Ini 6 Buah yang Mengandung Vitamin D Beserta Manfaatnya

buah yang mengandung vitamin d
Foto: www.freepik.com

Penasaran apa saja buah yang mengandung vitamin D? Asal tahu saja, vitamin ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Oleh karena itu, berikut manfaat serta buah apa saja yang mengandung vitamin D.

Apa Saja Manfaat Vitamin D?

apa saja manfaat vitamin d | | Ini 6 Buah yang Mengandung Vitamin D Beserta Manfaatnya
Foto: www.freepik.com

Vitamin D terbagi menjadi dua jenis, yakni ergocalciferol (vitamin D2) yang biasa ditemukan pada beberapa jenis jamur, sedangkan cholecalciferol (vitamin D3) yang bisa ditemukan di kuning telur, keju, hingga hati sapi.

Sebelum mengetahui buah apa saja yang mengandung vitamin D, berikut manfaat vitamin D yang harus tahu :

Membentuk kepadatan tulang

Melansir dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, vitamin D bagus untuk tulang. Kamu bisa mendapatkan vitamin D dari sinar matahari.

Perlu diketahui bahwa sinar matahari sangat penting untuk pembentukan tulang baru. Untuk anak atau orang dewasa di Indonesia, disarankan melakukan berjemur pada pagi dan sore hari sebanyak tiga kali dalam seminggu.

Jam baik untuk berjemur adalah sejak matahari terbit sampai pukul 9 pagi, sedangkan pada sore hari baiknya dari jam 3 sore hingga matahari terbenam selama 5 sampai 15 menit. Namun, perlu diingat untuk tetap menggunakan tabir surya.

Mencegah kanker

Calcitriol merupakan hormon aktif vitamin D yang berperan untuk mengurangi perkembangan sel kanker. Dengan begitu, vitamin D dipercaya dapat membantu mencegah beberapa kanker, seperti usus besar, prostat, dan pada payudara.

Mengurangi tekanan darah tinggi

Melansir dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, sebuah studi menjelaskan bahwa orang-orang yang kekurangan vitamin D memiliki risiko lebih besar terkena hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Studi tersebut mengatakan bahwa jika mengonsumsi suplemen vitamin D setiap hari dapat mengurangi tekanan darah tinggi. Adapun terjadinya hipertensi menjadi pemicu risiko sakit jantung dan diabetes.

Mendukung pertumbuhan janin

Bagi ibu hamil yang kekurangan vitamin D, dapat berisiko terkena preeklampsia, diabetes gestasional, vaginosis bakterialis, dan melahirkan melalui operasi Caesar.

Jika vitamin D tercukupi, maka bisa mendukung pertumbuhan janin, serta tulang dan gigi janin.

Mengurangi depresi

Vitamin D diyakini bisa mengurangi risiko terjadinya depresi. Hal ini karena vitamin D berfungsi dalam perkembangan dan fungsi otak.

Jika kekurangan vitamin D, tingkat risiko depresi serta gangguan saraf dan otak akan meningkat.

Apa yang Terjadi Ketika Tubuh Kekurangan Vitamin D

apa yang terjadi ketika tubuh kekurangan vitamin d | | Ini 6 Buah yang Mengandung Vitamin D Beserta Manfaatnya
Foto: www.canva.com

Vitamin D tentunya berguna untuk kesehatan tubuh, namun bagaimana jadinya jika tubuh kekurangan vitamin D?

Selain dapat terjadi depresi, berikut paparan yang dilansir dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia :

Rasa sakit pada otot dan sendi

Kurangnya vitamin D dapat mengakibatkan rasa sakit yang terjadi pada otot dan sendi. Oleh karena itu, penderita artritis dan fibromyalgia mungkin saja kekurangan vitamin D.

Jika vitamin D tercukupi dengan baik, maka bisa mencegah pegal setelah berolahraga, serta dapat mempercepat pemulihan otot.

Terjadinya osteoporosis

Osteoporosis merupakan penyakit yang mengakibatkan menurunnya kekuatan tulang, sehingga dapat membuat tulang rapuh dan mudah patah.

Hal itu terjadi karena kurangnya massa tulang dan perubahan mikroarsitektur jaringan tulang. Kurangnya vitamin D akan mempercepat atau memperburuk gejala osteoporosis.

Cepat letih

Ketika sering kali merasa letih padahal sudah istirahat dengan cukup, bisa saja kamu kekurangan vitamin D. Asupan vitamin D yang cukup dapat membuat tubuh lebih kuat dan sehat.

Keringat yang berlebihan

Ketika kamu mengalami keringat berlebihan padahal suhu tubuh normal, bisa saja kamu kekurangan vitamin D. Oleh karena itu, kamu bisa konsultasi kepada dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Buah yang Mengandung Vitamin D

buah yang mengandung vitamin d
Foto: www.canva.com

Selain dari sinar matahari, untuk memperoleh vitamin D bisa didapatkan dari buah. Berikut beberapa buah yang mengandung vitamin D.

Mangga

Buah yang biasanya memiliki rasa manis dan segar ini ternyata mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti vitamin D, magnesium, serat, karbohidrat, vitamin E, hingga vitamin C.

Jeruk

Jeruk merupakan buah yang tidak hanya terkenal kaya akan vitamin C, namun buah satu ini juga mengandung vitamin D.

Dengan mengonsumsinya secara rutin, bisa membantu menjaga kesehatan kulit, meningkatkan daya tahan tubuh, hingga menurunkan kolesterol.

Pisang

Meskipun pisang bukanlah buah yang mengandung vitamin D, namun diketahui bahwa pisang mengandung magnesium yang dapat mengaktifkan vitamin D dalam tubuh.

Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi pisang agar mendapatkan manfaat vitamin D.

Kiwi

Selanjutnya, buah yang mengandung vitamin D adalah kiwi.

Perlu diketahui bahwa buah satu ini tidak hanya mengandung vitamin D, namun juga memiliki vitamin C, vitamin A, vitamin E, vitamin K, hingga vitamin B9. Kamu bisa mengonsumsi kiwi secara rutin.

Jambu biji

Jambu biji mengandung vitamin D yang baik untuk kesehatan tubuh. Dengan mengonsumsi buah satu ini, diyakini dapat melancarkan pencernaan, melindungi tubuh dari radikal bebas, hingga dapat menjaga kesehatan mata.

Leci

Dengan mengandung vitamin D, buah leci dipercaya dapat menjaga kesehatan tubuh. Seperti mencegah penyakit kanker, meningkatkan daya tahan tubuh, mengatasi sembelit, hingga dapat meningkatkan kepadatan tulang.

Kesimpulan

buah yang mengandung vitamin d
Foto: www.canva.com

Vitamin D tidak hanya didapatkan dari suplemen, sayur, atau makanan lain, namun juga bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi buah.

Selain itu, vitamin D juga bisa didapatkan dari sinar matahari. Kamu bisa berjemur di waktu-waktu tertentu.

Buah yang mengandung vitamin D memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun juga tidak boleh lupa untuk konsultasi kepada dokter untuk ditindak lanjuti lebih jauh jika merasakan gejala kekurangan vitamin ini.