Kaya Akan Mineral dan Vitamin, Ini 10 Manfaat Buah Bit

buah bit
Foto: www.freepik.com

Sebuah pertanyaan: Pernahkah kamu mengonsumsi buah bit? Meski sering disebut dengan kata ‘buah’, namun ternyata si merah ini merupakan tanaman umbi-umbian yang memiliki beragam manfaat untuk tubuh.

Sayuran ini banyak digemari oleh sebagian orang karena memiliki rasa yang unik dan mudah untuk dikonsumsi. Selain itu, tanaman ini juga bisa kamu gunakan untuk meningkatkan kesehatan kulit.

Apa Manfaat Buah Bit?

buah bit
Foto: www.rawpixel.com

Berikut 10 manfaat yang bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi buah bit.

Mengandung banyak nutrisi

Umbi-umbian yang satu ini mengandung beragam vitamin dan mineral yang ada dalam tubuh. Selain itu, bit juga rendah kalori. Dalam porsi 3,5 ons (100 gram) bit yang dimasak, ditemukan 44 kalori, 1,7 gram protein, 0,2 gram lemak, dan 2 gram serat. Vitamin C, B6, folat, magnesium, kalium, fosfor, mangan, besi, nitrat, dan pigmen anorganik juga terkandung dalam bit.

Menjaga tekanan darah

Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa bit dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan hingga 4-10 mmHg hanya dalam beberapa jam. Efek penurunan darah ini kemungkinan besar disebabkan oleh konsentrasi nitrat yang tinggi dalam bit. Karena di dalam tubuh, nitrat makanan diubah menjadi oksida nitrat atau molekul yang melebarkan pembuluh darah, sehingga menyebabkan tekanan darah menjadi turun.

Namun bit hanya memiliki efek sementara pada tekanan darah. Sehingga jika ingin mengalami penurunan tekanan darah dalam jangka panjang, maka perlu mengonsumsinya secara rutin.

Meningkatkan performa atletik

Buah bit sering kali digunakan oleh para atlet karena kandungan nitrat-nya diduga dapat memengaruhi kinerja fisik. Hal ini disebabkan karena kandungan tersebut dapat meningkatkan efisiensi mitokondria yang bertanggung jawab untuk menghasilkan energi pada sel tubuh. Dalam sebuah penelitian, mengonsumsi bit dapat meningkatkan performa bersepeda dan atletik, sehingga dapat meningkatkan penggunaan oksigen hingga 20%.

Baca Juga :  Wajib Coba: 10 Cara Pakai Eyeliner agar Mata Terlihat Lebih Segar

Namun, penting untuk diperhatikan bahwa kadar nitrat darah akan mencapai puncaknya dalam waktu 2-3 jam. Untuk memaksimalkan potensinya, maka sebaiknya mengonsumsi bit ketika dua sampai tiga jam sebelum pelatihan atau kompetisi.

Memerangi peradangan

Bit mengandung pigmen yang disebut dengan betalains, yang berpotensi memiliki sejumlah sifat anti-inflamasi. Sebuah studi yang dilakukan pada manusia dengan osteoarthritis, menunjukkan bahwa kapsul betalain yang dibuat dengan ekstrak bit dapat mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan terkait dengan kondisi tersebut. Akan tetapi perlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikannya secara efektif.

Memaksimalkan kesehatan pencernaan

Serat merupakan komponen penting dari pola makan yang sehat. Sehingga dapat memberikan beragam manfaat kesehatan, termasuk pencernaan yang lebih baik. Ketika serat melewati pencernaan dan menuju usus besar, ia akan memberi makan bakteri usus baik. Hal ini tentunya dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dan mencegah kondisi pencernaan sembelit, penyakit usus, atau diverticulitis.

Tidak hanya itu, serat juga dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kronis, termasuk kanker usus besar, jantung, dan diabetes tipe 2.

Mendukung kesehatan otak

Nitrat yang terkandung dalam buah bit ternyata dapat meningkatkan fungsi mental dan kognitif, yang secara alami akan menurun seiring bertambahnya usia. Hal ini dilakukan dengan meningkatkan pelebaran pembuluh darah yang tentunya akan meningkatkan aliran darah ke otak.

Bit telah terbukti dapat meningkatkan aliran darah ke lobus frontal otak, area yang terkait dengan pemikiran tingkat tinggi, seperti pengambilan keputusan dan memori kerja.

Menurunkan berat badan

Meningkatkan asupan makanan rendah kalori seperti buah-buahan dan sayuran dapat membantu menurunkan berat badan. Kabar baiknya, bit mengandung tinggi air dan rendah kalori, serta protein dan serat dalam jumlah yang sedang. Untuk itu, buah bit yang termasuk ke dalam jenis umbi-umbian ini dapat mengurangi nafsu makan dan meningkatkan perasaan kenyang. Sehingga mengurangi asupan kalori secara keseluruhan.

