Sedang Belajar Cara Membujuk Orang? Ini 12 Rekomendasi Buku Persuasi yang Bisa Kamu Baca

Foto: Istimewa

Berhasil membujuk seseorang secara halus dan lancar rasanya menjadi keahlian yang belum tentu dimiliki oleh semua orang. Tak hanya itu, kemampuan bernegosiasi ini juga ternyata mampu membuat hubungan dengan orang lain dapat tetap terjalin dengan baik. Jika kamu berniat untuk mempelajari arti persuasi dan ingin meyakinkan seseorang, maka berikut 12 rekomendasi buku yang wajib dibaca.

Why We Sleep | Matthew Walker

arti persuasi
Foto: www.goodreads.com

Sebagian orang memang terkadang menyepelekan waktu tidur, padahal sesungguhnya hal tersebut akan berdampak pada kesehatan tubuh. Menurut Walker, terdapat dua tipe tidur yang sering dialami yakni rapid eye movement sleep yang mana bola mata akan bergerak. Serta non rapid eye movement sleep yang memiliki tingkatan level yakni light sleep dan deep sleep.

Buku yang direkomendasikan oleh Bill Gates ini ternyata secara tidak langsung dapat membujuk pembaca untuk mengubah kebiasaan tidur sehingga dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat.

How to Win Friends and Influence People | Dale Carnegie

Foto: www.goodreads.com

Untukmu yang ingin mempelajari arti persuasi, rasanya jangan sampai melewatkan bacaan yang satu ini. Sebab, How to Win Friends and Influence People mengajarkan untuk berpikir dan memengaruhi orang-orang di sekitar kita agar menjadi lebih baik.

Selain itu, Dale Carnegie juga membantu pembaca untuk memiliki citra yang baik saat berhubungan dengan orang lain. Serta bagaimana cara menolak sesuatu dengan cara efektif dan membuat orang lain merasa nyaman.

Influence: The Psychology of Persuasion | Robert B. Cialdini

arti persuasi
Foto: www.goodreads.com

Buku yang satu ini memang menjadi salah satu tips terbaik untuk membujuk seseorang dengan pendekatan psikologi. Sehingga secara tidak sadar nantinya hanya akan mendapatkan persetujuan.

Menurut Robert B. Cialdini, terdapat enam cara yang bisa kamu lakukan untuk memengaruhi seseorang yakni mulai dari timbal balik, komitmen dan konsistensi, bukti sosial, daya tarik, otoritas, serta kelangkaan.

Words That Change Minds: The 14 Patterns for Mastering the Languange of Influence | Shelle Rose Charvet

Foto: www.goodreads.com

Apakah kamu dikelilingi dengan orang-orang yang sulit untuk diyakinkan? Tak perlu khawatir, Shelle Rose Charvet akan membantumu untuk memengaruhi orang lain tanpa terlihat manipulatif. Pastinya hal ini dilakukan dengan teknik berkomunikasi yang baik lewat pemilihan kata-kata.

Kamu juga akan diajarkan untuk menyesuaikan bahasa yang digunakan sesuai dengan lingkungan sekitar, baik itu dengan teman, rekan kerja, atau keluarga di rumah.

Made to Stick: Why Some Ideas Survive and Others Die | Chip Heath

arti persuasi
Foto: www.goodreads.com

Made to Stick secara tidak sengaja akan mengubah cara berkomunikasimu dengan sangat cepat. Sebab buku klasik ini dapat membantumu meningkatkan peluang usaha dan membuat ide menjadi lebih masuk akal.

Bagi Heath, ingatlah enam konsep ketika kamu ingin memasarkan sesuatu, yakni kesederhanaan, unik, konkret, kredibel, emosional dan cerita yang kuat.

Dipenuhi dengan anekdot dan contoh arti persuasi yang nyata, membuat bahan bacaan ini akan lebih menarik dan menyenangkan untuk dipelajari.

Getting to Yes: Negotiating Agreement Without Giving In | Roger Fisher

Foto: www.amazon.com

Jika kamu sedang menghadapi sebuah konflik dan berniat untuk menyelesaikannya, maka hal tersebut bisa dilakukan dengan bernegosiasi. Namun, pastinya perlu ada teknik yang digunakan agar nantinya hubungan tetap berjalan dengan baik.

Untungnya, penulis telah menyiapkan beberapa strategi ringkas yang dapat membantumu untuk memengaruhi seseorang.

