ini 5 Cara Agar Make Up Tidak Crack Dan Lebih Tahan Lama

cara agar make up tidak crack
Foto: www.freepik.com

Bingung bagaimana cara agar make up tidak crack?

Paling bete kalau sudah dandan bagus dan cantik, tapi tidak lama kemudian make up malah retak-retak.

Hal ini tentu saja menjadi musuh banyak perempuan, apalagi ketika menggunakan make up yang cukup tebal.

Biasanya, hal tersebut terjadi karena penggunaan make up dengan cara yang salah. Maka dari itu, berikut cara agar make up tidak crack dan bisa tahan lama.

Tahapan agar Make Up Tidak Crack

cara agar make up tidak crack
Foto: www.freepik.com

Penting untuk menghidrasi kulit

Sebelum memoleskan wajah dengan make up, penting untuk menghidrasi kulit. Apalagi bagi pemilik kulit kering karena cenderung lebih mudah mengalami crack saat menggunakan make up.

Oleh karena itu salah satu cara agar make up tidak crack adalah menggunakan pelembap secukupnya sebelum menggunakan make up. Pastikan memilih pelembap sesuai dengan jenis kulit.

Jangan lupa untuk sapukan pelembap di area sekitar mata, samping hidung, serta smile line, karena biasanya bagian-bagian tersebut lebih gampang mengalami crack. Setelah itu, tunggu sebentar hingga pelembap meresap ke kulit.

Tidak hanya pelembap, kamu juga bisa menggunakan sheet mask beberapa jam atau satu malam sebelum menggunakan make up.

Gunakan primer

Primer sering kali dilewatkan oleh banyak perempuan, padahal produk satu ini penting dipakai untuk mendapatkan hasil dandanan yang tahan seharian dan cara agar make up tidak crack.

Menggunakan primer juga bisa menyembunyikan pori-pori besar, bekas jerawat, serta membuat kulit wajah lebih halus.

Pilih foundation yang tepat

Memang banyak produk foundation yang dijual, namun kamu tetap harus selektif dalam memilih.

Jika salah memakai base make up, dikhawatirkan akan membuat riasan kamu tidak sempurna. Maka dari itu, pilihlah foundation sesuai dengan jenis dan warna kulit.

Untuk mengaplikasikan foundation juga tidak boleh asal. Kamu bisa membasahi terlebih dahulu beauty sponge, lalu sapukan foundation secara merata dengan cara di tap tap menggunakan beauty sponge.

Hal ini akan membuat foundation tetap duduk dengan sempurna di wajah kamu sehingga menjadi trik dan cara agar make up tidak crack.

Kunci dengan bedak tabur

Selanjutnya, cara agar make up tidak crack adalah mengunci foundation dengan bedak tabur. Teknik satu ini sering dipakai untuk menciptakan make up yang tahan lama dan sempurna.

Untuk menggunakannya, kamu cukup memakai bedak tabur secukupnya dengan cara ditepuk-tepuk agar foundation dan produk make up lain tidak bergeser. Pastikan bedak tersebut sudah teraplikasikan dengan baik di wajah.

Akhiri dengan setting spray

Setelah menyempurnakan riasan, tahap akhir cara agar make up tidak crack adalah menggunakan setting spray.

Setting spray akan membuat make up tahan lama hingga berjam-jam, bahkan membantu menahan minyak di wajah. Pastikan untuk memilih setting spray sesuai dengan jenis kulit kamu.

Rekomendasi Produk

Cetaphil Daily Facial Moisturizer SPF 15/PA++

Pelembap dari Cetaphil akan melembapkan kulit wajah dengan formula yang ringan dan cepat menyerap.

Pelembap ini juga mengandung SPF 15/PA++ untuk melindungi semua jenis kulit. Selain itu, pelembap ini bersifat hypoallergenic, serta tidak menyumbat pori-pori.

Mediheal Vita Lightbeam Essential Mask

Tidak hanya berfungsi untuk melembapkan, namun salah satu sheet mask dari Mediheal juga dapat mencerahkan kulit.

Masker ini mengandung vitamin C, tocopheryl Acetate, dan γ-oryzanol untuk membuat kulit menjadi lebih cerah.

Mengaplikasikan masker ini cukup mudah. Setelah wajah dibersihkan dengan sabun wajah dan toner, lalu dapat menggunakan masker ini selama 10-20 menit. Setelah itu, bisa dilanjutkan dengan rangkaian perawatan lain.

Agar memberikan hasil yang maksimal, kamu dapat menggunakan masker secara rutin 2-3 kali seminggu.

Maybelline Baby Skin Pore Eraser Primer Make Up

Primer dari Maybelline dapat melembapkan dan mengecilkan pori-pori di wajah, serta bagian dari panduan dandan dan cara agar make up tidak crack. Seperti namanya, primer ini akan menghasilkan kulit seperti bayi.

Tidak hanya itu, primer ini juga mengandung cherry extract dengan antioksidan untuk melindungi kulit dari radikal bebas, bersifat non-comedogenic, dan bebas wewangian.

Dear Me Beauty Airy Poreless Fluid Foundation

Jika sedang mencari foundation yang ringan, maka bisa menggunakan foundation dari Dear Me Beauty. Alas bedak satu ini terdapat 15 pilihan warna untuk semua skin tone.

Tidak hanya itu, foundation ini juga mengandung bahan skincare, bertekstur ringan, serta dapat menyerap minyak. Untuk hasilnya, memberikan hasil yang semi-matte dengan tingkat coverage medium to full.

BLP Face Powder

Rekomendasi bedak tabur datang dari BLP atau By Lizzie Parra. Bedak satu ini tersedia dalam empat pilihan warna yang akan cocok untuk kulit orang Indonesia.

Selain itu, bedak ini memiliki tingkat coverage yang tinggi. Jadi meskipun hasil akhirnya matte, namun wajah kamu tetap terlihat halus, serta menyamarkan tampilan pori-pori.

Luxcrime Ulti-Matte Oil Control Setting Spray

Seperti yang disebutkan di atas setting spray menjadi bagian wajib dari cara agar make up tidak crack.

Bagi kamu yang memiliki kulit berminyak, menggunakan setting spray dari Luxcrime ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Setting spray satu ini akan memberikan hasil yang lembut, serta mengunci make up dengan tahan lama. Meskipun matte, namun setting spray ini tidak akan membuat kulit kamu terasa kering.

Untuk menggunakan setting spray ini sangatlah mudah. Kamu cukup menyemprotkan wajah sebelum atau sesudah make up dengan jarak sekitar 15 cm.

Bagi kamu pemilik kulit normal cenderung kering dan menginginkan hasil dewy, maka bisa menggunakan Luxcrime Glow-Getter Dewy Setting Spray ini.