Baca Juga :  FYI, Makan Apel dan Minum Teh Bisa Membantu Mengurangi Tekanan Darah

Anti penuaan

Kandungan vitamin C yang ada dalam buah bit ternyata dapat berdampak baik bagi kulit, seperti membantu pembentukan kolagen, memperbaiki dan mencegah kulit kering, dan melindungi tanda-tanda penuaan.

Mengatasi jerawat

Sifat anti-inflamasi yang terkandung dalam vitamin C ternyata dapat digunakan dalam mengatasi jerawat. Menurut sebuah studi, kandungan tersebut dapat digunakan bersama dengan perawatan lain seperti antibiotik dan seng. Bit juga disarankan untuk digunakan sebagai obat potensial untuk jerawat.

Mengatasi pigmentasi kulit

Dalam sebuah studi, vitamin C dapat digunakan dalam mengatasi hiperpigmentasi untuk mengurangi pembentukan melanin. Hal ini membuat beberapa orang merasa bahwa vitamin C yang terkandung dalam buah bit juga bisa bermanfaat untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Bagaimana Cara Mengonsumsi Buah Bit?

buah bit
Foto: www.pexels.com

Tidak hanya bergizi, buah bit juga memiliki rasa yang lezat sehingga bisa dengan mudah ditambahkan ke dalam makanan. Sayuran berwarna merah ini bisa dibuat menjadi jus, dipanggang, atau dikukus, sesuai dengan seleramu. Selain itu kamu juga bisa membuat salad dengan memarut bit dan mencampurkannya dengan sayuran hijau lain.

Jika ingin mengolahnya menjadi saus, maka campurkan bit dengan yoghurt Yunani. Perpaduan ini akan terasa lezat dan tentunya menyehatkan tubuh. Sementara daun dari sayuran ini juga bisa dimasak dan dinikmati seperti mengonsumsi sayuran hijau lainnya.

Sedangkan untuk kesehatan kulit, biasanya buah bit akan dibuat menjadi jus, kemudian baru dioleskan pada wajah seperti menggunakan masker. Namun, kamu juga bisa mencampurkan parutan buah bit ke dalam yoghurt untuk menjaga kulit agar tetap halus.

Adakah Dampak Buruk dari Mengonsumsi Buah Bit?

Foto: www.freepik.com

Sebenarnya bit dapat ditoleransi dengan baik oleh tubuh. Akan tetapi terkadang mengonsumsi sayuran ini dapat menyebabkan urine berubah warna menjadi merah muda. Tentunya ini tidak berbahaya, namun sering kali disalahartikan sebagai darah. Sayuran ini juga mengandung oksalat tinggi yang berkaitan dengan pembentukan batu ginjal.

Baca Juga :  Kaya Akan Nutrisi, Ini 6 Manfaat Susu Kambing untuk Kesehatan

Jika ingin menggunakan buah bit untuk kesehatan kulit, ada baiknya untuk mengujinya terlebih dahulu sebelum mengoleskannya ke wajah. Hal ini tentunya untuk mencegah munculnya masalah kulit lain yang bisa memengaruhi penampilan wajahmu.

Produk Rekomendasi

Berikut produk perawatan wajah yang mengandung buah bit.

Somethinc Niacinamide + Moisture Beet Serum

Kandungan ekstrak bit yang dikombinasikan dengan niacinamide dapat bekerja dengan maksimal untuk memperkuat lapisan pelindung kulit. Tak hanya itu, serum wajah ini juga bisa melawan radikal bebas dan melembapkan kulitmu yang kering. Sehingga wajah menjadi lebih cerah, tekstur kulit menjadi rata, dan mengatasi noda hitam atau hiperpigmentasi.

Krave Beauty The Beet Shield

Sunscreen yang satu ini mampu melindungi kulit dari gangguan lingkungan, baik itu sinar matahari atau kotoran dan debu. Dengan tekstur gel-creamy, membuat produk ini dapat dengan mudah diaplikasikan dan meresap pada kulit. Ekstrak bit yang terkandung dalam tabir surya ini dapat menambah antioksidan sehingga dapat mengurangi pigmentasi dari sengatan sinar matahari.

Hanada Glow Serum

Serum wajah yang mengandung ekstrak bit, magnolia berry, dan ekstrak kunyit ini dapat memperbaiki tekstur kulit dan melembapkan kulit yang kering. Selain itu, produk ini juga dapat membantu mencerahkan wajah yang kusam. Hanada Glow Serum juga dapat diaplikasikan sebagai primer yang digunakan sebelum merias wajah.

Sweet Chef Skincare Serum Shot Beet + Vitamin A

Kandungan bit yang dipadukan dengan vitamin A dalam produk ini, berfungsi untuk menghaluskan pori-pori wajah dan membantu meminimalkan tanda-tanda penuaan. Kelebihan dari produk ini dapat digunakan oleh pemilik kulit sensitif, karena bebas akan paraben, pewangi, dan pewarna sintetis. Gunakan produk ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.