Studi Baru: Banyak Duduk Berdampak Buruk untuk Kesehatan Mental

banyak duduk
Foto: www.freepik.com

Fakta bahwa setahun belakangan kita banyak bekerja dari rumah atau menemani anak sekolah dari rumah—menjadikan kita mengadopsi gaya hidup sedentari. Ini semua memengaruhi kesehatan mental kita. Studi baru yang terbit di jurnal Sport Sciences for Health memperlihatkan bahwa ada satu lagi faktor besar yang juga memengaruhi kesehatan mental: kebanyakan duduk.

Apa Hubungan Banyak Duduk dengan Kesehatan Mental?

Untuk studi ini, para peneliti melibatkan sekitar 300 orang dewasa dan meminta mereka untuk menyelesaikan kuesioner. Di sini mereka harus melaporkan waktu duduk, level olahraga, dan kesehatan mental.

“Meski mayoritas dari sampel sangat aktif, mereka duduk lebih lama, dengan lebih dari 50% melakukannya lebih dari delapan jam dalam sehari,” kata Liane Azevedo Ph.D.

Studi ini menunjukkan bahwa meningkatnya waktu duduk merupakan salah satu hal negatif dari pandemi yang memberikan dampak buruk bagi kesehatan mental. Bagaimana jika mereka tetap berolahraga? Nuh-uh. Bahkan jika mereka berolahraga 30 menit per hari, kesehatan mental mereka juga memburuk. Terlebih jika melakukannya lebih dari delapan jam per hari.

Sebaliknya, mereka yang memiliki waktu duduk lebih sedikit (terlepas dari level aktivitas) secara signifikan memiliki mood dan kesehatan emosional yang lebih baik.

Azevedo mengatakan bahwa jika seseorang banyak duduk (lebih dari delapan jam sehari), tidak hanya perlu olahraga 60 menit per hari, tapi juga harus berupaya lebih aktif. Dia menambahkan bahwa efek negatif dari berdiam diri di depan laptop ini harus mendapatkan lebih banyak perhatian. Dan sedikit duduk harus diadopsi sebagai rekomendasi dari ahli kesehatan.

Kesimpulan

Kesimpulannya, kita harus belajar untuk mengurangi waktu hanya berdiam diri depan laptop atau televisi. Pasalnya bahkan ketika porsi olahraga tidak banyak, mengurangi waktu duduk bisa memberikan perbedaan besar untuk kesehatan mental.

Plus, jangan lupa: aktivitas fisik tidak berarti berkeringat di kelas HIIT atau lari.

“Hanya jalan kaki, terutama di area hijau sangat penting. Setiap jenis aktivitas moderat memiliki manfaat,” kata Azevedo. Dia jug amenambahkan studi mereka menunjukkan aktivitas jalan-jalan dan berkebun juga baik untuk kesehatan fisik dan mental.

Jadi, sudah berapa jam kamu duduk hari ini? Coba berdiri, luruskan badan, lakukan peregangan dan gerakkan kaki. Tidak perlu jauh-jauh, jalan dari pintu depan rumah ke pintu dapur beberapa kali juga boleh.