13 Rekomendasi Film tentang Friend Zone (Apakah Mirip Ceritamu?)

arti friendzone
Foto: Istimewa

Memiliki perasaan terhadap sahabat mungkin pernah dirasakan oleh banyak orang (apakah kamu salah satunya). Namun, tak banyak yang memiliki keberanian untuk mengungkapkannya karena tidak ingin merusak pertemanan yang telah dijalin. Jika kamu sedang berada di posisi ini, untuk mencari insprasi, cobalah untuk membaca 13 rekomendasi novel yang menceritakan arti friendzone berikut ini.

Wait for You | Jennifer L. Armentrout

Foto: www.goodreads.com

Terkenal dengan series fantasinya yang berjudul Lux dan Covenant, kali ini Jennifer L. Armentrout menyuguhkan Wait for You dengan mengangkat genre percintaan. Novel yang mengajarkan arti friend zone ini menceritakan tentang Avery yang berteman baik dengan Cameron.

Meski sudah bersahabat sejak lama, namun Cam selalu mengajaknya untuk berkencan. Sayangnya, Avery terus menolak ajakan tersebut karena alasan yang berkaitan dengan masa lalunya sehingga ia tidak bisa menjalin hubungan percintaan.

Anna and the French Kiss | Stephanie Perkins

arti friendzone
Foto: www.goodreads.com

Pada tahun terakhir di SMA Atlanta, Anna terpaksa mengikuti ayahnya untuk pindah ke Paris. Padahal ia baru saja berpacaran dengan Toph, laki-laki yang telah lama disukainya. Setibanya di Paris, ia tinggal di asrama dan berkenalan dengan Meredith, Josh, dan Etienne St. Clair.

Suatu ketika, Anna diam-diam merasa bahwa ia menyukai St. Clair. Namun ia ragu karena laki-laki ini memang memiliki sifat baik dan dapat berteman dengan siapa pun. Apalagi St. Clair juga memiliki kekasih. Namun suatu ketika, St. Clair mabuk dan tidak sengaja mengungkapkan perasaannya pada Anna.

That Boy | Jillian Dodd

Foto: www.goodreads.com

Selain bertetangga, Jadyn, Danny, dan Philip juga bersahabat baik. Jadyn merasa bahwa ia dan Danny memiliki sifat yang mirip karena keduanya sangat kompetitif, impulsif, dan suka bersenang-senang. Sementara Philip adalah orang yang pendiam. Namun mereka bertiga memiliki ikatan pertemanan yang kuat dan selalu ada untuk satu sama lain.

Tetapi, lama-kelamaan mereka tidak menyadari bahwa persahabatan ini berubah menjadi sesuatu yang lebih. Baik Danny maupun Philip, keduanya menunjukkan sikap yang berhasil membuat Jadyn berbunga-bunga setiap harinya.

Childood Memories | Dhita Puspitaningrum

arti friendzone
Foto: www.goodreads.com

Sandra yang terbiasa dimanjakan oleh kedua orang tuanya terpaksa harus rela menerima hukuman untuk tinggal bersama neneknya di Bandung. Di hari pertama kepindahannya, ia harus mengalami kesialan karena baru saja diguyur air oleh tetangganya yang bernama Ardan.

Ternyata laki-laki ini merupakan teman masa kecil Sandra. Mereka pun akhirnya kembali berteman. Namun Sandra merasa kesal setiap Ardan bercerita tentang perempuan yang disukainya.

The Friend Zone | Aby Jimenez

Foto: www.goodreads.com

Sesuai dengan judulnya, buku ini akan menceritakan tentang arti friendzone. Hidup Kristen Peterson terasa sangat berat, apalagi ketika ia harus bertemu dengan laki-laki yang bernama Josh Copeland. Sebab, pria itu sangat lucu, seksi, dan sangat mencintainya.

Meski Kristen juga mencintai Josh, namun ia tidak bisa melanjutkan hubungan tersebut. Karena pria itu ingin berkeluarga dan memiliki anak, hal ini sangat bertentangan dengan kondisi yang dialami oleh Kristen.

Friend-Zoned | Belle Aurora

arti friendzone
Foto: www.goodreads.com

Nikolai Leokov tidak pernah menyangka bahwa ia akan jatuh cinta dengan satu-satunya gadis yang pernah menjadi temannya. Namun, Valentina Tomic memiliki masalah dengan komitmen, terlebih setelah ia dikhianati oleh mantan kekasihnya.

Awalnya, Tina hanya ingin membantu Nik untuk menjalani hari-harinya agar lebih baik. Akan tetapi lama-kelamaan keduanya justru diam-diam saling menyayangi tanpa menghadapkan balasan. Kisah yang mengajarkan arti friendzone ini juga menambahkan bumbu humor yang membuat jalan ceritanya menjadi lebih menarik.

