Apakah Arti Mimpi: Berhubungan Seks dengan Bos atau Selebriti?

mimpi seksual
Foto: www.gettyimages.com
Last updated:

Entah kenapa masa pandemik ini membuat kamu bermimpi banyak hal yang hm… (halusnya) tidak masuk akal. Alhasil, saat terbangun—dan sadar itu hanya mimpi—kamu langsung menghela nafas panjang dan lega yang pasti akan membuat tutor yoga dan meditasimu bangga. Salah satunya, bermimpi melakukan hubungan seks dengan seseorang yang bukan pasanganmu. Ooopss. Bahkan, kamu bermimpi melakukan hubungan intim dengan bosmu (nuh-uh, kebetulan bosmu bukan pasanganmu). Ooopss. Ouch. Apakah arti mimpi seksual yang aneh bin ajaib-mustahil-absurd ini? Oleh karena primbon sepertinya tidak cukup untuk memberikan penjelasan, maka LIMONE menghubungi ahli seks dan hubungan. Begini penjelasannya. Petunjuk: kamu tidak perlu panik.

Mengapa Kita Bermimpi Melakukan Hubungan Seks?

mimpi seksual
Foto: www.gettyimages.com

“Sebelum membahas soal mimpi seksual, alangkah baiknya untuk memahami terlebih dahulu apa itu mimpi dalam perspektif psikologi kognitif,” jelas Diana Mayorita, M. Psi, Psikolog, seorang Psikolog Klinis, Spesialis Seks dan Hubungan dari MARAGAMA Consulting.

Diana menerangkan bahwa mimpi merupakan gambaran yang dimunculkan oleh otak saat seseorang pada kondisi tidur sangat nyenyak atau REM (Rapid Eye Movement). Lebih lanjut, saat seseorang berada di kondisi tidur REM, mengartikan bahwa aktivitas otak seseorang berada di kondisi aktivitas otak yang tinggi.

“Dalam fase ini juga ditandai dengan munculnya mimpi aktif. Saat bermimpi, bagian otak yang memiliki peran yang sangat besar adalah hippocampus yang adalah tempat memori dan kenangan, serta amigdala yang memiliki peran utama dalam memicu emosi. Sehingga tak heran ketika bermimpi muncul gambaran yang seakan-akan nyata,” bebernya.

“Sedangkan menurut Sigmund Freud (psikoanalisa) menjelaskan bahwa mimpi merupakan produk dari alam bawah sadar yang muncul akibat dari pendaman alam sadar. Mimpi-mimpi tersebut berupa pesan yang berisi keinginan, hasrat, ketakutan dan berbagai macam aktivitas emosi lain yang tak jarang berupa konflik intrapsikis yang dipendam maupun yang sama sekali tak disadari keberadaanya,” paparnya.

Jadi, jika teori-teori tadi diaplikasikan pada mimpi seksual, maka “mimpi seksual merupakan suatu gambaran dan manifestasi dari kondisi psikologis yang direpresi atau ditekan. Kondisi psikologis itu tidak selalu berkaitan dengan hal-hal yang berkaitan dengan gairah seksual yang tidak tersalurkan, tapi seringkali menggambarkan tentang tekanan atau suatu beban psikologis yang sedang dirasakan. Bila dilihat waktu kejadiannya, kemunculan mimpi seksual itu cenderung sulit diprediksi dan tanpa diskenariokan,” ujarnya.

Dan satu hal: “Jangan dibayangkan mimpi seksual itu menggairahkan, mimpi seksual justru membingungkan dan absurb, karena hal ini berkaitan dengan simbolis,” tegasnya.

Apakah Setiap Orang Mengalami Mimpi Seksual?

mimpi seksual
Foto: www.unsplash.com

Mungkin selain pertanyaan ‘mengapa bermimpi seksual’, kamu juga penasaran apakah orang lain (bahkan pasangan kamu) mengalaminya.

“Setiap orang berpotensi mengalami mimpi seksual, namun secara waktu tidak bisa dipastikan kapan munculnya,” terang Diana.

Jadi, dengan kata lain, kamu tidak perlu malu atau bersalah jika mendapatkan mimpi seksual. Pasalnya, orang lain pun bisa jadi mengalaminya.

“Alam mimpi adalah dunia bebas tanpa adanya norma. Jadi, tak perlu merasa bersalah karena itu merupakan dinamika psikis,” tegasnya.

Bahkan ketika mimpi tersebut berakhir dengan mimpi basah—kamu juga tidak perlu merasa bersalah.

