12 Khasiat Hebat Argan Oil Untuk Kesehatan Tubuh

argan oil
Foto: www.freepik.com

Mungkin kamu pernah mendapati kandungan argan oil ketika sedang memilih produk perawatan wajah. Atau bahkan, bahan tersebut juga kamu temukan di produk sampo atau kondisioner. Tak hanya itu, minyak argan juga bisa kamu gunakan sebagai salah satu bahan masakan.

Berkat nutrisi penting yang ada di dalamnya, menjadikan minyak alami ini memiliki berbagai manfaat penting untuk kesehatan tubuh, mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki. Berikut 12 khasiat argan oil yang bisa kamu peroleh dengan mudah.

Apa Itu Minyak Argan?

argan oil
Foto: www.freepik.com

Argan oil terbuat dari biji buah pohon argan yang tumbuh di Maroko. Meski berasal dari Maroko namun saat ini minyak argan telah digunakan hampir di seluruh dunia karena memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh.

Sejak dulu, minyak ini telah digunakan baik secara topikal maupun oral yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan kulit, rambut, dan tubuh. Pasalnya, minyak argan mengandung banyak nutrisi penting di dalamnya.

Apa Manfaat Argan Oil?

Foto: www.freepik.com

Berikut 12 khasiat baik dari argan oil untuk kesehatan tubuh.

Mengandung nutrisi esensial

Sejatinya, minyak argan terdiri dari asam lemak dan berbagai senyawa fenolik. Mayoritas kandungan lemak pada minyak argan berasal dari 43-49% asam oleat yang merupakan asam lemak yang sangat sehat. Serta, sekitar 29-36% lainnya berasal dari asam linoleat atau omega-6. Sehingga menjadikannya sebagai sumber nutrisi penting yang baik untuk tubuh. 

Tak hanya itu, argan oil juga kaya akan vitamin E. Berkat hal tersebut, minyak alami ini bermanfaat untuk kesehatan kulit, rambut, dan mata.

Memiliki sifat antioksidan

Minyak argan yang kaya akan vitamin E ini dapat berfungsi sebagai antioksidan kuat yang dapat melawan radikal bebas pada tubuh. Selain itu, senyawa lain yang ada dalam minyak argan seperti CoQ10, melatonin, dan sterol juga berperan sebagai antioksidan.  

Mengurangi peradangan

Ternyata minyak argan juga dapat meredakan peradangan yang terjadi pada tubuh. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa minyak yang satu ini bisa dioleskan langsung ke kulit untuk mengurangi peradangan yang disebabkan oleh cedera atau infeksi.

Meningkatkan kesehatan jantung

Asam oleat yang terkandung di dalam minyak argan terdiri dari lemak omega-9 tak jenuh tunggal. Senyawa ini juga hadir dalam beberapa makanan lain, termasuk alpukat dan minyak zaitun. Menurut sebuah penelitian mencatat bahwa minyak argan sebanding dengan minyak zaitun yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Dalam penelitian kecil lainnya, asupan argan oil yang tinggi juga dikaitkan dengan kadar kolesterol LDL (jahat) yang rendah.  

Memiliki manfaat untuk diabetes

Para ahli mengatakan bahwa minyak argan mungkin dapat bermanfaat untuk penderita diabetes. Pasalnya, terdapat beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa pemberian diet tinggi gula yang dibarengi dengan minyak argan menyebabkan terjadinya penurunan yang signifikan pada gula darah puasa dan resistensi insulin pada tikus.

Dalam studi-studi tersebut, sebagian besar menghubungkan manfaat ini dengan kandungan antioksidan yang terkandung pada argan oil. Namun, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut pada manusia untuk membuktikan manfaat minyak argan terhadap diabetes.

Efek antikanker

Menurut satu penelitian yang dilakukan dalam tabung reaksi menunjukkan bahwa senyawa polifenol pada minyak argan dapat menghambat pertumbuhan sel kanker prostat seesar 50%. Dalam penelitian tabung reaksi lainnya, campuran minyak argan dan vitamin E dapat menambah tingkat kematian sel pada sampel sel kanker payudara dan usus besar.

Mengurangi tanda-tanda penuaan kulit

Asupan minyak argan dalam hidangan juga dapat membantu memperlambat proses penuaan dengan mengurangi peradangan serta stres oksidatif. Selain itu, bahan alami ini juga bisa mendukung perbaikan dan pemeliharaan kulit yang sehat, jika dioleskan langsung pada kulit.

Beberapa penelitian pada manusia menunjukkan bahwa argan oil sangat efektif untuk meningkatkan elastisitas dan hidrasi kulit pada wanita pascamenopause.  

