Harus Semahal Apa agar Skincare Efektif?

Foto: www.unsplash.com

Dalam dunia skincare, apakah mahal = bagus? Apakah harus menghabiskan tabungan dan menggadaikan cincin peninggalan keluarga agar sunscreen yang dipakai ampuh? Mari mendengarkan penjelasan ahli tentang apakah skincare harus mahal. Dan jika memang harus menghabiskan satu minggu gaji, skincare jenis apakah itu?

Apakah Skincare Harus Mahal?

Foto: www.unsplash.com

Menurut Dokter spesialis kulit dan kelamin, Irma Tarida Listiyawati, SpKK mengatakan bahwa tidak ada suatu keharusan untuk patokan harga skincare. Pemilihan jenis skincare yang bijaksana adalah berdasarkan kecocokan kulit seseorang dengan skincare tersebut dan masalah kulit yang ingin diatasi dengan penggunaan skincare tersebut.

Bagaimana menilainya? “Kecocokan seseorang terhadap skincare tertentu bisa dinilai dari tidak timbulnya reaksi alergi pada penggunaan produk tersebut dan dalam penggunaan jangka lama. Efek yang didapat adalah efek yang menuju kearah perbaikan kulit, dan bukan sebaliknya,” kata Dokter Irma yang bekerja di RSUD Mardi Waluyo, Blitar.

Yipiiiee… itu artinya tabungan tidak perlu dijebol!

Bagaimana Memilih Skincare yang Tepat?

skincare harus mahal
Foto: www.shutterstock.com

Menurutnya, sebelum memilih skincare sebaiknya perhatikan jenis kulit. Pastikan sesuai untuk jenis kulitmu. Lalu, jangan lupa bahwa: skincare yang digunakan harus sesuai dengan masalah kulit.

“Sesuaikan skincare dengan masalah kulit dan target yang ingin dicapai dalam perawatan tersebut. Pertimbangkan apakah manfaat yang diperoleh sebanding dengan jumlah uang yang digunakan untuk membeli skincare tersebut,” ungkap Dokter Irma.

Ia menyatakan kamu wajib menyesuaikan skincare yang sesuai agar tidak menimbulkan reaksi alergi apabila diaplikasikan pada kulit. “Pastikan skincare memiliki nomor BPOM yang valid, yang bisa dicek di website BPOM,” Dokter Irma membeberkan. “ Untuk masalah yang dihadapi, misalnya skincare untuk keluhan kulit kusam dan pori pori besar, maka skincare yang bisa digunakan yang mengandung derivat vitamin A, misalnya retinol merupakan yang paling tepat untuk digunakan.”

Bila skincare berupa krim racikan, maka krim racikan tersebut “harus berdasarkan resep dokter dan ada dokter penanggung jawabnya apabila terjadi reaksi alergi maupun reaksi-reaksi lain yang tidak diinginkan.”

Ini Lho, Skincare yang Wajib Mahal

skincare harus mahal
Foto: www.unsplash.com

Kapankah oke membeli skincare mahal?

“Kamu perlu membeli skincare mahal bila kualitas sebanding dengan harga. Bila bahan yang terkandung dalam skincare tersebut diperlukan untuk mengatasi masalah kulit kita dan tidak ada pilihan lain,” ujarnya. “Serta bila kita memiliki budget lebih untuk membeli skincare mahal tersebut.”

Lantas, manakah dari serangkaian skincare yang wajib mahal? “Tidak ada kewajiban untuk mahal,” cetusnya dengan tegas. Seperti yang dijelaskan di atas, semuanya tergantung masalah dan target yang ingin dicapai.

Menurut Dokter Irma, bila ingin (harus) membeli skincare premium dari semua rangkaian skincare sebaiknya memilih tabir surya dan krim malam. Mengapa? Karena tabir surya dan krim malam perawatan adalah bagian vital dari rangkaian skincare. “Pastikan tabir surya memiliki spektrum luas, minimal anti UVA dan UVB. Lalu juga tentu memiliki efek tambahan, seperti anti infrared, anti-blue light,” ucapnya.

Dokter ini menambahkan krim malam bisa bervariasi isinya. Namun, rata-rata mengandung bahan yang berfungsi untuk rejuvenation (peremajaan). “Bahan-bahan yang bermanfaat untuk peremajaan, biasanya mengandung retinol, asam hyaluronate, niacinamide, dan sebagainya,” ungkap Dokter Irma.“

Berikut Rekomendasi Skincare yang Perlu Dimiliki

skincare harus mahal
Foto: www.shutterstock.com

Nah, bagi kamu yang baru saja aktif di dunia per-skincare-an Dokter Irma memaparkan produk perawatan apa saja yang wajib dimiliki.

1. TABIR SURYA

Skincare utama yang wajib dimiliki adalah tabir surya/sunscreen.” Alasannya karena kita hidup di negara tropis, maka penggunaan tabir surya adalah hal yang vital. Manfaat tabir surya adalah sebagai pelindung kulit dari paparan sinar ultraviolet. “Sinar ultraviolet sendiri memiliki dampak mempercepat munculnya tanda-tanda penuaan kulit, misalnya bintik/noda coklat pada kulit, kulit menjadi kendur, dan sebagainya,” jelasnya.

2. PELEMBAP

Skincare wajib kedua setelah tabir surya,” katanya. Kulit memerlukan pelembap supaya sawar kulit berfungsi dengan baik. Pelembap yang digunakan sebaiknya disesuaikan dengan jenis kulit. “Karena pelembap yang tepat akan memberikan kenyamanan dan penampakan kilau alami yang sehat dari kulit,” tambahnya.

Yaaas… akhirnya terpecahkan masalah “mahal” ini. Dan untuk kamu yang masih bertanya-tanya tentang anti-aging, begini penjelasannya. Lalu, jangan lupa perhatikan ini sebelum membeli retinol.

podcast button