Selain Mengenyangkan, Ada Banyak Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil

Manfaat kurma untuk ibu hamil
Foto: www.unsplash.com
Terakhir diperbarui:

Kurma mungkin bukan menjadi buah yang terpikirkan untuk menjadi cemilan sehat di masa kehamilan. Namun sesungguhnya, makan segenggam buah kering ini ternyata memiliki gizi yang tinggi dan manfaat kurma untuk ibu hamil ada banyak.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi makanan ini secara rutin. Yuk, coba cek manfaat dan cara konsumsi kurma yang aman untuk ibu hamil.

Nutrisi dalam Buah Kurma

Manfaat kurma untuk ibu hamil
Foto: www.freepik.com

Karena kurma termasuk buah kering, maka kandungan kalori yang ada di dalamnya ternyata lebih tinggi dibandingkan dengan kebanyakan buah segar. Kandungan kalori kurma hampir mirip dengan buah kering lainnya, baik itu kismis atau buah ara.

Sebagian besar kalori dalam kurma berasal dari karbohidrat. Sementara untuk sisanya, berasal dari jumlah protein.

Tak berhenti dari situ, buah kering ini juga mengandung beberapa vitamin dan mineral yang penting. Dalam 3,5 ons atau setara dengan 100 gram kurma menyediakan nutrisi sebesar:

  • Kalori: 277
  • Karbohidrat: 75 gram
  • Serat: 7 gram
  • Protein: 2 gram
  • Kalium: 696 mg
  • Magnesium: 54 mg
  • Tembaga: 0.4 mg
  • Besi: 0.9 mg
  • Vitamin B6: 0.2 mg

Kurma juga tinggi akan antioksidan, yang mana berkontribusi terhadap berbagai manfaat kesehatan lainnya.

Manfaat Makan Kurma Saat Hamil

Manfaat kurma untuk ibu hamil
Foto: www.freepik.com

Selain rasanya yang lezat, ternyata terdapat berbagai manfaat kurma untuk ibu hamil. Hal ini berkat kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.

Menurut sebuah penelitian makan kurma selama beberapa minggu terakhir kehamilan dapat meningkatkan pelebaran serviks dan menurunkan kebutuhan terkait persalinan yang diinduksi.

Sebauh penelitian lain melibatkan 69 wanita hamil yang mengonsumsi enam kurma per hari selama empat minggu sebelum tanggal kelahiran. Hasilnya, para responden akan mengalami 20% kemungkinan melahirkan secara normal dalam waktu yang lebih singkat dibanding mereka yang tidak memakannya.

Sementara studi lainnya yang dilakukan terhadap 154 wanita hamil menemukan fakta bahwa mereka yang makan kurma akan jauh lebih kecil kemungkinannya untuk diinduksi dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsi kurma.

Manfaat kurma untuk ibu hamil kemungkinan terjadi karena adanya senyawa yang mengikat reseptor oksitosin dan tampaknya meniru efek oksitosin dalam tubuh. Oksitosin sendiri merupakan hormon yang menyebabkan kontraksi persalinan saat melahirkan.

Buah kering yang satu ini juga ternyata mengandung tanin, senyawa yang telah terbukti dapat membantu memfasilitasi kontraksi.

Kurma juga merupakan sumber gula dan kalori alami yang baik, yang diperlukan untuk menjaga tingkat energi selama masa persalinan.

Efek Samping Ibu Hamil Makan Kurma

Manfaat kurma untuk ibu hamil
Foto: www.freepik.com

Tidak hanya sehat, kurma juga menjadi buah yang aman untuk dikonsumsi selama kehamilan. Hingga saat ini belum terdapat bukti yang menunjukkan bahwa buah kering ini memiliki efek negatif selama trimester pertama, kedua, atau ketiga kehamilan.

Justru sebaliknya, manfaat kurma untuk ibu hamil ternyata sangat positif dan bisa membantumu merasa lebih baik.

Karena hal ini, beberapa orang mungkin mencoba untuk mengonsumsinya di awal-awal masa kehamilan, sehingga mungkin saja bisa mengalami reaksi alergi terhadap kurma. Tanda-tanda reaksi alerginya adalah kesemutan, gatal, atau bengkak di sekitar mulut dan lidah.

