Hampir/Sudah 30an dan Mau Beralih Profesi? Silakan—dan Lakukan Ini

Foto: www.gettyimages.com

Adakah kata-kata terlambat jika ingin beralih profesi saat akan (28 + 1 tahun) atau sudah berusia 30an? Well, jika dipikir baik-baik sebenarnya garis karier itu bukan sesuatu yang bersifat garis lurus. Dan jika akhir-akhir ini keinginanmu untuk berubah haluan semakin menggebu-gebu, atau siap berkomitmen untuk sesuatu yang baru yang kamu sukai—tidak ada salahnya mempertimbangkannya dengan serius. Nah, sebelum mengambil langkah drastis, coba praktikkan tips di bawah ini.

Lakukan Evaluasi Diri

Foto: www.unsplash.com

Hal pertama yang wajib kamu lakukan yaitu evaluasi diri. Tanyakan pada diri sendiri, sudah sampai mana perjuangan yang kamu lakukan untuk pekerjaanmu saat ini. Apa saja pencapaian yang sudah kamu terima dan mengapa ada niat untuk beralih dari pekerjaan lama. Jawab dengan jujur setiap pertanyaan yang kamu ajukan pada diri sendiri. Manfaatkan evaluasi untuk mempertimbangkan segala sesuatunya, mulai dari A sampai Z, sebelum mengambil keputusan.

Ohya, di tahap ini mental dan finansial juga sebaiknya harus dipersiapkan dengan matang. Pasalnya, dunia pencarian kerja itu sulit dan butuh kesabaran selevel ibu peri.

Cari Tahu Apa yang Ingin Kamu Lakukan

Foto: www.unsplash.com

Setelah mantap akan membanting stir, sekarang cari tahu apa yang ingin kamu lakukan. Profesi yang membuatmu penasaran dan deg-degan karena semangat. Ini bisa dilakukan dengan melihat kemampuanmu yang selama ini sebenarnya memiliki potensi tapi belum diasah dan diberi kesempatan untuk berkembang. Sudah tahu mau jadi apa? Tuliskan di sini: “saya mau menjadi/belajar menjadi…”

Manfaatkan Kenalan dan Jaringan

Foto: www.freepik.com

Logikanya, situs pekerjaan adalah tujuan utamamu. Akan tetapi, jangan remehkan kenalan dan jaringan yang sudah kamu miliki. Mengirimkan CV dan resume kepada mereka terkadang lebih membuahkan hasil, karena situs pekerjaan seringkali melepehkan seseorang karena usia. Oleh karenanya, gunakan keberadaan mantan bos, teman, atau perusahaan-perusahaan yang memiliki visi dan misi yang sama dengan talentamu.

Pamerkan Kemampuanmu

Berhubung bukan lagi seorang fresh graduate, pasti kamu sudah memiliki sederet pencapaian dan kemampuan. Ibarat pepatah, sudah lumayanlah asam dan garam dunia yang kamu cicipi. Jadi, perlihatkan talenta dan jadilah percaya diri saat diwawancarai oleh calon bos baru. Dengan usiamu itu, kemungkinan besar mereka sedang mencari seseorang yang memiliki kemampuan memimpin dan berpengalaman.

Jadilah Orang yang Melek Teknologi

Foto: www.shutterstock.com

Istilah kerennya, tech-savvy. Dan usia seharusnya tidak menghalangi kita untuk tahu banyak tentang teknologi. Jika kamu merasa masih butuh memperbaharui pengetahuan tentang misalnya aplikasi-aplikasi yang berhubungan dengan pekerjaan—pelajari dari sekarang. Ikuti workshop, kelas online, kursus, dsb. Dengan memperlengkapi diri dengan ini, tidak ada alasan perusahaan menolakmu!

Bagaimana, semakin mantap, teguh dan yakin berganti profesi? Jika beralih pekerjaan adalah resolusimu untuk tahun 2020, perhatikan panduan keuangan ini agar tidak bangkrut.

podcast button