All the Bright Places | Jennifer Niven

arti friendzone
Foto: www.amazon.com

Theodore Finch, merupakan seorang laki-laki yang terobsesi pada kematian. Ia berniat untuk bunuh diri dan terjun dari atas Menara Lonceng Sekolah. Namun, ia tiba-tiba mengurungkan niatnya setelah menemukan sosok perempuan bernama Violet Markey yang berdiri di dekatnya. Sejak kejadian itu, Finch merasa tertarik dengan gadis itu.

Suatu ketika mereka berdua mendapatkan tugas untuk melakukan sebuah perjalanan dan mendokumentasikan semua hal menarik yang ada. Berkat tugas tersebut, Finch dan Voilet bisa menghabiskan banyak waktu bersama.

Jane Eyre | Charlotte Brontë

arti friendzone
Foto: www.amazon.com

Berniat untuk keluar dari zona nyaman, Jane Eyre memutuskan untuk menerima tawaran pekerjaan sebagai guru pribadi dari seorang anak di Thornfield. Meski bangunannya menyeramkan, namun Eyre merasa nyaman karena semua orang memperlakukannya dengan baik. Kecuali satu orang, yakni Mr. Rochester sang tuan rumah yang jarang menghabiskan waktu di Thornfield.

Suatu ketika, Mr. Rochester mulai mengajaknya berbicara. Sejak saat itu, Eyre pun mulai merasa ada yang berbeda dengan perasaannya terkait tuan rumah tersebut.

Lola and the Boy Next Door | Stephanie Perkins

Foto: www.goodreads.com

Lola merasa bahwa hidupnya telah berubah setelah Calliope Bell dan kembarannya, Cricket Bell, kembali ke sebelah rumahnya. Sebab, Cricket Bell merupakan cinta pertama sekaligus orang yang pertama kali membuat Lola patah hati. Saat mereka berdua kembali bertemu, Lola merasa masih menyukai Cricket, padahal ia sudah memiliki pacar yang bernama Max.

Gadis ini semakin merasa sedih ketika Cricket berkata bahwa ia memiliki perasaan terhadap Lola. Namun setelah mengetahui bahwa tetangganya ini telah memiliki kekasih, Cricket berjanji akan menjaga hubungan mereka agar hanya sebatas teman.

To All the Boys I’ve Loved Before | Jenny Han

arti friendzone
Foto: www.goodreads.com

Setelah menjalani kehidupannya dengan datar, tiba-tiba Lara Jean merasa hidupnya sangat rumit. Hal ini disebabkan oleh beberapa laki-laki yang mendatanginya dengan membawa sebuah surat cinta, yang ditulis oleh Lara Jean. Padahal Lara Jean merasa bahwa ia tidak pernah mengirimkan surat tersebut.

Karena tidak ingin merasa canggung terhadap para pria ini, Lara Jean pun memutuskan untuk berpura-pura pacaran dengan salah satu laki-laki populer di sekolahnya. Ia pun memilih Peter yang ternyata juga menerima surat cinta tersebut.

Beautiful Disaster | Jamie McGuire

Foto: www.goodreads.com

Travis Maddox merupakan playboy kelas kakap yang menjadi tipe laki-laki yang harus dijauhi oleh Abby. Sebab, selama ini Abby menginginkan kehidupannya yang damai dan tanpa gangguan. Selama di sekolah, Abby berusaha untuk meninggalkan kehidupan masa lalunya dan menjadi gadis baik-baik.

Namun suatu ketika, Travis sadar bahwa Abby merupakan satu-satunya gadis yang tidak tertarik dengannya. Karena merasa tertantang, akhirnya Travis mulai meminta Abby untuk mengikuti taruhan sederhana yang dibuatnya.

Eleanor & Park | Rainbow Rowell

arti friendzone
Foto: www.amazon.com

Kehidupan Park memang terkesan membosankan, ia sering diganggu oleh teman-temannya namun berusaha untuk tidak terlalu peduli. Namun suatu ketika, seorang murid baru bernama Eleanor mulai mengubah hidupnya. Gadis yang berbadan gemuk dan berpakaian seperti laki-laki ini mulai membuat hatinya merasa tidak karuan.

Novel dengan menyajikan arti friendzone ini bisa kamu jadikan bahan bacaan saat memiliki waktu senggang di akhir pekan.

Thirteen Reasons Why | Jay Ashers

Foto: www.goodreads.com

Seisi sekolah harus terkejut dengan berita Hannah Baker yang tewas karena bunuh diri. Semua orang pun berduka, termasuk Clay Jansen, laki-laki yang diam-diam memiliki perasaan terhadap gadis itu. Meski orang-orang mengira bahwa Hannah meninggal tanpa alasan, namun hal ini terasa janggal ketika Clay menemukan sebuah kotak yang berisikan tujuh kaset tape.

Di dalamnya, terdapat intruksi untuk mendengarkan isi kaset tersebut dan memberikan kepada orang berikutnya. Clay terkejut bahwa ternyata kaset itu berisi 13 alasan yang membuat Hannah memilih untuk bunuh diri.