Mengobati beberapa kondisi kulit

Argan oil menjadi obat yang populer untuk mengobati kulit yang meradang. Hal ini berkat kandungan antioksidan dan anti-inflamasi yang ada di dalam minyak alami ini, sehingga ketika dioleskan secara langsung pada kulit dapat membantu merawat jaringan kulit.

Menyembuhkan luka

Salah satu manfaat argan oil lainnya adalah dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Hal ini telah dibuktikan oleh satu penelitian yang dilakukan pada hewan. Dalam studi tersebut, pemberian minyak argan sebanyak dua kali sehari dan selama dilakukan selama 14 hari, menunjukkan bahwa terjadinya peningkatan yang signifikan dalam penyembukan luka bakar.

Melembapkan kulit dan rambut

Untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut, hal ini bisa kamu peroleh dari asupan asam oleat dan linoleat yang terkandung di dalam argan oil. Pengaplikaskan minyak argan yang langsung dioleskan secara topikal pada kulit dan rambut dapat meningkatkan kadar air pada kulit wanita.

Meski tidak ada penelitian tentang penggunaan khusus minyak argan untuk rambut, namun terdapat beberapa penelitian lain yang menunjukkan bahwa minyak nabati dengan profil nutrisi yang sebanding dapat mengurangi ujung rambut bercabang dan jenis kerusakan rambut lainnya.

Mengobati dan mencegah stretch mark

Biasanya, minyak alami yang satu ini juga sering digunakan untuk mencegah dan mengobati stetch mark. Menurut sebuah penelitian menunjukkan bahwa argan oil dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan elastisitas kulit. Berkat hal tersebut, banyak orang yang memanfaatkan minyak argan untuk mengatasi permasalahan kulit. 

Mengobati jerawat

Konon, katanya senyawa antioksidan dan anti-inflamasi yang terkandung dalam minyak argan dapat membantu mengurangi kemerahan dan iritasi pada kulit yang disebabkan oleh jerawat. Selain itu, minyak alami ini juga dapat berkontribusi langsung untuk menghidrasi kulit, sehingga menjadi sangat penting sebagai langkah untuk pencegahan jerawat.

Bagaimana Cara Menggunakan Minyak Argan?

argan oil
Foto: www.freepik.com

Selain memiliki beragam manfaat, minyak argan juga mudah untuk digunakan.

Untuk kulit

Biasanya, minyak argan dapat kamu gunakan secara topikal. Akan tetapi banyak juga yang menambahkan argan oil ke dalam produk kosmetik atau pun perawatan kulit. Ketika kamu ingin mengaplikasikannya langsung pada kulit, maka mulailah dengan jumlah yang sangat kecil. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa minyak alami tersebut tidak memicu reaksi alergi.

Untuk rambut

Untuk meningkatkan kesehatan rambut, kamu bisa mengoleskan argan oil secara langsung pada rambut yang kering. Nantinya, minyak ini akan membantu meningkatkan kelembapan, mengurangi kerusakan, dan menambahkan nutrisi pada rambut.

Terkadang, beberapa produk sampo dan kondisioner juga telah mengandung minyak argan di dalamnya, sehingga kamu bisa dengan mudah mendapatkan manfaat argan oil dari produk tersebut.

Namun, jika kamu ingin mencoba mengaplikasikannya secara langsung, maka cobalah untuk mengoleskan argan hanya pada ujung rambut. Hal ini untuk menghindari rambut yang tampak lepek dan berminyak.

Untuk memasak

Jika kamu tertarik untuk menggunakan minyak argan sebagai bahan utama untuk hidangan, maka cari produk minyak yang memang khusus untuk digunakan memasak. Atau, kamu juga bisa membeli minyak argan murni 100%.

Pasalnya, minyak argan yang dipasarkan untuk digunakan pada kulit atau pun rambut biasanya sudah tercampur dengan bahan lain yang tidak boleh dikonsumsi.

Meski kamu telah menggunakan minyak argan murni yang digunakan untuk memasak, namun bahan yang satu ini tidak dapat digunakan dalam suhu panas yang tinggi, karena akan mudah terbakar.

Kesimpulan

Foto: www.rawpixel.com

Minyak argan telah lama digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari hidangan, kosmetik, dan pengobatan. Hal ini berkat nutrisi penting, antioksidan, dan senyawa anti-inflamasi yang ada di dalamnya.

Meski pada umumnya argan oil dianggap aman untuk digunakan, namun ketika digunakan secara topikal maka kamu perlu memastikan apakah minyak ini dapat menimbulkan reaksi alergi atau tidak. Untuk itu, pastikan kamu mengoleskannya dalam jumlah kecil ke area kulit yang tertutup seperti di bawah siku. Lalu perhatikan apakah ada efek gatal atau ruam pada kulit.