Selain Memiliki Rasa yang Manis, Ini 7 Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan

buah tin
Foto: www.unsplash.com

Mungkin kebanyakan dari kamu masih jarang menemui buah unik yang satu ini. Dengan memiliki bentuk yang menyerupai tetesan air mata, buah tin memiliki rasa yang manis. Tak hanya itu, buah ini juga mengandung berbagai macam nutrisi sehingga baik untuk dikonsumsi oleh tubuh.

Apa Itu Buah Tin?

buah tin
Foto: www.rawpixel.com

Buah yang menyerupai tetesan air mata ini dikenal dengan buah tin atau buah ara. Kebanyakan ukurannya sebesar ibu jari yang diisi dengan biji-biji kecil. Umumnya, buah ini memiliki kulit berwarna ungu atau hijau, dan dagingnya yang berwarna merah muda.

Selain memiliki rasa manis, buah yang memiliki nama latin Ficus carica L. ini juga mengandung nutrisi yang dapat bermanfaat pada tubuh.

Khasiat Buah Tin

buah tin
Foto: www.freepik.com

Ini 7 manfaat buah ara untuk kesehatan.

Rendah kalori

Karena rendah kalori, menjadikan buah ara dapat kamu tambahkan ke dalam menu diet. Dalam satu buah kecil (40 gram), mengandung:

  • Kalori: 30
  • Protein: 0,3 gram
  • Karbohidrat: 7,7 gram
  • Lemak: 0,1 gram
  • Serat: 1 gram
  • Vitamin B6: 2% dari AKG
  • Vtamin K: 2% dari AKG

Buah yang satu ini juga mengandung tembaga yang menjadi mineral penting dalam tubuh, termasuk berperan dalam proses metabolisme dan produksi energi. Selain itu, nutrisi ini juga dapat membantu pembentukkan sel darah, jaringan ikat, dan neurotransmiter.

Meningkatkan kesehatan pencernaan

Ternyata buah tin juga telah lama digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit. Sebab, buah yang memiliki rasa manis ini mengandung serat sehingga dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dengan melunakkan dan menambah jumlah tinja.

Selain itu, Ficus carica L. juga dapat berfungsi sebagai prebiotik atau sumber makanan untuk bakteri sehat yang ada di dalam usus.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 150 orang dengan sindrom iritasi usus besar dengan sembelit, menemukan fakta bahwa mengonsumsi empat buah tin kering (45 gram) sebanyak dua kali sehari dapat mengalami pengurangan gejala yang siginifikan, termasuk rasa sakit, kembung, dan sembelit.

Terlebih lagi, penelitian serupa pada 80 orang membuktikan bahwa suplemen yang mengandung sekitar 10 ons (300 gram) buah ara yang dikonsumsi setiap hari selama delapan minggu, secara signifikan dapat mengurangi sembelit.

Membantu meningkatkan kesehatan jantung

Menariknya, buah yang menyerupai bentuk tetesan air mata ini juga dapat mengontrol tekanan darah dan kadar lemak darah yang bertujuan untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Menurut sebuah studi, ekstrak buah tin dapat menurunkan tekanan darah pada tikus dengan tekanan darah normal dan tinggi.

Diperlukan lebih banyak penelitian pada manusia untuk memahami hubungan dan manfaat antara buah ara dan kesehatan jantung. 

Mengelola kadar gula darah

Satu studi menemukan fakta bahwa 10 orang dengan diabetes tipe-1 mengalami penurunan dosis insulin sekitar 12% ketika meminum teh daun ara. Penelitian lain menyatakan bahwa minuman yang mengandung ekstrak buah tin dengan dosis tinggi, ternyata memiliki indeks glikemik yang lebih rendah.

Namun, buah tin yang kering ternyata mengandung gula yang lebih tinggi, sehingga dapat meningkatkan kadar gula darah dalam jangka pendek. Jika kamu kesulitan untuk mengatur gula darah, maka sebaiknya membatasi asupan buah tin kering.

Memiliki sifat antikanker

Ternyata, daun dari buah tin terbukti menunjukkan adanya aktivitas antitumor terhadap kanker usus besar manusia, kanker payudara, kanker serviks, dan sel kanker hati.

Meski telah banyak studi tabung reaksi yang memiliki hasil menjanjikan terkait dengan buah tin dan efek antikanker. Namun tetap dibutuhkan penelitian pada manusia untuk menguji pertumbuhan kanker ketika mengonsumsi buah yang berbentuk seperti air mata ini.

Menyehatkan kulit

Khasiat buah tin juga dapat dirasakan pada kulit, terutama untukmu yang memiliki dermatitis alergi atau kulit yang kering. Satu penelitian pada 45 anak dengan dermatitis, menemukan bahwa krim yang mengandung ekstrak buah ara kering dapat mengobati gejala dermatitis jika diaplikasikan dua kali sehari selama dua minggu.