Selain itu, Getting to Yes juga akan memberitahumu untuk memisahkan antara masalah pribadi dari konflik, fokus pada kepentingan, dan bekerja sama untuk menciptakan pilihan yang memuaskan kedua belah pihak.

Never Split the Difference: Negotiating As If Your Life Depended On It | Chris Voss

arti persuasi
Foto: www.goodreads.com

Tak hanya berbicara tentang bisnis, buku yang mengajarkan arti persuasi ini juga bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam bukunya, Chris juga membantu pembaca untuk mengolah nada bicara yang digunakan pada saat membujuk seseorang. Mulai dari suara yang menyerupai penyiar radio, suara ceria, hingga suara perintah.

Kemudian, kita juga bisa mendeteksi keadaan emosi dari lawan bicara dengan memeriksa kata demi kata yang dilontarkan, nada bicara, serta lewat bahasa tubuh. Untukmu yang ingin mempelajari arti persuasi, maka jangan sampai melewatkan buku yang satu ini.

The 7 Habbits of Highly Effective People: Powerful Lessons in Personal Change | Stephen R. Covey

Foto: www.lazada.co.id

Ternyata saat buku ini hadir ke pasaran, hampir semua orang yang membaca langsung menyadari bahwa hidup mereka telah menuju ke arah yang salah.

Selain itu, mereka juga menyadari bahwa ternyata terdapat berbagai hal sederhana yang sebenarnya mampu menuntun untuk menuju hidup yang benar.

Untuk itu, buku ini merupakan salah satu bacaan menarik yang dapat menjadi pedomanmu untuk menjalani hidup dengan baik. Covey pun berhasil membujuk para pembaca untuk memahami cita-cita mereka dalam hidup.

Getting Things Done: The Art of Stress-Free Productivity | David Allen

arti persuasi
Foto: www.goodreads.com

Bagi sebagian dari kita, rutinitas yang telah dilakukan sehari-hari ini mungkin akan terasa melelahkan. Tak jarang tugas pun semakin banyak yang pada akhirnya tidak bisa meluangkan waktu untuk beristirahat.

Dengan keahliannya merangkai kata, David pun akhirnya mampu membuat kita untuk mengubah pola pikir terkait pekerjaan yang harus diselesaikan. Sehingga secara tidak sadar, kita pun bisa mulai mengelola tugas-tugas tersebut dan mampu menyelesaikannya dengan baik.

Motivator yang satu ini sangat telaten untuk menggunakan bahasa yang ringan dan mudah dipahami. Ia juga mencantumkan contoh kasus yang banyak kita temui dalam kehidupan sehari-hari.

Think and Grow Rich | Napoleon Hill

Foto: www.goodreads.com

Bacaan klasik yang satu ini berisi resep-resep yang telah terbukti dapat membuat hidup menjadi lebih sukses. Menurut Napoleon Hill, ada 13 langkah yang bisa kamu telaah dan pertimbangkan dalam menggapai tujuan hidup.

Namun hal ini akan memberikan hasil maksimal jika ada tiga faktor, yakni dorongan dan motivasi dari dalam diri setiap individu, faktor kreativitas dan ketekunan, serta adanya stimulus eksternal.

Educated | Tara Westover

arti persuasi
Foto: www.goodreads.com

Meski ini merupakan buku memoir, namun kemampuan Tara Westover dalam merangkai kata-kata ternyata mampu membujuk pembaca untuk membuka lembar demi lembar hingga tiba di halaman terakhir.

Tara menunjukkan kisah masa lalunya yang kelam. Ia tumbuh di keluarga yang tidak pernah memihaknya.

Namun saat memasuki bangku kuliah, Tara akhirnya berhasil membuka pikirannya dan berani menghadapi ketidakadilan yang selama ini ia alami terhadap keluarganya sendiri.

Magical Worlds of the Wizard of Ads: Tools and Techniques for Profitable Persuasion | Roy H. Williams

Foto: www.goodreads.com

Saat pertama kali melihat sampulnya yang menyerupai peta bajak laut, buku ini memiliki daya tarik tersendiri.

Tidak berhenti sampai di situ, ternyata kata demi kata yang ada di dalamnya juga dibuat sangat menarik yang membujuk pembaca untuk menjalani hidup dengan baik dan penuh percaya diri. Namun uniknya, Williams tidak menuntutmu untuk menjadi sempurna.