Mengenal Buah Gandaria dan 9 Manfaat Pentingnya Bagi Kesehatan

buah gandaria
Foto: www.canva.com

Ketika mendengar nama gandaria, mungkin kamu akan langsung mengingat nama dari sebuah tempat. Padahal, sebutan tersebut berasal dari buah gandaria, yakni salah satu jenis buah tropis yang memiliki berbagai macam nutrisi.

Meski sebagian orang belum mengenalnya (termasuk kamu), jangan khawatir karena LIMONE telah merangkum sembilan manfaat buah gandaria bagi kesehatan.

Apa Itu Buah Gandaria?

buah gandaria
Foto: www.canva.com

Gandaria merupakan buah berair yang berasal dari Indonesia, akan tetapi saat ini telah dibudidayakan oleh beberapa negara Asia Tenggara.

Di Malaysia, buah gandaria disebut dengan istilah kundang, sementara di Thailand dinamai dengan omprang atau maprang. Buah berwarna kuning ini memiliki nama latin Bouea macrophylla griff.

Umumnya, buah gandaria memiliki bentuk yang menyerupai mangga, sehingga juga dikenal dengan sebutan plum mango atau marian plum. Karena memiliki perpaduan rasa yang aman dan manis, buah ini pun sering dikonsumsi sebagai rujak.

Adakah Manfaat Buah Gandaria Ini?

Foto: www.canva.com

Mengandung banyak nutrisi

Ternyata buah yang memiliki nama lokal jatake ini memiliki kandungan nutrisi yang beragam, dalam 100 gram buah gandaria mengandung:

  • Kalori: 68 Kal
  • Air: 80,8 gram
  • Protein: 0,7 gram
  • Lemak: 0,1 gram
  • Karbohidrat: 18 gram
  • Serat: 2,2 gram
  • Vitamin C: 111 mg
  • Kalium: 129 mg
  • Fosfor: 20 mg
  • Kalsium: 9 mg

Selain itu, buah ini juga mengandung besi, thiamin, dan niacin di dalamnya.

Bersifat antikanker

Ternyata, daun dari buah gandaria mengandung efek antimikroba dan antikanker yang mana berasal dari senyawa etanol yang ada di dalamnya.

Dalam sebuah penelitian, ektrak tanaman yang satu ini secara efektif dapat menghambat sel kanker untuk berkembang. Selain itu, ekstraak biji maprang juga telah terbukti dapat digunakan dalam perawatan kanker payudara.

Akan tetapi diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengidentifikasi mekanisme dan jalur dari aktivitas antimikroba dan antikanker ini.

Mengandung antioksidan

Buah tropis ini juga kaya akan senyawa fenolik, karotenoid, dan terpenoid. Alih-alih memberikan warna buah yang menarik, senyawa ini justru memiliki sifat antioksidan yang dapat menangkap radikal bebas.

Sehingga nantinya dapat melindungi tubuh dari penyakit kronis, seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker. Selain itu, senyawa antioksidan ini juga bertanggung jawab atas antiperadangan dan antimikroba.

Mencegah penuaan dini

Penting untuk diketahui, paparan sinar UV ternyata dapat menimbulkan photoaging atau penuaan dini, yang ditandai dengan adanya kerutan.

Untungnya, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa ekstrak buah gandaria memiliki efek anti-photoaging dan pelembap yang baik untuk tubuh. Nantinya ekstrak Bouea macrophylla juga dapat meningkatkan kadar air dalam kulit.

Mempercepat proses penyembuhan flu

Menariknya, buah gandaria ini juga mengandung banyak vitamin C yang pastinya bermanfaat bagi tubuh. Salah satunya adalah dapat mempercepat proses penyembuhan flu.

Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi vitamin C sebanyak 200 mg dapat membantu mengurangi gejala penyakit ini sebanyak 8% pada orang dewasa dan 13% pada anak-anak.

Melembapkan wajah

Vitamin C yang ada di dalam buah jatake ini juga mampu memberikan nutrisi pada wajah dengan sangat baik. Kandungan ini dapat membantu pembentukan jaringan kolagen yang dapat melembapkan sekaligus membuat kulit wajah menjadi lebih kenyal. Tak hanya itu, efek vitamin C ini juga dapat mengurangi kerutan pada wajah.

Mencegah penyakit jantung

Kabar baiknya, marian plum ini mengandung kadar serat yang sering kali dikaitkan dengan pencegahan penyakit jantung.

Menurut sebuah penelitian, asupan serat yang lebih tinggi, termasuk serat buah dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, seperti obesitas, sindrom metabolik, dan hipertensi pada manusia dewasa.

Akan tetapi, jumlah dan sumber serat makanan juga harus dipertimbangkan untuk meningkatkan kualitas makanan.

Meningkatkan fungsi penglihatan

Berkat kandungan beta-karoten-nya sebanyak 329 mcg, ternyata hal ini juga dapat meningkatkan manfaat buah gandaria dalam kesehatan mata. Kandungan yang ada di dalam buah ini telah memenuhi setengah dari jumlah kebutuhan harian vitamin A pada orang dewasa.

Memperlancar sistem pencernaan

Gabungan air dan serat yang tinggi pada buah gandaria ternyata dapat memperlancar sekaligus menjaga sistem pencernaan tubuh. Nantinya kedua kandungan ini juga dapat membantu proses penyerapan nutrisi supaya lebih cepat.

Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi makanan tinggi serat juga dapat mengurangi risiko kanker kolorektal, yang berkaitan dengan saluran pencernaan.

Bagaimana Cara Mengonsumsi Buah Gandaria?

buah gandaria
Foto: www.freepik.com

Memiliki bentuk yang menyerupai mangga dengan ukuran yang lebih kecil, buah ini akan memiliki kulit berawarna hijau jika belum matang, dan berubah menjadi kuning saat sudah siap untuk dimakan.

Untuk mengonsumsinya, kamu bisa memakan secara langsung buah yang sudah matang. Atau jika ingin lebih praktis, kamu bisa mengolahnya menjadi jus.

Sementara untuk buah gandaria muda, kamu bisa mengolahnya sebagai rujak atau sambal. Selain itu, daun maprang juga dapat kamu konsumsi sebagai lalapan yang dimakan berbarengan dengan nasi.

Kesimpulan

Foto: www.freepik.com

Mungkin beberapa orang jarang mengonsumsi buah gandaria, akan tetapi buah yang bijinya berwarna ungu ini memiliki berbagai manfaat kesehatan.

Hal ini disebabkan karena kandungan nutrisinya yang beragam, sehingga dapat mencegah penuaan dini, mengandung antioksidan tinggi, hingga mempercepat proses peyembuhan gejala flu.