10 Kebiasaan yang Dilakukan Pasangan agar Awet Saat Melalui Masa Sulit

cara agar hubungan awet
Foto: www.gettyimages.com

Bagaimana cara agar hubungan awet, entah itu kamu baru saja menjalin hubungan atau sudah merayakan anniversary ke-10? Untungnya, selain belajar dari teman dan orang lain, ada banyak penelitian yang membocorkan rahasia cara agar hubungan awet.

Contohnya, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Exeter pada 2018 lalu yang menunjukkan 10 kebiasaan yang membantu pasangan menghadapi masa sulit. Para peneliti mewawancara 55 pasangan (sebagian bercerai dan sebagian masih bahagia bersama), sebanyak 45 pasangan disurvei empat kali selama satu dekade.

Para ilmuwan ini berhasil mengidentifikasi kualitas dan kebiasaan hubungan seperti apa yang ditemui pada pasangan yang memiliki hubungan paling awet dan bahagia. Apakah itu? Respek, berbagi interes, humor, dan ekspektasi yang realistis.

Apakah kebiasaan tersebut tetap bisa diterapkan di masa pandemi?

“Pembatasan ruang gerak selama COVID-19 pasti akan mempengaruhi hubungan, bahkan ketika anggota keluarga sehat,” kata Anne Barlow, pemimpin studi dan profesor hukum dan kebijakan keluarga di Universitas Exeter dalam sebuah rilisan pers.

“Meski begitu menjaga hubungan dengan orang terdekat menjadi lebih penting dalam masa krisis seperti sekarang ini. Selama beberapa tahun belakangan, penelitian kami memperlihatkan apa yang membuat hubungan langgeng, dan kami berharap saran ini bisa menolong di masa sulit ini.”

Apa saja 10 kebiasaan tersebut? Seandainya kamu belum pernah mengetahuinya, atau butuh disegarkan ingatannya, berikut penjelasannya.

  1. Memiliki semangat “bekerja dalam tim”.
  2. Tetap menjaga hubungan pertemanan dengan pasangan, misalnya dengan melakukan aktivitas bersama-sama.
  3. Merencanakan masa depan bersama-sama.
  4. Menjaga ekspektasi yang realistis.
  5. Melihat dan mengingat kualitas terbaik pasangan.
  6. Menunjukkan kepedulian dengan tindakan kecil atau besar.
  7. Jaga komunikasi yang jujur dan terbuka.
  8. Menyuarakan komitmen, terutama saat menghadapi kondisi sulit.
  9. Fleksibel dan bisa beradaptasi.
  10. Memiliki support system di luar hubungan, baik dari teman atau anggota keluarga lain.

Bagaimana menurutmu? Semoga tips tadi bisa membantumu menjaga hubungan tetap awet, terutama saat terlalu banyak tinggal di rumah akibat pandemi.

Selanjutnya: Begini cara menjaga kelanggengan pernikahan beda agama.