Jika gejala ini terjadi dan berkembang, maka sebaiknya segera berhenti untuk mengonsumsi kurma. Dan penting untuk diingat bahwa buah kering yang satu ini tinggi akan karbohidrat dan kalori.

Oleh karena itu, sangat disarankan agar tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

Waktu Terbaik Makan Kurma

waktu terbaik makan kurma | | Selain Mengenyangkan, Ada Banyak Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil
Foto: www.freepik.com

Terdapat beberapa waktu ideal untuk mengonsumsi kurma agar mendapatkan manfaatnya secara maksimal, yakni:

  • Saat sarapan, karena kurma bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menambahkan rasa manis dan serat alami ke dalam pola makan di pagi hari
  • Camilan sore yang membantumu merasa berenergi
  • Ketika lapar, karena kurma mengandung kalori dan serat yang dapat membuat tubuh merasa kenyang
  • Sebelum berolahraga, di mana kurma menyediakan karbohidrat yang dapat membantu mengalirkan energi stabil untuk berolahraga. Cobalah untuk memakan sebanyak dua hingga empat buah dalam waktu 30-60 menit sebelum berolahraga
  • Camilan malam yang dapat membantumu merasa kenyang dan mencegah rasa lapar di malam hari

Selain itu waktu-waktu ideal, kamu juga bisa makan kurma kapan pun. Sebab ini merupakan buah yang kaya akan energi dan dapat membuatmu merasa kenyang.

Meski bermanfaat bagi kesehatan tubuh, namun terdapat beberapa kondisi di mana tidak disarankan untukmu mengonsumsi kurma, yaitu saat:

  • Memiliki sindrom iritasi usus besar, karena biasanya akan sensitif terhadap makanan. Dan kurma akan menyebabkan kembung serta sakit perut
  • Setelah makan besar, sebab kurma kaya akan serat dan hal ini akan membuatmu merasa sangat kenyang dan tidak nyaman
  • Mengalami alergi. Meski ini jarang terjadi, namun jika mengalami alergi maka disarankan untuk tidak mengonsumsinya dan berkonsultasi dengan dokter
  • Mengalami diare, di mana kurma mengandung gula alkohol (sorbitol) yang dapat meningkatkan pergerakan usus pada beberapa orang. Sehingga sebaiknya batasi atau hindari kurma sampai buang air besar menjadi normal

Di luar kondisi-kondisi tersebut, kamu tetap bisa mengonsumsi kurma dengan kadar yang cukup. Sebab buah kering ini sangat bergizi dan cocok dimakan sebagai camilan sehat.

Makan Buah Kering Selama Kehamilan

makan buah kering selama kehamilan | | Selain Mengenyangkan, Ada Banyak Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil
Foto: www.freepik.com

Pada dasarnya buah mengandung vitamin, serat, dan kandungan lainnya yang dapat membantu memenuhi asupan nutrisi dalam tubuh.

Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi buah-buahan kering dalam jumlah yang sedang. Sebab, jenis buah ini cenderung memiliki lebih banyak kalori dibanding dengan yang tidak dikeringkan.

Akan tetapi buah kering lebih mengandung banyak gula. Sehingga jika kamu mencoba untuk mengontrol asupan gula, konsumsilah dengan kadar yang cukup. Disarankan agar memakan tidak lebih dari setengah cangkir hingga satu cangkir buah kering per hari.

Menariknya selain dimakan secara langsung, kamu juga bisa menambahkan buah kering ke dalam smoothies atau menaburkannya ke atas salad.

Kesimpulan

mengonsumsi buah kurma | | Selain Mengenyangkan, Ada Banyak Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil
Foto: www.unsplash.com

Kehamilan yang sehat adalah tentang mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang, yakni mencakup berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh.

Dan buah kurma menjadi pilihan yang sangat baik untuk dimakan karena kaya akan serat dan vitamin lainnya. Tak hanya itu, terdapat berbagai manfaat kurma untuk ibu hamil.

error: Konten dilindungi !!