5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 24 Desember 2019

berita terbaru
Foto: www.canva.com

Hello! LIMONE baru saja mendapatkan sebuah kabar tidak menyenangkan: ternyata ‘night mode‘ di ponsel ternyata tidak membuat tidur lebih nyenyak. Malah, sebaliknya! Ini adalah kesimpulan dari sebuah studi terbaru yang diterbitkan di Current Biology. Memang sih, penelitian ini diujicobakan pada tikus, tapi para ilmuwan percaya bahwa prinsip yang sama juga berlaku pada manusia. Oh well, untuk amannya, begitu ponselmu memintamu untuk mengganti ke ‘night mode‘—sepertinya solusi paling tepat adalah menjauhkan diri darinya. Atau lebih baik: pencet tombol ‘matikan’. Oh, oh, jangan matikan sekarang ya, baca dulu berita terbaru di bawah ini.

Nadiem Makarim meminta waktu enam bulan untuk membuat “cetak biru” sistem pendidikan nasional.

Menurutnya, sistem pendidikan Indonesia tidak boleh disiapkan secara terburu-buru. Terlebih, sistem ini akan melibatkan banyak pihak, termasuk masyarakat dan keluarga. Salah satu bagian dari sistem tersebut adalah konsep Merdeka Belajar yang baru saja diluncurkan. Seorang anggota DPR berharap cetak biru ini bisa digunakan untuk jangka panjang. Baca berita lengkapnya di sini.

Saat gerhana matahari 26 Desember, sebagian daerah di tanah air akan berawan dan hujan.

Berdasarkan prospek cuaca satu mingguan 20-26 Desember 2019 keluaran Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), potensi cuaca seperti itu hampir merata se-Indonesia. Pada hari Kamis, 26 Desember, gerhana matahari akan melintasi wilayah indonesia. Para warga di 25 kota di Sumatera dan Kalimantan akan bisa menikmati gerhana matahari api cincin; sementara daerah lain hanya gerhana matahari sebagian. Proses gerhana di Indonesia umumnya dimulai sekitar pukul 10 pagi WIB dan berlangsung selama 1,5 sampai 2 jam. Baca berita lengkapnya di sini.

Johanna Lindsey, penulis novel romantis, meninggal dunia.

Sebuah berita duka untuk pecinta novel romantis di seluruh dunia. Johanna Lindsey, penulis yang selalu menampilkan pemeran utama perempuan pemberani, meninggal dunia pada 27 Oktober. Lindsey meninggal di usia 67 tahun. Seperti yang dilaporkan oleh New York Times, Lindsey meninggal karena komplikasi akibat perawatan kanker paru-paru stadium 4. Selama kariernya sebagai penulis, Lindsey sudah menghasilkan 55 novel dan menjual lebih dari 60 juta kopi. Novel terakhirnya, Temptation’s Darling, diterbitkan Juli 2019. Baca berita lengkapnya di sini.

Lima orang dijatuhi hukuman mati atas kasus pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi.

Pengadilan atas kasus ini dilaksanakan dengan penuh kerahasiaan dan berlangsung 9 kali sebelum akhirnya menyimpulkan pembunuhan tidak berencana. Pengadilan dihadiri beberapa diplomat Saudi, tapi tertutup untuk pers, publik dan anggota keluarga Khashoggi. Selain lima orang tersebut, tiga orang lagi dijatuhi hukuman 24 tahun penjara menyusul pembunuhan Khashoggi di dalam konsulat Saudi Arabia di Istanbul pada Oktober tahun lalu. Setelah peristiwa pembunuhan tersebut, Putra Mahkota Mohammed bin Salman mendapat kecaman keras dari dunia internasional karena beberapa agen intelegen Saudi terlibat langsung dalam peristiwa ini. Sejumlah penjelasan atas kejadian tersebut diberikan oleh pemerintah Saudi, tetapi kemudian menyimpulkan perkelahian di konsulat adalah penyebabnya. Khashoggi adalah seorang disiden dan penduduk Amerika Serikat yang bekerja untuk Washington Post. Baca berita lengkapnya di sini.

CEO Boeing mengundurkan diri.

Dennis A. Muilenburg mengundurkan diri dan digantikan oleh David L. Calhoun, ketua dewan perusahaan pesawat tersebut, mulai 13 Januari 2020. Boeing sedang berada dalam situasi krisis akibat isu pesawat 737 Max miliknya. Dalam sebuah pernyataan Boeing menyampaikan bahwa perubahan kepimpinan dibutuhkan untuk mengembalikan kepercayaan terhadap perusahaan tersebut. Nilai saham Boeing naik 3 persen setelah pengumuman tersebut. Akan tetapi, sampai saat ini, belum ada kepastian yang jelas kapan 737 Max bisa mengudara kembali. Baca berita lengkapnya di sini.

Sudah selesai membaca berita terbaru hari ini? Jangan lupa baca ini sebelum memberikan pujian kepada si kecil hari ini.

podcast button