Bagaimana Cara Memiliki Teman Baru Saat Sudah 30an

Foto: www.canva.com

Listen up: mendapatkan teman baik baru setelah usia 30an itu musta—mungkin banget. Kuncinya? Usaha! Seperti yang dituliskan oleh Marisa Franco, Ph.D., seorang psikolog dan academic expert on friendship, di Psychology Today, kamu harus melakukan sesuatu jika memang ingin memiliki sobat baru.

Pernah dengar pepatah ‘kalau memang ditakdirkan jadi teman, pasti akan jadi teman?’ Tidak ‘kan? Persis, karena pertemanan memang tidak terjadi begitu saja. “Sebenarnya, keyakinan bahwa pertemanan bisa terjalin dengan sendirinyalah yang bisa menghalangi kita punya teman baru,” tulis Franco.

Menurutnya, kita harus berusaha, misalnya dengan bergabung dengan klub atau perkumpulan baru yang memungkinkan kita bertemu orang baru. Eits, tapi tidak cukup dengan mendaftarkan diri menjadi anggota pecinta kayak, surfer atau book club, ya. Kamu juga harus datang dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan klub tersebut. Jadi, tidak hanya titip biodata atau tanda tangan. Jangan lupa memperkenalkan diri dan mengajak orang lain berkenalan. Ehem… kamu yang introvert pasti merinding mendengar ini—tapi memang mesti usaha jika kita ingin memperluas jaringan sosial.

Jika pada pertemuan pertama kesanmu tidak mengenakkan, coba lagi. Siapa tahu pertemuan selanjutnya lebih lancar dan menyenangkan.

“Sebaiknya jangan pernah menilai sebuah klub atau kelas berdasarkan kesan pertama, ketika semua orang bertingkah laku kaku dan merasa terancam terhadap kehadiran orang baru,” jelasnya.

Ah, sepertinya harus melakukan usaha dan capek, ya. Namun, pikirkan ini sebagai sebuah investasi masa depan. “Dengan sengaja menjalin hubungan sekarang, kita sebenarnya sedang mengkurasi masa depan kita. Jika kita menginginkan sebuah masa depan di mana kita memiliki hubungan baik, dikelilingi oleh orang kita sayangi dan menyayangi kita, maka kita harus mulai membangunnya dari sekarang,” saran Franco.

Tertarik dan bertekad memiliki teman setelah usia 30an? Apa ya, kira-kira usaha yang ingin kamu lakukan? Klub apa yang menarik perhatianmu? Ceritakan pendapatmu di bagian komen, ya!