“Mimpi basah atau nocturnal orgasm merupakan sesuatu peristiwa yang natural baik bagi laki-laki dan perempuan. Jadi, jika mengalami peristiwa demikian, jangan merasa bersalah atau mengutuk diri karena sudah melakukan zina. Itu bagian dari mekanisme biologis dalam diri seseorang. Hal ini juga menjadi suatu pertanda bagi remaja yang memasuki pubertas,” ujarnya.

Apakah Mimpi Seksual Ada Artinya?

mimpi seksual
Foto: www.gettyimages.com

Minggu lalu kamu bermimpi melakukan hubungan seksual dengan klien yang baru saja kamu temui. Bulan sebelumnya, di dalam mimpi, kamu sedang berada di atas ranjang bersama, sebut saja Hyun Bin. Whoopsie, kamu memang penggemar berat seorang selebriti, tapi tetap saja mimpi seksual bersama orang tersebut membuat jari-jari kakimu melengkung.

Apakah mimpi seksual memiliki arti?

“Karena mimpi merupakan simbolis dari represi bawah sadar, maka arti mimpi seks dari setiap orang pastinya akan berbeda-beda, tergantung dari emosi apa yang dipendam atau konflik psikis apa yang sedang dialami,” ujar Diana. “Begitu juga terkait tentang figur yang muncul dalam mimpi seksual, karena sifatnya yang simbolis maka tidak bisa disamakan dengan figur yang ada di realita. Misalnya, figur yang muncul adalah bos maka simbol otoritaslah yang diartikan, bukan bos yang setiap harinya ditemui di kantor,” paparnya.

Dan jika kamu memiliki mimpi seksual dengan seorang selebriti, bisa jadi itu artinya kamu tertarik dengan orang tersebut atau manifestasi dari keinginan bahwa kita bisa mendapatkan seseorang yang di kehidupan nyata nyaris mustahil kita taklukkan. Jadi, jika kamu mengalami mimpi seperti ini? Nikmati saja. Dan nuh-uh, bermimpi berhubungan seksual dengan selebriti tidak sama dengan selingkuh. Pasalnya, seperti yang disebutkan di atas, kemunculan mimpi seksual itu cenderung sulit diprediksi dan tidak diskenariokan.

Apakah Mimpi Seksual Berarti Ingin Berhubungan dengan Orang Tersebut?

Foto: www.istockphoto.com

Berbeda dengan mimpi lain—seperti mimpi beli sepatu atau dikejar hantu—mimpi seksual biasanya sulit dilupakan.

Ah.

“Seks masih menjadi sesuatu yang tabu pada masyarakat kita, sehingga ketika mendapatkan mimpi seks maka perhatiannya akan menjadi lebih tinggi dibandingkan mimpi-mimpi yang tak ada kaitannya dengan seks,” jelasnya.

Dan jika kamu tetap penasaran dengan arti mimpi, Diana mengatakan bahwa apakah sebuah mimpi seksual perlu ditelaah atau tidak—kembali lagi ke personal masing-masing.

“Sebab mimpi itu sesuatu yang absurb dan penuh dengan pesan-pesan simbolis. Yang terpenting ialah menjadikan mimpi sebagai pertanda bahwa pendaman yang sangat dalam atau konflik intrapsikis yang sedang dialami. Justru di situlah yang menjadi fokus perhatian. Konflik intraspsikis bisa berkaitan juga dengan gairah seksual yang ada dan berkonflik dengan norma yang ada sehingga secara tidak langsung ditekan atau direpress,” terangnya.

Diana kembali menekankan bahwa arti mimpi seksual tidak selalu berarti punya keinginan berhubungan seks dengan orang tersebut. “Berbeda dengan fantasi seksual yang muncul karena adanya intensi terlebih dahulu,” ujarnya.

Dan jika mimpi seksual tersebut membuatmu sulit tidur kembali (karena selalu terbayang-bayang, misalnya), Diana menyarankan untuk “segera ambil secarik kertas atau buku khusus untuk menuliskannya sebagai jurnal mimpi. Jurnal mimpi membantu kita dalam mengumpulkan clue-clue apa yang muncul di mimpi dan bisa menjadi bahan analisa kondisi psikis kita. Jika terus mengganggu disarankan untuk konsultasi lebih lanjut dengan psikolog,” anjurnya.

Selanjutnya: Dan jika kamu merasa cemas setelah bermimpi sesuatu yang tidak menyenangkan, mungkin mendengarkan lagu ini bisa membantu. Dan lakukan peregangan ini persis setelah bangun pagi agar harimu lebih kalem.