Selain itu, kombinasi ekstrak buah yang termasuk buah tin juga menunjukkan efek antioksidan pada sel-sel kulit, sehingga dapat mengurangi kerusakan kolagen dan memperbaiki munculnya kerutan.

Kesehatan rambut

Memang saat ini masih sedikit penelitian yang mengaitkan tentang hubungan antara buah tin dengan kesehatan rambut. Akan tetapi, buah yang satu ini memiliki kandungan mineral yang dapat membantu menjaga kesehatan rambut.

Efek Samping dari Buah Ara

Foto: www.canva.com

Selain bermanfaat bagi tubuh, buah tin juga memiliki risiko efek samping. Sebab, buah yang menyerupai tetesan air mata ini mengandung vitamin K yang dapat mengganggu obat pengencer darah dan membuatnya kurang efektif. Jika kamu saat ini tengah menggunakan obat tersebut, maka disarankan untuk menjaga asupan buah tin untuk mengurangi risiko.

Tak hanya itu, beberapa orang mungkin alergi terhadap buah ara. Jika kamu memiliki alergi terhadap serbuk sari birch, maka kemungkinan juga alergi terhadap buah yang berbentuk seperti tetesan air mata ini. Hal ini disebabkan karena buah ara mengandung lateks alami, yang dapat menimbulkan alergi bagi sebagian orang.

Cara Mengonsumsi Buah Tin

buah tin
Foto: www.unsplash.com

Sesungguhnya, terdapat berbagai macam cara untuk mengonsumsi buah tin. Buah yang berbentuk tetesan air mata ini rendah akan kalori dan sangat cocok untuk dimakan sebagai cemilan sehat. Kamu bisa menambahkannya ke dalam salad atau membuatnya menjadi selai.

Sementara buah ara yang kering, mengandung gula dan kalori yang tinggi, sehingga tidak disarankan untuk mengonsumsinya dalam jumlah tinggi. Namun buah yang kering diduga lebih efektif dalam mengobati sembelit.

Tak hanya buahnya, daun dari pohon tin juga dapat bermanfaat. Meski mungkin sulit untuk ditemukan, namun kamu bisa menggunakan daun ini sebagai bungkus untuk hidangan. Selain itu, daun tin juga memiliki manfaat kesehatan yang baik ketika diolah menjadi teh.

Rekomendasi Produk

Berikut rekomendasi produk perawatan wajah dan riasan yang mengandung buah tin di dalamnya.

Too Faced Crystal Whips Shimmering Eye Shadow

Riasan mata yang satu ini mengandung buah tin yang dapat membuat pigmennya menjadi lebih nyata dan menerangi wajah. Eyeshadow ini juga bisa bertahan selama 12 jam sehingga kamu tidak perlu repot untuk re-touch. Diformulasikan dengan bahan-bahan yang ringan, nantinya wajahmu pun akan tampak lebih flawless dan menarik perhatian.

Fresh Lotus Youth Preserve Rescue Mask

Ketika wajah terasa lebih kusam setelah beraktivitas seharian, maka ini saat yang tepat untuk memanjakannya dengan menggunakan masker. Produk ini mampu secara singkat menghaluskan, menghidrasi, sekaligus membuat kulit tampak lebih bercahaya. Hal ini berkat perpaduan rumput laut kombu, ganggang merah, bubuk biji teratai, dan buah ara.

Too Faced Hangover 3-in-1 Primer & Setting Spray Infused with Peach Extract

Produk multifungsi ini bisa berguna sebagai primer yang kamu aplikasikan sebelum riasan, atau sebagai setting spray yang akan menjaga riasan agar tetap berada di tempatnya. Diformulasikan dengan air kelapa, vitamin, antioksidan, dan buah tin, menjadikan kosmetik ini dapat menghidrasi sekaligus mencerahkan kulitmu agar tetap sempurna sepanjang hari.

Dr. Althea Azulene 147HA Intensive Soothing

Pemilik kulit sensitif memang perlu berhati-hati ketika memilih produk perawatan wajah. Namun, kamu tidak perlu khawatir ketika menggunakan Dr. Althea Azulene 147HA Intensive Soothing. Sebab, krim ini mengandung nutrisi yang berasal dari bahan-bahan alami dan efektif untuk meredakan serta menenangkan kemerahan pada kulit.

Too Faced Peach Perfect Instant Coverage Concealer

Concealer yang satu ini tahan terhadap air dan bisa menyatu sempurna dengan kulit hingga memberikan hasil akhir yang matte. Dibuat dengan teknologi yang modern, menjadikan riasan tersebut mampu memberikan tekstur yang empuk dan dapat mudah diaplikasikan pada wajah.