5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 16 Desember 2019

Foto: www.canva.com

Hei, selamat pagi! Sejujurnya agak sulit berbasi-basi di Senin pagi. Benar ‘kan? Bahkan bisa jadi seorang Mahatma Gandhi sedang menyindir para basa-basier ketika bilang, “speak only if it improves upon the silence.” Jadi, silakan hirup dan nikmati kopimu (kamu memang sangat membutuhkan suntikan kafein), dan baca lima berita terbaru berikut ini.

Susi Pudjiastuti mengatakan ekspor benih lobster akan merugikan negara dan pelayan.

Dalam sebuah video yang diunggah di akun Instagram pribadinya, @susipudjiastuti115, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan tersebut menyatakan opininya tentang kebijakan tersebut. Meski tidak terang-terangan, Susi menegaskan bahwa pembukaan ekspor benih lobster berpotensi mematikan industri hasil tangkapan laut Indonesia yang keuntungannya bisa mencapai ratusan triliun rupiah. Saat masih menjabat Menteri Perikanan, Susi memang melarang ekspor benih lobster. Akan tetapi, Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo berencana membuka peluang ekspor benih lobster ke negara tetangga, termasuk Vietnam. Baca berita lengkapnya di sini.

Pemerintah Indonesia resmi mengajukan gugatan terhadap Uni Eropa atas diskriminasi kelapa sawit.

Gugatan diajukan kepada Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) oleh Perutusan Tetap RI di Jenewa, Swiss. Hal ini dilakukan sebagai upaya pemerintah Indonesia dalam melawan diskriminasi yang dilakukan UE melalui kebijakan RED II dan Delegated Regulation. Kebijakan-kebijakan tersebut dianggap membatasi akses pasar minyak kelapa sawit dan biofuel berbasis minyak kelapa sawit. Akibat kebijakan tersebut, ekspor produk kelapa sawit Indonesia di pasar UE menjadi negatif. Menurut Data Badan Pusat Statistik (BPS), nilai ekspor minyak kelapa sawit dan biofuel/Fatty Acid Methyl Ester (FAME) Indonesia ke Uni Eropa menunjukkan tren negatif pada lima tahun terakhir. Baca berita lengkapnya di sini.

Thomas Callaway, seorang pelari, yang menepuk pantat seorang reporter perempuan ditangkap.

Alex Bozarjian sedang memberikan laporan langsung (7/12) di Enmarket Savannah Bridge Run di Georgia, Amerika Serikat, ketika Callaway yang sedang berlari dan menepuk pantatnya dari belakang. Kejadian tersebut tertangkap kamera dan videonya menjadi viral. Bozarjian kemudian menuliskan cuitan di Twitter yang menyatakan pelari tersebut sudah mempermalukan dan menjadikan dirinya sebagai objek. Lalu Jumat kemarin, Callaway ditangkap dengan tuduhan pelecahan seksual. Callaway kemudian dibebaskan dengan jaminan $1300. Baca berita lengkapnya di sini.

Pemerintah Sierra Leone harus mengijinkan remaja yang sedang hamil untuk menghadiri sekolah.

Keputusan ini disampaikan oleh The Economic Community of West African States (ECOWAS) hari Kamis lalu. Selain hal tersebut, pengadilan juga memerintahkan pemerintah untuk menghapus sekolah paruh waktu untuk siswa perempuan yang disebut oleh aktivis HAM sebagai “diskriminasi”. Aturan tersebut diberlakukan oleh pemerintah Sierra Leone sejak tahun 2015 dan dibawa ke pengadilan oleh grup advokasi pada tahun 2018. Keputusan ini disambut baik oleh Amnesty International dengan menggambarkannya sebagai “momen bersejarah”. Dan berharap keputusan tersebut mendorong negara-negara Afrika lain yang memberlakukan aturan yang sama untuk berhenti menerapkannya. Baca berita lengkapnya di sini.

Asap yang menyelimuti Sydney dianggap sebagai “darurat kesehatan publik”.

Pernyataan tersebut disimpulkan oleh sebuah koalisi dari 22 organisasi kesehatan dan medis, di antaranya Royal Australasian College of Physicians dan Public Health Assosication of Australia. Koalisi ini juga berpendapat bahwa perubahan iklim memperparah kebakaran hutan dan penyebaran kabut di negara tersebut. Oleh karenanya, mereka berharap pemerintah Australia melakukan segala cara untuk mengatasi krisis iklim ini. Menurut catatan, paling tidak 2,7 juta hektar padang semak di New South Wales terbakar dalam beberapa minggu terakhir dan terjadinya gelombang hawa di sepanjang Western Australia juga memperparah kebakaran hutan. Baca berita lengkapnya di sini.

Sudah selesai baca lima berita terbaru hari ini? Lanjutkan membaca ini, jika kamu berencana traveling keliling Indonesia dan dunia tahun depan.